13 Tanya Jawab Seputar Makanan Burung Lovebird dan Perawatan

Burungnya.com – Ada saja pertanyaan yang diberikan pembaca kepada kami melalui media sosial. Rata-rata pertanyaan tersebut tentang makanan burung Lovebird dan perawatan harian.

Apakah burung Lovebird memiliki jenis makanan tertentu atau bisa makan apa saja? Sebagian orang bertanya demikian, terutama yang masih pemula.

Namun, ada juga yang bertanya perihal makanan Lovebird selain milet agar cepat gacor. Soalnya, mereka berharap burung peliharannya bisa cepat ngekek panjang dan gacor.

Kalau cuma makanan tentu mudah sekali, dicari jawabannya. Namun, untuk perawatan Lovebird, pastinya berbeda-beda. Tapi kami akan memberikan jawaban standar saja, agar semuanya bisa mencobanya di rumah.

Tanya Jawab Makanan Burung Lovebird

1. Makanan Lovebird Selain Milet

Ada banyak sekali makan Lovebird, karena dia pemakan biji-bijian. Jadi, segala makanan yang berbentuk biji sejatinya dapat dikonsumsi burung. Namun, tidak semuanya disukai burung tersebut.

Jadi, Anda harus memberikan makanan yang sekiranya disukai Lovebird. Berikut daftar makanan Lovebird yang disukai Lovebird selain milet.

  • Jagung muda
  • Canary seed
  • Gabah
  • Beras merah
  • Kuaci Biji bunga matahari
  • Haver atau biji oat
  • Juwawut

Untuk biji-bijian, burung Lovebird paling suka milet. Namun, bila harga milet sedang naik, Anda bisa memberikan pakan alternatif lain, berupa daftar makanan di atas.

Makanan Burung Lovebird (arenahewan.com)
Makanan Burung Lovebird (arenahewan.com)

2. Sayuran apa yang bagus untuk burung Lovebird?

Ternyata burung Lovebird juga suka sekali makan sayur-sayuran. Tak heran, warna Lovebird cenderung cerah dan tubuhnya sehat.

Anda bisa memberikan berbagai jenis sayur, karena Lovebird hampir semuanya menyukai sayur. Berikut daftar sayur yang bagus untuk Lovebird.

  • Sawi hijau
  • Sayuran Pakcoy
  • Sawi putih
  • Wortel
  • Kecambah atau toge
  • Parsley atau Peterseli
  • Kemangi
  • Gambas atau oyong
  • Kangkung
  • Daun ginseng jawa

Demikian berbagai macam sayur yang bisa diberikan pada Lovebird. Anda bisa memberikan sayur secara bergantian. Yang penting setiap hari sayur harus selalu diganti.

3. Buah Apa yang Bagus untuk Lovebird

Ada beberapa buah yang ternyata bagus dimakan Lovebird. Nah, buah-buahan ini mengandung banyak vitamin yang bagus untuk performa Lovebird di lapangan.

Daftar buah yang bagus untuk Lovebird

  • Apel merah
  • Anggur merah
  • Pepaya

Kami jarang sekali melihat burung Lovebird diberi buah. Sebab, paruh burung Lovebird kurang mendukung untuk diberi makan berupa buah-buahan.

Namun, bila burung tersebut sudah terbiasa memakan buah, maka berikan saja setiap hari. Selain itu, perlu diperhatikan pula bahwa buah mudah sekali membusuk. Jadi, segera ganti buah yang baru, bila buah yang lama sudah busuk.

4. Makanan burung Lovebird apa saja

Kami sudah membahas sebagian makan Lovebird di atas. Anda bisa mengurut daftar isi dari artikel ini agar mudah mencari makanan yang bagus untuk Lovebird.

Kami juga pernah menulis artikel tentang makanan Lovebird, baik untuk pakan harian atau pakan lomba. Cari saja artikel tentang makanan burung Lovebird di situs Burungnya.com.

5. Apakah Lovebird bisa diberi makan pisang?

Kandungan serat pada pisang sangat tinggi sama dengan pepaya. Namun, hampir tidak pernah kami mengetahui ada Lovebird yang diberi makan pisang. Walaupun ada, mungkin mereka hanya coba-coba sebagai setingan lomba saja.

Alasannya karena paruh Lovebird berbentuk bengkok. Sedangkan buah pisang teksturnya lembut. Saat mau makan, burung pasti cukup kesulitan karena paruhnya didesain untuk memakan biji-bijian.

Terlebih pisang juga bisa menempel pada dinding paruh. Sehingga burung Lovebird justru akan tersiksa saat makan pisang.

6. Makanan apa biar Lovebird ngekek panjang

Kalau sudah membahas makanan Lovebird ngekek panjang, ini seperti tidak ada habisnya. Sebab, kicau mania selalu memiliki setingan khusus agar Lovebird ngekek panjang.

