10 Makanan Burung Kenari dari Sayur-Sayuran

Burungnya.com – Zaman sekarang yang paling alami dan sehat adalah makanan sayur. Sayur-sayuran dianjurkan untuk makanan burung Kenari. Anda bisa memberikan berbagai jenis sayur untuk burung tersebut.

Apakah bisa memberikan aneka sayur untuk Kenari? Dalam hal ini sebenarnya bisa-bisa saja. Namun, burung Kenari sudah memiliki beberapa sayur favorit.

Mungkin kalau Anda memberikan sayur yang lain, burung Kenari tidak akan memakannya. Kalau mau yang sehat berikan sayur alami dan disukai burung Kenari.

Baca juga: Walau Pandemi, Wanita Ini Ternak Kenari Untung Rp 14 Juta Sebulan

Sayur yang Bagus untuk Makanan Burung Kenari

Sayur yang Bagus untuk Makanan Burung Kenari (themarthablog.com)
Sayur yang Bagus untuk Makanan Burung Kenari (themarthablog.com)

1. Sawi Putih

Tahukah Anda sawi putih bisa menurunkan birahi burung Kenari. Apabila burung terlalu over birahi, langsung berikan sawi putih dengan cara digantung.

Kalau Kenari sakit, sawi putih tidak baik diberikan. Nanti burung tersebut justru bertambah parah sakitnya. Pasalnya, burung akan lemas dan kekurangan cairan.

2. Sawi Hijau

Di sini sawi hijau yang dimaksud adalah sawi pakcoy. Kalau sawi untuk mie ayam kurang bagus diberikan sebagai makanan Kenari.

Sayuran sawi hijau untuk menambah stamina dan serat burung Kenari. Fungsinya tidak untuk menaikkan atau menurunkan birahi.

Baca juga: Cara Simpel Membuat Kenari Gacor dengan Selada dan Jagung

3. Mentimun

Semua sudah tahu, bahwa mentimun bisa untuk menurunkan birahi Kenari. Kandungan air di mentimun sangat banyak sehingga sangat cocok untuk pemberian di cuaca yang panas.

Oh iya, pemberian mentimun jangan terlalu banyak, nanti Kenari Anda bisa mencret. Pemberian timun saat kondisi Kenari sehat saja.

Pakan Burung Kenari dari Daun Dewa (genemil.com)
Pakan Burung Kenari dari Daun Dewa (genemil.com)

4. Gambas atau Oyong

Banyak yang belum tahu kalau Kenari bisa diberi gambas atau oyong. Di gambas banyak sekali vitaminnya. Selain menambah serat, oyong bisa menstabilkan birahi Kenari.

Pemberian gambas tidak boleh setiap hari tapi saat Kenari over birahi atau kurang birahi. Meski begitu, bisa kondisi tubuh Kenari normal berikan gambas 3 hari sekali.

Baca juga: 30 Tips Mudah Merawat Kenari Gacor Durasi Panjang

5. Daun Mengkudu

Ternyata daun mengkudu baik untuk Kenari. Nah, manfaat daun mengkudu untuk Kenari yang sedang sakit, serak, suara hilang, dan gangguan pernapasan.

Cara memberikan daun mengkudu seminggu paling banyak 3 kali. Berikan daun mengkudu bagian pucuknya secara langsung.

6. Kubis

Pemberian kubis juga bermanfaat untuk Kenari. Biasanya kubis untuk menurunkan birahi burung Kenari. Pilih kubis yang tidak mulus. Sebab, kubis yang mulus tanpa cacat justru mendapat bahan kimia terlalu banyak.

Loading...

Jadi, pilih kubis yang alami saja. Sayuran alami seperti itu, terkadang bentuknya kurang sempurna tapi baik untuk kesehatan burung Kenari.

Baca juga: 8 Makanan Kenari di Musim Hujan agar Tubuh Tetap Hangat

7. Selada

Kalau ada selada yang biasa untuk lalapan, berikan saja ke burung Kenari. Namun, jangan selada yang disajikan bersamaan dengan lalapan ya.

Maksud kami beli selada mentah di pasar, kemudian cuci bersih dan berikan ke burung Kenari. Selada yang dilalapan itu Anda makan saja.

Cara Ternak Burung Kenari dari Penjodohan sampai Menetas (flickr.com)
Cara Ternak Burung Kenari dari Penjodohan sampai Menetas (flickr.com)

8. Wortel

Apakah Kenari juga suka wortel? Tentu saja, justru wortel bisa membuat warna Kenari merah bertambah lebih merah.

Selain menyehatkan, wortel bisa juga membuat bulu Kenari tambah sehat. Ada yang bilang biar Kenari merah bulunya tambah merah, diberi wortel.

Baca juga: 9 Cara Membeli Kenari Wortel Merah yang Asli Agar Tak Tertipu

9. Cabai Merah

Perlu Anda ketahui, burung tidak bisa merasakan pedas. Jadi, kalau Anda memberikan cabe merah sekalipun, dia tidak akan merasa kepedasan. Justru burung suka karena kandungan vitamin di cabe sangat tinggi.

Memang cabe merah tidak terasa pedas tapi bisa membuat burung tambah sehat. Pemberian cabe merah, bisa dengan dibelah jadi dua lalu dibuang isinya.

10. Jagung Muda

Jagung bisa dikategorikan sebagai sayuran. Walau bentuknya bukan daun, tapi jagung sangat bagus untuk burung Kenari.

Tujuan pemberian jagung muda ini agar birahi Kenari naik. Ini cocok untuk mendongkrak performa Kenari saat akan turun ke lapangan atau mau lomba.

Baca juga: 7 Minuman Burung Kenari Gacor dari Ramuan Bergizi

Cara Pemberian Sayur untuk Kenari

Ternak Burung Kenari (themarthablog.com)
Ternak Burung Kenari (themarthablog.com)

Sayur mudah sekali layu dan busuk. Oleh karena itu, pemberian sayur harus dibatasi maksimal 6 jam harus diganti yang baru.

Kalau Anda membiarkan sayur busuk di dalam sangkar, nanti bisa menjadi bibit kuman penyakit. Bukannya burung tambah sehat, tapi dia justru sakit-sakitan.

Kemudian perhatikan beberapa jenis sayuran karena tidak bisa diberikan setiap hari pada burung Kenari. Lebih baik, berikan sayuran secara bergantian agar burung Kenari tidak bosan.

Kesimpulan

Demikian beberapa sayuran yang bagus untuk makanan burung Kenari. Burung Kenari suka sekali makan sayur. Anda juga bisa memberikan buah seperti apel merah karena penuh gizi.

Jadi, pada dasarnya makanan burung Kenari adalah milet. Kemudian pakan tambahan atau EF Kenari yaitu sayur-sayuran alami.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!