14 Makanan Burung Hantu Paling Bagus seperti di Alam

14 Makanan Burung Hantu Paling Bagus seperti di Alam

Burungnya.com – Sebagian masyarakat gemar memelihara burung Hantu di rumah. Namun sayang, beberapa dari mereka tidak mengetahui makanan yang bagus untuk burung Hantu. Terkadang burung tersebut asal diberi makanan seperti jenis burung lainnya. Padahal pada dasarnya burung Hantu merupakan binatang pemakan daging atau karnivora.

Oleh karena itu, agar makanan burung Hantu sama seperti kehidupan di alam, Anda harus memberikan pakan daging-dagingan. Biasanya daging tersebut harus yang segar atau hidup. Kalau daging sudah berbentuk bangkai, burung Hantu bisa muntah dan jatuh sakit. Jadi, pemilihan menu makanan burung Hantu sebenarnya sangat penting.

Baca juga: 5 Fakta Unik Burung Hantu yang Jarang Diketahui

Terdapat beberapa jenis makanan yang bagus untuk burung Hantu. Biasanya, setiap jenis burung Hantu mempunyai menu makanan kesukaan yang berbeda-beda. Kami akan memberikan daftar menu makanan yang paling bagus untuk burung Hantu besar dan kecil.

Menu Makanan Burung Hantu (meetyourmouse.com)
Menu Makanan Burung Hantu (meetyourmouse.com)

Makanan Burung Hantu Besar dan Kecil

  1. Burung Puyuh
  2. Anak Ayam
  3. Burung Emprit
  4. Bayi Tikus Putih
  5. Burung Gereja
  6. Tikus Putih
  7. Ikan Lele
  8. Burung Pipit
  9. Jangkrik
  10. Anak burung Puyuh
  11. Ikan Patin
  12. Tupai
  13. Daging yang masih fresh
  14. Ulat Hongkong

Cara Memberi Pakan ke Burung Hantu

Makanan Burung Hantu adalah Tikus (socalwild.com)
Makanan Burung Hantu adalah Tikus (socalwild.com)

1. Pemberian Makanan Burung Hantu secara Alami

Burung Hantu mempunyai insting berburu yang tinggi. Kalau di alam, burung ini akan mencari makanan sendiri. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda juga memberikan makanan secara alami dengan cara skill hunting atau kemampuan berburu. Caranya, salah satu jenis makanan diletakkan di bawah kemudian biarkan burung Hantu terbang lalu menerkamnya.

Loading...

2. Beri Makanan Burung Hantu pakai Tangan

Tidak perlu diberi cepuk atau wadah, Anda dapat memberikan makanan ke burung Hantu secara langsung menggunakan tangan. Jika ukuran burung Hantu kecil, maka potong-potong dulu dagingnya agar muat masuk ke paruh dan tidak menyakiti tenggorokan. Apabila tubuh burung Hantu sudah besar, maka Anda bisa langsung memberikan hewan kecil secara utuh.

3. Makanan Burung Hantu diberikan setelah Dipanggil Namanya

Agar burung Hantu mengenali pemiliknya, Anda harus lebih sering memanggil namanya. Nah, begitu dipanggil namanya, kalau burung Hantu mendekat maka langsung berikan makanan sebagai hadiah. Dengan begitu, burung Hantu akan lebih menurut dan jinak.

4. Waktu Makan Burung Hantu

Burung Hantu dapat diberi makanan sebanyak dua kali sehari. Pemberian makanan ini dilakukan pada pagi dan malam hari atau sore dan malam hari.

5. Porsi Makanan Burung Hantu

Jangan asal memberi makan burung Hantu karena semuanya ada takaran atau porsinya. Burung Hantu besar dapat diberi makanan berupa burung Puyuh 8-10 ekor. Yang terpenting burung Hantu jangan sampai kekenyangan karena bisa membuatnya malas gerak.

6. Berikan Minuman Untuk Memperlancar Makanan

Makanan selalu didampingi dengan minuman, maka burung Hantu juga perlu minum. Berikan minuman burung Hantu pada cepuk atau wadah di dekat tangkringan.

7. Makanan Jangkrik untuk Burung Hantu

Jika Anda memberikan jangkrik untuk burung Hantu, maka kakinya yang seperti gergaji sebaiknya dipotong dulu agar tidak tersangkut di kerongkongan atau sistem pencernaan.

Demikian daftar makanan burung Hantu yang paling bagus dan alami. Makanan-makanan ini dapat diberikan sesuai dengan jenis burung Hantu atau ukuran burung Hantu. Jadi, setiap jenis burung Hantu mempunyai menu makanan favorit yang tidak sama. Jadi, Anda harus menanyakan kepada penjualnya, kira-kira apa makanan favorit jenis burung Hantu yang Anda beli.

Baca juga: 

Selain itu, pemberian makanan pada burung Hantu tipe besar dan kecil juga tidak sama. Kalau ukuran tubuh burung Hantu besar, maka dia bisa melahap mangsa sekaligus. Namun, kalau burung Hantu kecil biasanya daging hewan harus dipotong kecil-kecil.

Yang jelas semua daftar pakan burung Hantu ini seperti di alam dan bagus untuk kesehatan. Jika burung Hantu terlihat memuntahkan sesuatu dari paruhnya. Hal tersebut biasanya berupa tulang hewan yang tidak dapat dicerna. Sehingga burung Hantu akan mengeluarkan sisa makanan kembali melalui paruh. Anda tak perlu khawatir karena hal tersebut wajar dan sudah biasa.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!