Entah, diberi pakan EF, ramuan jamu, vitamin, suplemen, minuman es degan, dan lain sebagainya. Tidak bisa dipungkiri, semua Lovebird memang membutuhkan pendongkrak agar mau ngekek.

Namun, setiap burung tidak sama racikannya. Ada yang dilatih saja langsung bunyi. Namun, ada juga yang butuh perawatan dan pemberian makan terbaik, agar burung mau bunyi.

Loading...

Coba lihat artikel kami yang lain, nanti makanan Lovebird ngekek panjang bisa Anda coba satu persatu.

7. Berapa kali burung Lovebird harus dimandikan

Sebenarnya burung bisa dimandikan sekali dalam sehari. Namun, karena cuaca di Indonesia lumayan panas, Lovebird bisa dimandikan 3 kali, pagi hari, sore hari, dan malam hari.

Apakah tidak kebanyakan Lovebird dimandikan sampai 3 kali? Tentu saja tidak, kalau Lovebird tipe dingin pastinya lebih suka terkena air daripada jemur.

Cara memandikan Lovebird bisa disemprot sprayer atau mandi sendiri di dalam cepuk. Kalau mau cepat jinak, Lovebird bisa dimandikan dengan cara dipegang dengan tangan.

Makanan Burung Lovebird Selain Milet (kacer.co.id)
Makanan Burung Lovebird Selain Milet (kacer.co.id)

8. Apakah Lovebird harus dimandikan setiap hari

Tidak ada yang mengharuskan burung dimandikan setiap hari. Namun, alangkah baiknya burung dimandikan setiap hari.

Alasannya agar tubuh burung selalu bersih, terhindar dari kutu, bulu burung halus, dan pastinya membuat burung lebih nyaman.

9. Kapan waktu memandikan Lovebird

Burung Lovebird bisa dimandikan pagi hari jam 06.00. Kalau sore mandikan Lovebird sekitar jam 16.00. Untuk malam harinya, mandikan Lovebird setelah solat Isya atau sekitar jam 19.00.

10. Apakah Lovebird boleh makan pepaya

Ya bolehlah, burung Lovebird bisa makan pepaya. Pemberian pepaya bisa diberikan dalam bentuk kering atau segar.

Kalau pepaya segar, nanti pepaya bisa berantakan karena paruh Lovebird berbentuk bengkok. Sedangkan pepaya kering, cara makannya lebih rapi dan bersih.

11. Apakah Lovebird harus dipelihara sepasang

Sebenarnya tidak harus sepasang, karena Lovebird single fighter juga banyak dipelihara. Namun, pada dasarnya Lovebird adalah burung yang suka berpasang-pasangan.

Kalau Anda mendengar Lovebird ngekek panjang sendirian tandanya dia sedang over birahi atau ingin kawin. Jadi, untuk menurunkan birahinya, berikan dia pasangan atau diberi makanan penurun birahi.

12. Apakah semua burung Lovebird bisa ngekek panjang?

Jawabannya tidak, karena tidak semua jenis Lovebird bisa ngekek panjang. Penyebab burung Lovebird tidak mau ngekek, sangat bervariasi, seperti karakter burung pendiam, burung stres, Lovebird sakit-sakitan, hingga bukan Lovebird tipe lomba suara (Lovebird warna beauty contest).

13. Apa yang membuat Lovebird konslet?

Cukup sulit menciptakan Lovebird konslet selain dari indukan yang sudah lebih dulu konslet. Sebab, irama suara Lovebird konslet berbeda dengan Lovebird fighter.

Kalau Lovebird konslet iramanya cenderung pelan, berjeda, bertempo, dan durasi lama. Sementara Lovebird fighter iramanya cepat, tempo cepat, suara keras, tapi durasi agak pendek.

Jadi kalau mau membuat Lovebird konslet sebaiknya cari indukannya dulu yang sama-sama konslet, kemungkinan nanti anakannya juga bisa konslet.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa tanya jawab seputar makanan burung Lovebird dan perawatannya. Diharapkan dengan memberikan perawatan dan makanan yang bagus, burung Lovebird bisa ngekek panjang.

Jarang sekali ada burung yang ngekek panjang tanpa diberi makanan yang bagus. Kalau ada kicau mania yang menjawab burungnya ngekek panjang cuma diberi milet putih. Sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar.

Pasti ada makanan tambahan lainnya yang diberikan pada Lovebird tersebut. Kemungkinan lain, Lovebird tersebut menjalani latihan dan serangkaian perawatan yang membuatnya gacor serta ngekek panjang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • membuat pertnyaan tentang burunglovebird

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!