10 Makanan Burung Hantu Anakan dan Dewasa

Burungnya.com – Dalam memelihara burung Hantu, yang paling penting adalah asupan nutrisinya. Jadi, makanan burung Hantu harus diperhatikan dengan serius, bila ingin mendapatkan burung yang sehat dan aktif.

Berbeda dengan jenis burung rumahan lainnya, burung Hantu memang tipikal burung liar. Sehingga makanan yang diberikan harus hewan hidup atau hewan yang hidup di alam.

Burung Hantu termasuk hewan yang aktif di malam hari atau istilahnya nokturnal. Hewan ini suka sekali mencari makan malam-malam di saat hewan lain sedang tidur atau beristirahat.

Berarti burung Hantu harus diberi makan malam hari? Sebaiknya memang demikian, tapi Anda bisa menyesuaikannya dengan aktivitas keseharian Anda di rumah.

Waktu pemberian makan burung Hantu bisa tiga kali sehari. Yang penting jangan diberi makan di malam hari saja, kasihan nanti dia kelaparan.

Oh iya, jangan lupa berikan burung Hantu minum untuk memperlancar proses memakan makanannya. Sehingga burung Hantu tidak tersedak karena biasanya tulang-tulang hewan yang dia makan masih tersangkut di pencernaan.

Makanan Burung Hantu Anakan dan Dewasa

1. Tikus

Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, pemilik burung Hantu pasti sudah pernah memberikan makan tikus. Sebab, makanan favorit burung Hantu memang tikus.

Biasanya tikus yang dikonsumsi adalah tikus putih, tikus anakan, hingga tikus yang masih merah warnanya tanpa bulu. Kalau tikus got sebaiknya jangan diberikan karena kotor dan pembawa bibit penyakit.

Anakan tikus putih biasanya dijual bebas di pasar hewan atau pasar burung. Anda bisa membelinya bijian atau sesuai dengan keinginan Anda.

2. Jangkrik

Makanan burung kicau pada umumnya adalah jangkrik. Namun, apakah burung Hantu juga kenyang makan jangkrik? Secara teori jangkrik cuma dijadikan jajan saja bagi burung Hantu.

Burung Hantu termasuk kategori burung besar. Sehingga, kalau cuma diberi jangkrik, rasa-rasanya masih kurang.

Namun, ada jenis burung Hantu yang suka sekali dengan jangkrik, yaitu Bay Owl. Burung ini suka makan jangkrik karena di alamnya, dia juga suka memakan hewan tersebut.

3. Tikus Putih

Kami sempat menyinggung soal tikus putih sebagai makanan utama burung Hantu. Ya, memang benar, baik burung Hantu anakan maupun dewasa, pasti suka sekali dengan tikus putih.

Burung Hantu Spotted Wood paling suka dengan tikus putih. Ini terbukti saat para ilmuwan melakukan penelitian, ditemukan sisa bangkai tikus putih di sarang burung Hantu tersebut.

Makanan Burung Hantu Tikus (birdwatchinghq.com)
Makanan Burung Hantu Tikus (birdwatchinghq.com)

4. Ayam

Apakah burung Hantu makan ayam hidup? Mungkin kalau di habitat alam liar, burung Hantu sanggup memakan ayam ukuran kecil sampai sedang.

Meski begitu, di lingkungan manusia, hal tersebut jarang terjadi karena ayamnya diberikan dalam bentuk potongan daging kecil-kecil.

Tujuannya untuk mempermudah burung Hantu mencerna makanan. Sehingga burung tinggal memakan saja tanpa harus repot berburu segala.

Kendati demikian, efek negatif dari tindakan tersebut, burung jadi kehilangan naluri berburu. Padahal, burung Hantu seharusnya mempunyai insting berburu yang tinggi.

Dia dapat terbang senyap tanpa suara untuk menyergap mangsanya. Kemampuan terbang tanpa suara ini sudah diteliti para ilmuwan dan memang tidak ada suaranya sama sekali.

Burung Hantu dapat melakukan itu karena keunikan di bagian sayapnya. Sehingga walau terbang cepat sekalipun, mangsa tidak akan dapat mendengarnya.

5. Lele

Ikan lele juga masuk daftar makanan favorit burung Hantu. Sebenarnya burung Hantu tidak berburu ikan lele di alam liar. Namun, karena hidup di lingkungan manusia, mau tidak mau dia juga harus beradaptasi.

