Lovebird Tidur dan Ngantukan Bisa Mati Mendadak

Burungnya.com – Apakah benar Lovebird tidur terus dan ngantukan bisa membuat burung mati mendadak? Rasanya judul artikel ini terlalu seram, tapi memang benar adanya.

Anda harus berhati-hati karena Lovebird yang ngantukan ada indikasi suatu penyakit yang salah satunya bisa membuat Lovebird mati dalam hitungan jam.

Lovebird yang sering tidur dengan mata tertutup, berarti sedang terkena penyakit. Ciri utama, Lovebird jadi sering diam, murung, lemas, dan ngantukan. Burung Lovebird tidak terlalu aktif dan tidak mau makan.

Kotoran Lovebird juga berubah jadi encer atau berair. Kalau memang tanda-tandanya seperti ini, ada kemungkinan Lovebird nyilet atau Lovebird cacingan. Jangan disepelekan penyakit tersebut, karena Lovebird bisa mati mendadak.

Baca juga:

Namun, bila kondisi Lovebird tampak sehat, masih mau makan, dan aktif, berarti itu cuma lelah saja. Solusi untuk Lovebird ngantukan seperti ini cukup diganti tangkringan dengan diameter yang kecil dan basahi tangkringan dengan air.

Berbeda ceritanya, bila Lovebird ngantukan parah, lemas, tidak mau makan, tidak mau bunyi, dan kotoran cair, berarti memang burung Lovebird terkena penyakit.

Ciri Lovebird Tidur atau Ngantukan yang Bisa Mati Mendadak

  • Lovebird nyilet atau kurus.
  • Lovebird cacingan.
  • Kotoran burung cair atau mencret.
  • Keluar cacing di kotoran burung.
  • Muncul darah pada kotoran Lovebird.
  • Lovebird tidur sampai tidak kuat menyangga kepala.

Nah bila kondisi burung Lovebird terindikasi memiliki penyakit seperti di atas, maka segera lakukan tindakan. Jangan membiarkan burung sakit terlalu lama nanti dia bisa mati mendadak.

Biasanya Lovebird mati mendadak karena burung tidak mau makan, terus disuapi dengan spet. Akhirnya burung tersedak dan mati.

Kasus kedua Lovebird bisa mati saat kondisi seperti itu tapi tetap dimandikan dan dijemur. Anda mengira hal tersebut merupakan ngantuk biasa, kemudian Lovebird dimandikan sampai basah kuyup dan dijemur berjam-jam. Dalam beberapa hari, kondisi Lovebird semakin akan parah.

Burung Lovebird tidak akan kuat berdiri di tangkringan. Kakinya lemas, cengkeraman melemah. Dia memilih untuk berdiam di dasar sangkar dan menutup mata. Kepala menunduk terus karena leher lemas tidak kuat menopang kepala lagi.

Kondisi seperti ini cukup parah, burung bisa mati dalam waktu 2-3 hari. Jadi jangan menyepelekan Lovebird yang ngantukan dan hobi tidur. Bisa jadi dia sedang sakit parah, tapi Anda mengira dia sedang malas beraktivitas.

Cara Mengatasi Lovebird Tidur dan Ngantukan
Cara Mengatasi Lovebird Tidur dan Ngantukan

Cara Mengatasi Lovebird Ngantukan karena Nyilet dan Cacingan

Kami akan berbagi pengalaman cara menyembuhkan Lovebird ngantukan karena dada nyilet dan cacingan. Semoga saja dari pengalaman tersebut, burung Lovebird Anda bisa terselamatkan.

Untuk Lovebird Nyilet

Lovebird diberi pakan biji-bijian saja, seperti milet putih dan biji haver. Beli bijj haver yang belum dikupas kulitnya lalu dicampur dengan milet. Perbandingan milet dan biji haver 50 : 50. Burung Lovebid tidak perlu dikasih jagung sama kangkung dulu.

Terus sementara waktu, Lovebird tidak perlu dimandikan dan dijemur. Lovebird disendirikan saja di kandang yang bersih. Ganti sangkar lama, ke sangkar yang bersih dan higienis.

Untuk Lovebird Cacingan

Burung Lovebird yang cacingan bisa diberi combantrin sekali saja. Berikan combantrin 3 tetes di paruh atau campur dengan air minum. Besoknya cacing akan keluar bercampur dengan darah di kotorannya.

Dalam kondisi seperti ini pakan cukup milet lutih saja. Tambahkan vitamin dan suplemen ternama yang dijual di kios burung. Kami tidak perlu menyebut merek, mungkin kalian sudah tahu sendiri.

Pertolongan ini sifatnya hanya membantu agar burung bisa segera sembuh. Tingkat penyakitnya tentu berbeda-beda sehingga ada kemungkinan burung tetap mati.

Ya, burung Lovebird bisa saja sembuh tapi ada juga kemungkinan terburuk yaitu burung mati. Yang terpenting Anda sudah berusaha, urusan nyawa dan umur sudah diatur Tuhan Yang Maha Esa.

Lovebird Tidur Saat Lomba

Nah, sekarang kita berpindah ke kasus Lovebird tidur di lomba. Mengapa Lovebird bisa ngantukan saat lomba berlangsung. Penyebabnya karena Lovebird kurang panas, kurang semangat, dan kelelahan.

Solusinya sebagai berikut:

  1. Sebelum lomba, berikan makanan Lovebird yang enak-enak sampai kenyang.
  2. Lovebird selalu didekatkan dengan untulan.
  3. Tangkringan Lovebird kecil dan sejuk.
  4. Basahi tubuh Lovebird sedikit dan tangkringan disemprot.
  5. Burung Lovebird diangin-anginkan sebentar.
  6. Saat naik gantangan, pakan minum dikeluarkan dan untulan dipisah.
  7. Walau kenyang, Lovebird tidak akan tidur, karena dia sudah dipisah dari untulan.
  8. Otomatis birahi mulai naik dan dia ngekek panjang karena mencari untulannya.
  9. Selesai gantang, untulan didekatkan lagi dalam satu kandang atau kandang tepisah. Dengan begitu birahi akan stabil lagi.

Kesimpulan

Demikian sekilas info tentang Lovebird tidur dan ngantukan yang bisa mati mendadak. Kami tidak menakut-nakuti Anda, tapi membagikan pengalaman terburuk sebelum Anda menyesalinya.

Diharapkan, Anda akan berhati-hati dalam merawat Lovebird dan selalu menjaga kebersihan sangkar. Terkadang Lovebird jadi ngantukan karena terkena penyakit dari sangkar yang kotor dan stres.

Lebih bagus lagi dalam perawatan Lovebird juga diberi latihan umbaran. Ini membantu pernapasan Lovebird jadi panjang dan tubuh bugar. Sehingga Lovebird tidak ngantukan lagi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • lovebird tidur karena kekenyangan

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.