13 Jenis Burung Nuri Terlengkap dan Makanan Favorit

Burungnya.com – Sampai sekarang burung Nuri dianggap salah satu burung tercantik di dunia. Asal burung ini dari ordo Psittaciformes dengan jumlah 393 spesies.

Dari dulu, burung Nuri terkenal cantik, indah, pintar, dan warna bulunya menawan. Di Indonesia ada beberapa jenis burung Nuri yang banyak dipelihara masyarakat.

Apa saja nama atau jenis burung Nuri tersebut? Kami akan memberitahukan beberapa informasi terkait biodata berbagai burung Nuri di Indonesia.

Jenis Burung Nuri

1. Burung Nuri Bayan

Tahukah Anda, burung nuri bayan memiliki nama latin Eclectus roratus. Dia berasal dari Kepulauan Solomon, Nugini, Sumba, Maluku, hingga Australia bagian timur laut.

Dilihat sekilas, Anda akan mengetahui mana burung Nuri jantan dan betina. Sebab, dia merupakan burung dimorfik saksual atau perbedaan kelaminnya terlihat mencolok.

Untuk Nuri Bayan jantan berwarna hijau cerah. Kalau Nuri Bayan betina warnanya merah dengan aksen biru keunguan.

Umur Nuri Bayan bisa mencapai 50 tahun. Namun, usianya yang panjang dipengaruhi oleh perawatan dan makanan yang bagus. Apabila dia dirawat ala kadarnya, usianya menjadi lebih pendek.

Sifat burung nuri bayan sangat ramah terhadap manusia, pintar, tenang, dan suka bersosialisasi. Namun, apabila Anda mengabaikannya, dia mudah sekali stres dan sensitif.

2. Burung Nuri Amazon Leher Kuning

Setelah dipelihara, burung Nuri amazon bisa sangat dekat dengan pemiliknya. Dia juga suka jadi pusat perhatian di tempat ramai.

Kalau dia sudah berusia 4 bulan – 1 tahun, Nuri amazon bisa saja agresif. Sebab, di waktu-waktu tersebut Nuri ini mendekati kematangan saksual atau istilahnya birahi.

Apabila Nuri Amazon sedang birahi, dia akan menggigit dan lebih galak pada anak kecil. Apalagi burung jantan, dia akan lebih agresif dari betina.

Baca juga: 10 Harga Burung Termahal di Dunia

3. Burung Kakatua Putih

Ternyata Kakatua putih masih masuk ordo Psittaciformes. Burung ini merupakan salah satu burung paling pintar dan mudah dilatih. Tidak mengherankan, apabila burung ini sering dilibatkan dalam sirkus.

Selain itu, karakter kakatua putih termasuk jinak, tidak agresif, dan setia. Burung ini bisa dikenali dengan mudah, karena seluruh bulunya warna putih bersih.

4. Burung Beo Afrika Abu-abu

Nah, salah satu jenis burung Nuri ini lebih hebat lagi karena mampu meniru kata dan frasa secara akurat. Burung pintar ini juga bisa mengetahui ucapan manusia.

Tak heran, bila burung ini dinobatkan sebagai burung paling pintar di antara spesies burung nuri lainnya. Hebatnya lagi, Beo Afrika abu dapat menirukan suara alarm kebakaran, telepon, hingga lonceng.

Apabila Anda merawatnya dengan benar, Beo Afrika akan tumbuh jadi burung yang ramah, penuh kasing sayang, manis, dan baik pada pemiliknya.

5. Burung Macaw Biru Emas

Dilihat sekilas, burung Macaw Biru Emas memang sudah tampak cantik. Sebagian besar bulunya berwarna biru dan kuning. Lalu di bagian mata terdapat garis-garis hitam seperti zebra.

Burung ini tidak memiliki jambul tapi diganti bulu warna kuning kehijauan. Sehingga kalau dilihat secara keseluruhan burung Macaw biru emas tampak menawan.

Tidak hanya fisik, kecerdasan burung ini luar biasa. Dia bisa mempelajari hingga 20 kata atau frasa sekaligus. Jadi, kalau diajari bicara, tentu burung ini akan mudah memahaminya.

Walau begitu, burung ini cenderung berisik karena hobinya bicara tadi. Apalagi kalau dia sudah pintar bicara, pasti tidak akan pernah diam.

Baca juga: Temukan Burung Nuri Tertinggi di Dunia, Tingginya 1 Meter

6. Burung Macaw Hyacinth

Ada lagi namanya Macaw Hyacinth. Dia termasuk nuri yang langka dan hampir punah. Warnya menarik, diselimuti biru kobalt dengan lingkar mata kuning cerah.

Burung ini termasuk pintar dan mudah dilatih. Dia juga bisa ngomong dan mempunyai warna suara yang berbeda-beda, seperti pekikan tinggi, mendengkur, mengeram, sampai melengking keras.

Saking menariknya, burung Macaw Hyacinth sampai diangkat ke layar lebar yaitu film Rio. Burung tersebut menjadi pemeran utama dan dalam filmnya dia jadi hewan buruan yang akan dijual di pasar gelap.

Burung Nuri Pelangi (wikipedia.org)
Burung Nuri Pelangi (wikipedia.org)

7. Burung Kakatua Jambul Kuning

Selanjutnya Kakatua jambul kuning atau jambul belerang. Dari ciri fisik, burung ini sangat besar, dan dipenuhi bulu warna putih. Namun, bagian jambulnya terlihat berbeda karena berwarna kuning.

