12 Makanan Burung Parkit yang Bagus dan Sehat

Burungnya.com – Burung Parkit harus diberi makanan pilihan terbaik supaya tetap sehat dan bugar. Ada makanan yang cuma bikin kenyang, tapi ada pula burung Parkit yang bisa menjadikannya sehat walafiat.

Bicara tentang pakan Parkit tentu kicau mania sudah mengetahui bahwa makanan burung ini didominasi oleh biji-bijian seperti milet putih, milet merah, jewawut, biji padi, dan lain sebagainya.

Apakah hanya biji-bijian saja makanan terbaik untuk Parkit? Tentu saja ada banyak sekali makanan terbaik, tapi yang paling bagus untuk harian adalah biji-bijian, ditambah buah dan sayur. Sekarang burung parkit jadi mirip manusia karena makan sayur dan buah.

Itu hanya penunjang agar burung tidak gampang sakit. Soalnya kalau cuma makan biji milet, pastinya nutrisinya tidak ada. Jadi makan milet harus didampingi dengan pakan tambahan terbaik agar Parkit tumbuh sehat.

Baca juga: 20 Makanan Burung Parkit Terbaik untuk Pemula

Makanan Burung Parkit yang Bagus (aminoapps.com)
Makanan Burung Parkit yang Bagus (aminoapps.com)

Makanan Burung Parkit

1. Jewawut

Sebagian dari Anda mungkin kurang familiar dengan makanan burung bernama jewawut. Pasalnya makanan ini biasanya dicampur jadi pakan racikan.

Jewawut biasa disebut otek atau lewawut oleh orang Jawa. Makanan Parkit ini mengandung protein, lemak, dan karbohidrat, tapi tidak cukup kalau sekadar untuk makanan utama burung Parkit.

2. Milet Putih

Nah, untuk milet putih sudah pasti burung Parkit sangat suka. Makanan ini paling disukai Parkit karena enak dan kaya protein. Anda bisa mendapatkan milet putih dengan merek tertentu atau milet putih kiloan.

Kalau milet putih kiloan rata-rata harganya lebih murah, sementara milet kemasa lebih mahal. Tapi ada harga ada kualitas. Milet kemasan bermerek sudah mendapatkan campuran dari bahan bergizi lainnya. Sedangkan milet kiloan tidak ada campuran sama sekali.

3. Milet Merah

Tidak berbeda jauh dengan milet putih, kalau milet merah rasanya mirip milet putih. Namun, burung-burung pemakan biji-bijian lebih suka milet putih. Alhasil banyak pecinta burung memberikan campuran milet putih dan merah agar lebih hemat.

Milet merah yang kiloan ada, tapi yang kemasan biasanya sedikit. Sebab, banyak burung lebih suka milet putih ketimbang milet merah.

4. Voer

Apakah parkit juga ada yang makan voer? Kalau di luar negeri ada juga yang memberikan voer khusus pada burung-burung mereka. Kandungan dalam voer tersebut sebenarnya sama saja seperti buah dan sayur. Bedanya hanya dari bentuk cetakan yang dibuat berbentuk voer agar mudah dikemas dan awet tahan lama.

Baca juga: 6 Jenis Pakan Utama Burung Parkit dan Pakan Tambahan

5. Tauge atau Kecambah

Burung parkit juga suka mengonsumsi tauga atau kecambah. Dia mirip seperti Lovebird jadi wajar kalau doyan melahap tauge. Pemberian kecambah pada parkit biasanya dilakukan saat burung lapar dan dalam keadaan segar.

Tauge yang sudah tua kurang disukai karena tidak segar lagi. Jadi lebih baik pilihkan tauge yang masih segar dan muda agar burung menyukainya.

Loading...

6. Jagung Muda

Burung paruh bengkok mana yang tidak suka dengan jagung muda. Hampir semua burung seperti Lovebird dan parkit menyukai jagung muda.