Mungkin saja, sang pemilik sedang tidak memiliki dana lebih untuk membeli daging ayam. Sehingga dia mencari solusi lebih murah dengan cara mengganti daging ayam ke daging ikan lele.

Loading...

Harga ikan lele murah meriah dan ternyata mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Tak heran, terkadang burung Hantu tetap diberi ikan lele segar di kala tanggal tua.

6. Kumbang atau Serangga

Kalau di daerah Anda masih mendengar suara serangga yang keras, bersyukurlah berarti daerah Anda masih asri. Anda juga bisa dengan mudah mencari makanan untuk burung Hantu.

Sebab, burung Hantu juga suka dengan serangga di pohon atau kumbang. Makanan ini sering kali dijadikan selingan saja. Namun, ada jenis burung Hantu yang setiap memakan serangga tersebut, yakni Tawny owl.

7. Daging Sapi

Di awal tanggal muda, Anda dapat membelikan burung Hantu beberapa gram daging sapi segar. Walau harga daging sapi mahal, tapi sekali-kali tidak masalah diberikan pada burung Hantu kesayangan.

Tentu saja kandungan gizi daging sapi lebih baik ketimbang daging yang lain. Jadi, sebulan sekali menyisihkan uang untuk membeli daging sapi tidak masalah.

8. Burung Kecil

Ternyata burung Hantu juga suka memakan sebangsanya maksudnya memakan burung juga. Namun, burung yang dimaksud adalah burung-burung kecil, seperti burung Pipit, burung Gereja, burung emprit, dan lain-lain.

Untuk melatih sifat liar burung Hantu, Anda dapat mengikat kaki burung pipit. Kemudian biarkan burung Hantu menyergapnya sendiri.

Sesekali burung Hantu memang harus dilatih mendapatkan makan sendiri tanpa disuapi. Takutnya nanti kemampuan berburunya hilang dan semakin manja.

9. Anakan burung Puyuh

Anda juga bisa memberikan anakan burung puyuh sebagai makanan sampingan. Burung Hantu suka sekali burung-burung yang hidup di sawah atau lingkungan liar.

Burung puyuh dapat diberikan seminggu sekali agar burung Hantu bahagia. Dalam hal ini burung Hantu bisa diberikan dalam keadaan hidup atau mati.

Kalau ingin memberikan daging daging puyuh, sebaiknya berikan dalam keadaan segar yang masih kelihatan darahnya.

10. Ulat Hongkong

Salah satu keluarga ulat yang paling besar adalah ulat Hongkong. Pemberian ulat hongkong bisa dilakukan sebagai selingan karena sifatnya panas.

Nah, karena ukuran burung Hantu cukup besar, Anda dapat memberikan ulat hongkong sebanyak satu genggam. Jangan lupa siapkan pula minumnya biar pencernaan burung Hantu lancar.

Cara Memberi Makan Burung Hantu Anakan dan Dewasa

Burung Hantu Anakan

Kalau masih anakan, burung Hantu bisa disuapi dulu dengan tangan. Makanannya dipotong kecil-kecil, tapi harus tetap segar dan kelihatan darahnya.

Jika daging hasil simpanan di kulkas, tentu burung Hantu tidak suka karena termasuk makanan yang tidak fresh. Lebih baik berikan makanan yang barus disembelih agar fresh.

Burung Hantu Dewasa

Untuk burung Hantu yang sudah besar, berikan hewan secara utuh atau dalam keadaan hidup sekalian. Misalnya, Anda ingin memberi makan tikus putih. Berarti burung Hantu diletakkan di tempat yang agak tinggi.

Yang penting posisi mangsa kelihatan. Kemudian, lepas ikatan tali di kakinya. Seketika itu juga, burung Hantu akan terbang menyergap mangsa.

Jika burung Hantu terlalu lama dipelihara, biasanya kemampuan berburunya menurun. Sehingga tikus harus diikat kakinya agar tidak kabur.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Hantu anakan dan dewasa terbaik. Sesuaikan ukuran makanan dengan ukuran tubuh burung. Jangan sampai burung kecil diberi makanan yang besar, tapi burung Hantu dewasa diberi makanan yang berukuran kecil.

Cara pemberian makanan pada burung tersebut sebenarnya terserah sesuai dengan keinginan pemiliknya. Namun, alangkah lebih baik bila burung Hantu diberi makanan seperti di alam liar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!