Harga Kucing Himalaya Terbaru 2021

Burungnya.com – Kucing yang lucu sebenarnya tidak memandang dari ras apa, tetapi memang karena fisik dan tingkahnya lucu. Sama seperti kucing Himalaya yang lucu tapi juga bisa dibilang mahal karena keunikan fisiknya.

Memang apa yang unik dari kucing himalaya? Ingat jangan sama artikan himalaya pada kucing dengan gunung yang menjulang tinggi. Walau namanya sama-sama himalaya, tapi ini tidak berkaitan dengan gunung himalaya sama sekali.

Asal Usul Kucing Himalaya

Menurut CFA atau Cat Fanciers Association, Kucing Himalaya adalah istilah untuk variasi warna dari kucing Persia. Diduga lahirnya kucing Himalaya karena perkawinan antara kucing Persia dengan kucing Siam.

Tanda kucing Siam diturunkan pada kucing Himalaya, terutama pada pola wajahnya. Pola sealpoint pada himalaya terlihat mirip dengan kucing siam.

Namun, ada juga yang tidak setuju dengan kehadiran kucing Persia di dalam ras kucing himalaya. TICA atau The International Cat Association tidak menyamakan antara ras kucing Persia dengan kucing himalaya. Para ilmuwan sendiri juga masih mencari nenek moyang dari kucing himalaya.

Baca juga: 14 Fakta Unik Kucing Himalaya dan Cara Merawat

Ciri Kucing Himalaya

Ciri Kucing Himalaya (troubleandrix.com)
Ciri Kucing Himalaya (troubleandrix.com)

Tubuh kucing himalaya mirip sekali dengan kucing Persia, terutama pada bagian kaki yang pendek. Nah, karena kaki yang pendek tersebut, kucing himalaya jadi kesulitan untuk melompat tinggi.

Kucing himalaya ada yang berhidung pesek dan ada pula yang normal. Untuk kucing himalaya pesek biasanya dijual lebih mahal dari yang hidung normal.

Walau dianggap persilangan antara Persia dan Siam, tapi untuk masalah sifat kucing himalaya masih mirip Siam.

Sifat kucing himalaya cenderung mirip kucing Siam yang aktif, tenang, cerdas, suka main, dan komunikatif.

Jenis dan Motif Kucing Himalaya

1. Seal Point

Warna bulu cokelat gelap mirip dengan kucing Siam.

2. Lilac Point

Kucing himalaya Lilac Point memiliki warna bulu terang dan putih.

3. Blue Point

Walau namanya blue, tapi sejatinya warna bulu tersebut adalah abu kebiruan. Warna tersebut terlihat jelas di kaki, telinga, ekor, dan wajah.

4. Chocolate Point

Seal point tadi berwarna cokelat, tapi warna Chocolate point ini lebih terang dari seal point. Oh iya untuk mempermudah membedakan keduanya, warna tapak kaki chocolate point adalah pink, sementara seal point warna cokelat gelap.

5. Cream Point

Oh iya, ada lagi kucing himalaya cream point memiliki warna jingga yang terang.

6. Red Flame Point

Sama seperti Cream Point, untuk Red Flame Point warna jingganya cenderung ke jingga gelap. Jadi warna jingganya agak mencolok dibandingkan dengan Cream point.

Loading...

Dari semua jenis kucing himalaya ini yang paling langka adalah chocolate poin dan Lilac point. Alasannya untuk mendapatkan anakan tersebut, diperlukan gen chocolate atau lilac.

Baca juga: 4 Jenis dan Harga Kucing Persia Terbaru 2021

Harga Kucing Himalaya Asli Terbaru

Anak Kucing Himalaya (pinterest.com)
Anak Kucing Himalaya (pinterest.com)

Dari beberapa sumber, salahnya satu kucingklik.com, diketahui bahwa harga kucing himalaya murni atau asli bisa di kisaran Rp 7 juta – Rp 35 juta.

Kalau rasnya bukan asli, biasanya harga kucing tersebut menjadi lebih murah. Kami juga mengecek harga kitten kucing himalaya, ada yang mencapai Rp 650.000.

Ya, untuk harga anak kucing Himalaya memang masih terjangkau. Pokoknya, harga anakan kucing himalaya di antara Rp 650.000 – Rp 3.000.000.

Harga Rp 3.000.000 untuk anak kucing himalaya peaknose atau hidung pesek bulu panjang.

Daftar Harga Kucing Himalaya 2021

  • Kucing himalaya betina = Rp 1.500.000
  • Anak kucing himalaya 3 bulan = Rp 2.500.000
  • Kitten anak kucing himalaya pure = Rp 1.600.000
  • Kucing himalaya ragdol = Rp 1.500.000
  • Anak kucing himalaya flat 2 bulan lucu warna putih = Rp 750.000
  • Kucing persia himalaya ragdol = Rp 3.600.000
  • Anak kucing persia mix himalaya = Rp 900.000
  • Kucing himalaya flatnose bulu kapas betina usia 4 tahun dewasa = Rp 2.500.000
  • Indukan kucing himalaya betina = Rp 1.500.000
  • Anak kucing himalaya seal point = Rp 2.500.000
  • Kitten kucing himalaya 2 bulan = Rp 1.650.000
  • Kucing himalaya 9 bulan = Rp 1.500.000
  • Harga kucing himalaya flatnose mata biru = Rp 1.800.000
  • Kucing campuran himalaya murah = Rp 1.399.900

Baca juga: 23 Harga Kucing Anggora 2021 di Berbagai Daerah Indonesia

Kesimpulan

Demikian beberapa harga kucing himalaya asli dan ras campuran. Kalau memang berasal dari ras murni, biasanya harga kucing himalaya bisa dikatakan mahal.

Namun, kalau sudah mendapat gen campuran, harga himalaya ini jadi turun. Meski begitu, harga kucing ini tidak langsung turun, tapi dilihat dulu kelengkapan sertifikatnya.

Kalau sertifkat lengkap dan sudah vaksin, tentu saja harga kucing tadi menjadi mahal. Apabila Anda mencari yang murah, lebih baik cari kucing himalaya ras campuran.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!