Tahukah Anda, burung kakatua jambul kuning mempunyai kecerdasan setara dengan anak manusia berusia 1-2 tahun. Sehingga dia mudah dilatih dan gemar bersosialisasi dengan banyak orang.

Loading...

8. Burung Macaw Scarlet

Saat melihatnya, Anda pasti teringat dengan sampul salah satu pensil warna. Ya, burung ini memang memiliki warna yang beragam dan mencolok.

Dari ujung kepala berwarna merah, kemudian agak ke bawah warna kuning. Kalau bagian sayap warnya biru dan ekor warna merah.

Wajar bila burung Macaw Scarlet sering dinobatkan sebagai burung tercantik yang warna-warni. Selain cantik, burung ini juga pintar bahkan bisa menghapal 5-10 kosakata dalam waktu singkat.

Dia haus kasih sayang dan harus selalu diperhatikan. Bila Anda mengabaikannya biasanya Macaw scarlet akan menjadi agresif dan destruktif.

Baca juga: Burung Cantik Ini Bulunya Indah seperti Pelangi

9. Burung Nuri Papua

Seperti namanya, burung nuri papua berasal dari papua dan daerah di sekitarnya. Cirinya, burung ini memiliki bulu warna hitam di bagian sayap dan kepala samping.

Harga burung Nuri papua terbilang cukup mahal, mungkin karena sudah mulai langka. Jadi, sebaiknya Anda tidak memelihara burung tersebut dan membiarkannya berkembang biar di alam.

10. Burung Nuri Merah

Nah, karena mayoritas bulunya berwarna merah, akhirnya dia dinamakan nuri merah. Namun, ada juga gradasi warna lain di tubuhnya, yakni biru di sekitar leher dan perut.

Kemudian ada lagi warna hitam di bagian ekor. Jadi bisa dibayangkan bahwa burung ini pasti terlihat maskulin dan menarik di mata burung-burung lain.

11. Burung Nuri Kepala Hitam

Bagian kepala burung ini mempunyai warna hitam. Lalu di bagian sayap berwarna hijau, leher dan perutnya merah, serta biru di bagian ekor.

12. Burung Nuri Pelangi

Selain itu ada juga burung Nuri Pelangi yang memiliki warna memang mirip pelangi. Warnanya apa saja, di antaranya sebagai berikut, merah, kuning, hijau, biru, dan lain-lain.

Ada lagi yang unik, yaitu warna paruhnya yaitu orange dan berukuran sangat kecil.

13. Burung Nuri Maluku

Dari namanya Anda pasti sudah mengetahui bahwa burung Nuri ini berasal dari Maluku. Ternyata memang benar, burung ini dari pulau Maluku.

Warna bulunya khas karena berwarna merah maroon. Ada juga kombinasi warna lain, seperti biru dan hitam.

Makanan Burung Nuri

Makanan Burung Nuri (zoochat.com)
Makanan Burung Nuri (zoochat.com)

Apa saja makanan burung Nuri? Kalau dilihat dari paruhnya yang bengkok, tentu tidak jauh dari biji-bijian, sayur, hingga buah. Sebab, paruhnya didesain untuk mengupas biji dan tidak bisa makan daging karena keras.

Burung Nuri cenderung vegetarian sehingga dia lebih suka makan sayur dan buah serta biji-bijian di alam. Berikut daftar makanan burung Nuri:

1. Biji-bijian

Ada beberapa biji-bijian yang disukai burung Nuri, di antaranya milet, kuaci, canary seed, gabah, biji oat, jagung, juwawut dan lain-lain.

2. Buah

Kalau buah, sudah pasti Nuri suka apel, anggur, pir, pepaya, dan buah-buahan segar lainnya.

3. Sayur

Ada beberapa sayuran yang jadi makanan favorit Nuri, di antaranya kangkung, sawi, wortel, brokoli, pakcoy, kecambah, bayam, kemangi, hingga gambas.

Baca juga: 20 Jenis dan Gambar Burung Cenderawasih Tercantik di Indonesia

4. Voer

Sekarang sudah ada voer atau pelet khusus untuk burung Nuri. Biasanya pelet ini dibuat dari campuran buah dan sayuran yang sudah diolah menjadi pelet kecil-kecil.

Pakan seperti ini lebih tahan lama dan tidak akan membusuk dalam waktu singkat. Sayangnya, kalau terkena air, pakan pelet akan mudah hancur dan berjamur. Sehingga pastikan wadah pakan selalu dalam keadaan kering biar awet.

5. Pakan Campuran

Untuk kandungan gizi yang seimbang, biasanya burung nuri diberi pakan campuran seperti sayuran yang dipotong kecil-kecil, terus dicampur dengan biji-bijian.

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis burung Nuri paling lengkap dan makanan favoritnya. Walau jenis burung ini lumayan banyak, tapi makanannya tentu sama saja. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bila ingin memelihara beberapa jenis Nuri sekaligus.

Tapi sebaiknya dipikir-pikir lagi kalau mau memelihara mereka. Pasalnya, harga burung Nuri relatif mahal dan perawatannya juga mahal. Sebagian burung ini juga langka dan hampir punah.

Takutnya, nanti Anda sudah keluar banyak uang tapi akhirnya tetap berurusan dengan pihak berwajib. Walau begitu, bila surat dan sertifikatnya lengkap, memelihara burung Nuri bisa dikatakan aman.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung nuri

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!