5 Pertolongan Pertama Saat Anak Kucing Mencret

Burungnya.com – Waspadalah saat anak kucing mencret. Kotoran yang tadinya padat mendadak jadi encer atau bahkan berair. Selain itu, kucing tersebut jadi sering buang air besar.

Kalau sudah seperti ini berarti anak kucing tadi butuh pertolongan pertama. Anda sebagai pemilik harus sigap dengan segala bentuk penyakit kucing. Salah satunya mengobati anak kucing yang sedang diare atau mencret.

Jangan sampai Anda mendiamkan hewan peliharaan yang sedang sakit. Nanti, bila dibiarkan dalam jangka waktu lama. Diare kucing akan semakin parah.

Pencernaan kucing terganggu dan dia mengalami kekurangan cairan. Bahaya, kucing bisa lemas, tidak mampu berdiri, dan akhirnya tidak sadarkan diri, bahkan mengalami kematian.

Pertolongan Pertama Anak Kucing Mencret

Jangan menunggu kucing benar-benar sekarat. Anda bisa melakukan pertolongan pertama pada kucing yang sedang sakit mencret.

1. Puasa 12 jam

Kalau kucing masih mengonsumsi makanan tertentu, sebaiknya dihentikan dulu atau suruh puasa. Durasi puasa anak kucing bisa 12 jam. Namun, ini khusus puasa makanan saja, kalau minuman masih diberikan.

Ingat Anda harus mencatat bahwa puasa ini dilakukan selama kurang lebih 12 jam. Kalau sampai puasa berlangsung lebih dari 24 jam, kucing bisa mengalami hal buruk.

2. Kasih Larutan Elektrolit

Apa itu larutan elektrolit? Bagi yang belum tahu, larutan elektrolit adalah campuran air, gula, dan garam. Komposisinya, air 900 ml, gula 1 sendok makan, dan garam 1 sendok teh.

Larutan ini diberikan anak kucing yang mencret untuk mengganti cairan yang hilang. Kalau kucing dibiarkan kehilangan cairan tubuh, nanti dia bisa dehidrasi.

Pemberian air elektrolit ini bisa diwadah minum, dispet menggunakan suntikan tanpa jarum, atau disuapi pakai sendok.

Anak Kucing Mencret atau Diare (typingsolution.com)
Anak Kucing Mencret atau Diare (typingsolution.com)

3. Obat Anti Diare

Ada obat anti mencret yang ampuh untuk kucing, namanya Norit. Sebenarnya Norit merupakan obat sakit perut yang diperuntukkan pada manusia.

Loading...

Namun, ternyata obat ini bisa juga diberikan pada kucing. Bentuk obat ini yaitu tablet warna hitam. Kandungannya karbon aktif yang dibuat alami dari tumbuhan aktif.

Cara kerjanya yakni menyerap toksin atau bakteri dalam saluran pencernaan. Obat ini tidak diserap tubuh, sehingga aman untuk kucing.

Untuk memberikan obat Norit, Anda cukup mencampur 1 tablet Norit 125 gram pada 10 ml air putih. Kalau anak kucing, cukup 0,5 ml larutan dan diberikan 3-4 kali sehari.

Nanti kotoran kucing menjadi hitam, tapi Anda jangan panik karena ini normal dan tidak berbahaya.

4. Makanan Lunak dan Mudah Dicerna

Setelah puasa dan diberi obat, anak kucing yang sakit mencret bisa diberi makanan lunak dan mudah dicerna.

Contoh paling sederhana, berikan makanan kucing berupa daging ayam atau daging ikan yang direbus. Untuk menambah energi, campur saja dengan nasi putih.

5. Bawa ke Dokter Hewan

Pertolongan pertama tadi dapat dilakukan maksimal 2 hari. Apabila kucing mencret sudah 2 hari tidak ada perubahan, maka bawa saja dia ke dokter hewan.

Takutnya kucing mengalami dehidrasi parah karena mencret yang lama. Anda bisa mengetahui kucing dehidrasi atau tidak dengan menarik kulit kucing.

Apabila kulitnya ditarik atau dicubit tidak kembali seperti semula atau elastis, berarti kucing sedang dehidrasi. Sebaliknya, bila kulit kucing langsung kembali, berarti dia tidak dehidrasi.

Baca juga:

Kesimpulan

Kurang lebih seperti itu pertolingan pertama untuk anak kucing mencret. Anda jangan panik dulu, karena tidakan awal bisa menjadi pertolongan berharga bagi kucing Anda.

Apabila Anda panik duluan, justru efeknya bisa buruk bagi kucing. Misalnya, Anda panik karena kucing mencret, kemudian Anda salah memberikan obat.

Bukannya kondisi kucing tambah baik, tapi kucing tersebut justru tambah parah. Sudah banyak kasus seperti ini, terutama bila pemilik kucing baru mengadopsi kucing.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!