10 Harga Burung Termahal di Dunia

Burungnya.com – Sebagian orang di dunia suka sekali merawat burung. Setiap kali mendengar suara burung, hati mereka katanya lebih tenang dan damai. Ada juga yang merawat burung bukan karena hobi melainkan untuk mencari keuntungan.

Pasalnya, harga burung ada yang mahal. Saking mahalnya, Anda mungkin tak percaya bahwa ada seekor burung yang dibanderol sampai miliaran. Harga tersebut sebanding karena kecantikan burung tersebut atau mungkin karena prestasinya.

Nah, kami akan memberikan beberapa daftar burung paling mahal di dunia. Siap-siap, jangan sampai Anda terkejut karena harganya mungkin tidak masuk akal.

Harga Burung Termahal di Dunia

1. Kakatua Jambul Hitam atau Kakatua Raja

Ini merupakan jenis kakatua terbesar di dunia. Ciri khas burung ini memiliki jambul hitam besar dan pipi warna merah. Dia menghidupi hutan tropis.

Ciri lainnya, burung ini memiliki tinggi mencapai 60 cm. Tak heran burung ini dihargai mahal yaitu di kisaran Rp 224 juta per ekor.

2. Merpati Balap

Burung termahal di dunia salah satunya Merpati Balap. Tahun 2013 ada seseorang yang menjual Merpati Balap yaitu sebesar US$ 6 juta atau hampir Rp 90 miliar rupiah.

Sedangkan di Indonesia, ada seorang yang menjual Merpati Balap seharga Rp 1 miliar. Burung ini dijual sangat mahal karena burung Merpati Balap merupakan salah satu burung tercepat di dunia.

Merpati Termahal di Dunia Harga Rp 90 Miliar (world-today-news.com)
Merpati Termahal di Dunia Harga Rp 90 Miliar (world-today-news.com)

3. Elang Golden

Sesuai dengan namanya, jenis burung ini merupakan Elang terbesar di dunia. Ini elang dari Republik Ceko. Berat tubuhnya sekitar 9 kg.

Nah, karena ukuran yang besar tersebut, dia sering dijadikan hewan pemburu. Harga burung Elang Golden ini sekitar Rp 300 juta.

4. Toucan

Burung bernama Toucan hidup di hutan hujan Amerika Selatan. Ini salah satu burung paling populer di dunia. Semua ini karena kombinasi warna indah di tubuhnya.

Burung Toucan adalah hewan omnivora dan dia bisa hidup sampai 20 tahun. Selain keindahan bulunya, harga burung Toucan cukup mahal yaitu sekitar Rp 70 juta.

Paruh Toucan cukup menjadi sorotan karena berukuran besar dan berwarna-warni. Seluruh tubuh burung ini gelap, kecuali warna lehernya yang cerah.

5. Hyacinth Macaw

Burung Macaw merupakan jenis burung Beo terbesar di dunia. Sayap burung ini sangat besar dan paruhnya juga besar.

Selain itu, burung ini wujud asli karakter film Disney yang bernama Rio. Burung Macaw ini dapat tumbuhnya hingga 1 meter dengan berat 3,5 kg. Hyacinth Macaw tergolong langka karena sering diperjualbelikan.

Anakan burung Hyacinth Macaw bisa dijual sekitar Rp 300 juta. Bayangkan kalau burung dewasa, tentunya lebih mahal lagi atau bisa naik dua kali lipat.

6. Flamingo

Burung Flamingo termasuk spesies burung berkaki panjang dan suka hidup berkelompok. Flamingo sering dijadikan simbol keromantisan.

Loading...

Ciri khas burung ini memiliki bulunya pink kemerahan dan kaki kecil yang panjang. Jenis burung ini dihargai sekitar Rp 14 juta.

7. Scarlet Tanager

Burung Scarlet Tanager merupakan burung penyanyi asal Amerika yang memiliki ukuran sedang.

Sampai saat ini burung tersebut ditempatkan dalam keluarga tanager. Anggota lain diklasifikasikan dalam keluarga cardinal.

Scarlet Tanager lumayan cerdas dan memiliki harga lumayan mahal. Hal ini karena bulu merah yang tegas. Mungkin ini yang menjadikan dia mahal, yaitu sekitar Rp 12,5 juta.

8. Oriole Baltimore

Tahukah Anda Oriole Baltimore sering ditemukan di Amerika Utara. Harga Oriole Baltimore sekitar Rp 12 juta. Keunikan burung ini adalah suaranya yang indah.

Burung ini sering dilombakan dalam burung berkicau. Sama seperti di Indonesia, yaitu lomba burung Lovebird hingga Murai Batu.

9. Mountain Bluebird

Burung warna biru ini memiliki panjang sampai 20 cm. Ciri khas burung ini warnanya biru terang. Paruhnya biru kehijauan cerah.

Kalau burung betina warnanya lebih ke abu-abu. Jadi, lebih bagus warna burung jantan daripada burung betina.

Usianya bisa mencapai 10 tahun di alam liar. Oh iya, burung ini omnivora dan suka sekali makan laba-laba, belalang, hingga buah-buahan.

Burung Mountain Bluebird dihargai sekitar Rp 12 juta per ekor.

Baca juga:

10. American Goldfinch

Burung ini berukuran kecil asal Amerika Utara. Untuk pejantan warnanya kuning cerah di musim panas, dan warna agak pudar di musim dingin.

Kalau betina, warnanya agak kusam di musim dingin. Warnanya baru agak cerah di musim panas.

Corak hitam pada bulu yang dominan kuning terang menjadikannya sangat indah. Di pasaran American Goldfinch bisa dihargai Rp 10,7 juta.

Kesimpulan

Demikian harga burung termahal di dunia. Dari semua burung di dunia, ternyata yang paling mahal masih burung Merpati Balap.

Kemahalan burung tersebut karena prestasinya yang luar biasa di dunia balap Merpati. Selain itu, trah atau keturunan burung tersebut memang istimewa.

Alhasil Merpati tadi dibeli sekitar Rp 90 miliar per ekor. Kalau di luar negeri, burung Merpati harganya memang gila-gilaan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!