Pemberian jagung muda sebaiknya saat burung lemas atau mulai drop. Sebab, efek dari jagung muda bisa membuat burung over birahi. Sering kali jagung muda dimanfaatkan untuk menaikkan birahi burung Parkit yang mau kawin.

7. Kangkung

Untuk menurunkan birahi burung parkit, Anda dapat memberikan batang kangkung satu helai saja. Daunnya bisa juga untuk meredam birahi, tapi lebih bagus bagian batangnya.

Anda bisa memberikan kangkung sebagai selingan, saat burung parkit sudah mulai naik birahinya. Jangan terlalu banyak memberikan kangkung karena birahi burung bisa turun drastis. Selain kangkung, Anda juga bisa memberikan mentimun untuk menurunkan birahi burung.

8. Grit

Biasanya pemberian grit untuk membantu pencernaan dan penambah asupan mineral serta kalsium. Misalnya, burung sedang dalam tahap perkembangbiakan, maka Anda harus memberikan grit agar telur lebih kuat.

Grit bisa berupa pecahan batu bata merah, batu kali, kerikil, cangkang bekicot, cangkang kulit kerang, hingga tulang sotong.

Baca juga: 4 Racikan Makanan Burung Parkit Bergizi untuk Penangkaran

9. Buah

Walau termasuk burung kicau, burung parkit tidak suka buah pisang. Buah yang paling disukai burung parkit adalah apel. Anda bisa memberikan apel tapi jangan sekalian dengan bijinya. Sebab, biji buah apel beracun.

10. Sayur

Banyak jenis sayur yang bagus untuk burung parkit, seperti daun kemangi, brokoli, selada, sawi, bayam, dan lain-lain.

Pemberian sayur dan buah ini harus dilakukan sejak masih anakan. Nanti kalau burung sudah dewasa dan belum pernah makan buah sayur, biasanya mereka tidak menyukainya.

11. Vitamin

Untuk vitamin burung parkit, kami sarankan beli yang merek terkenal saja. Pasalnya, kita tidak tahu apakah semua vitamin bagus untuk burung parkit. Kalau vitamin terkenal dan biasa diberikan ke parkit, tentunya sudah teruji aman dan menyehatkan.

Fungsi vitamin untuk menyehatkan tubuh burung di kala cuaca buruk. Kalau burung sedang sakit, penyembuhan akan lebih cepat. Sementara burung sehat, dia juga tetap bisa diberi vitamin, karena untuk berjaga-jaga siapa tahu ada penyakit berbahaya.

12. Pakan Kemasan

Sekarang sudah ada dan cukup banyak makanan parkit kemasan yang dijual di market place serta pasar burung. Anda tinggal membeli mau pakan yang seperti apa.

Pastikan pakan tersebut masih berbahan alami. Soalnya, pakan alami pasti tanpa efek samping. Berbeda dengan pakan kemasan yang bahan kimianya tinggi, burung bisa gacor tapi tidak tahan lama dan akhirnya justru sakit.

Biasanya pakan kemasan parkit bisa juga diberikan ke burung Lovebird. Soalnya keduanya burung paruh bengkok dan masih satu keluarga besar.

Baca juga: 35 Jenis Parkit Warna Langka, Populer, dan Paling Dicari

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung parkit terbaik dan sehat. Jika ada pakan yang bagus, kenapa harus memberikan pakan yang mahal. Artinya berikan pakan biasa seperti biji-bijian dan sayuran.

Pemberian makanan kemasan untuk selingan saja. Anda bisa lebih menghemat pengeluaran bila belinya yang biji kiloan. Tapi Anda harus beli pakan kiloan yang bersih atau meluangkan waktu untuk mencucinya dulu.

Perlu Anda ketahui, pakan kiloan biasanya langsung dari sawah tanpa diolah. Jadi biji-bijian cuma dipanen saja tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Anda harus membersihkannya sendiri dengan cara merendam dalam air kemudian menjemurnya sampai kering.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!