15 Makanan Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi dan Cepat Gacor

Burungnya.comMakanan burung Perkutut ternyata banyak sekali macamnya. Dari semua jenis pakan Perkutut, biasanya yang paling disukai ialah makanan dari biji-bijian. Oleh karena itu, Perkutut lebih sering diberi pakan berupa kacang hijau, ketan hitam, beras merah, gabah, milet, dan lain-lain.

Pakan biji-bijian Perkutut lebih sering dicampur jadi satu agar mendapatkan gizi yang kompleks. Selain itu, tujuan pencampuran pakan ini agar burung Perkutut tidak bosan dengan satu jenis makanan saja.

Baca juga: 16 Tips Memilih Perkutut Lomba yang Bagus dari Fisik dan Suara

Makanan utama Perkutut agar rajin bunyi (cepolina.com)
Makanan utama Perkutut agar rajin bunyi (cepolina.com)

Berikut beberapa jenis makanan burung Perkutut agar rajin bunyi dan cepat gacor:

Loading...

1. Milet

Pakan milet menjadi makanan utama Perkutut karena mampu menambah energi. Namun, kalau terlalu banyak diberi milet, maka Perkutut bisa mengalami obesitas atau kegemukan. Burung Perkutut lebih sering diberi milet putih dengan sedikit tambahan milet merah.

2. Jewawut atau Juwawut

Jenis makanan Perkutut lainnya, yakni jewawut atau juwawut. Makanan ini menyerupai milet tetapi warnanya orange dan sedikit lebih kasar. Jewawut bagus untuk indukan Perkutut yang sedang mengerami telur karena mengandung banyak sekali protein.

3. Ketan hitam

Biji-bijian ketan hitam termasuk makanan burung Perkutut, tapi burung ini kurang menyukainya. Oleh sebab itu, pemilik burung cuma memberikan ketan hitam saat musim penghujan karena manfaatnya dapat menghangatkan tubuh.

4. Kacang Hijau

Ukuran biji kacang hijau cukup besar, sehingga burung Perkutut kesulitan memakannya. Kacang hijau sering kali diberikan ke Perkutut dengan cara meloloh satu persatu. Sebelum diberikan, biasanya kacang hijau direbus dulu agar teksturnya lebih lunak dan tidak keras.

5. Beras Merah

Perkutut yang kurang birahi saat proses kawin, lebih baik diberi beras merah. Soalnya, beras merah mampu menambah tingkat birahi Perkutut. Beras merah sendiri mengandung vitamin E yang cukup tinggi dan kandungan vitamin B kompleks.

6. Gabah

Pakan selingan Perkutut bisa berupa gabah. Jenis pakan ini sangat mudah didapat karena berasal dari tanaman padi. Perkutut yang mengonsumsi gabah tidak akan mudah gemuk karena kandungan seratnya tinggi.

7. Sorgum

Mungkin Anda kurang familiar dengan jenis pakan sorgum. Makanan ini mampu menambah tenaga burung Perkutut. Namun, jangan diberikan terlalu banyak karena berpotensi membuat Perkutut gemuk dan merusak suara Perkutut.

8. Enceng-enceng

Tanaman enceng-enceng mempunyai nama lain, kartok dan orok-orok. Untuk makanan Perkutut, biasanya yang diambil cuma bijinya saja. Manfaat enceng-enceng untuk Perkutut, di antaranya dapat melancarkan pernapasan dan menghangatkan tubuh burung.

9. Kencur

Ternyata kencur juga bermanfaat untuk burung Perkutut. Manfaat kencur bagi Perkutut yaitu melegakan tenggorokan, menjaga pita suara Perkutut, dan melancarkan pencernaan. Pemberian kencur bisa dipotong kecil-kecil kemudian dilolohkan setiap 3 hari sekali.

10. Minyak Ikan

Tidak hanya menyehatkan manusia, minyak ikan juga bisa dijadikan suplemen untuk burung Perkutut. Cara pemberiannya bisa secara langsung dengan cara diloloh setiap tiga hari sekali sebanyak 1 butir saja.

11. Godem

Bagi yang belum tahu, godem mempunyai bentuk yang mirip dengan jewawut. Permukaan kulit godem berwarna hitam mengilat dan cukup halus. Manfaat godem untuk membuat Perkutut rajin bunyi dan penghangat tubuh. Namun, jangan diberikan terlalu banyak agar tidak merusak suara Perkutut.

12. Canary seed

Nama lain Canary seed adalah biji Kenari. Makanan canary seed mengandung protein, lemak, dan hidrat arang yang mampu menyegarkan tubuh, menambah stamina, dan mengatasi suara Perkutut serak.

13. Biji sawi

Untuk menghangatkan tubuh Perkutut di musim hujan, Anda bisa memberikan biji sawi. Kandungan biji sawi cukup beragam, di antaranya karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalsium, dan lain-lain.

14. Tulang sotong

Pakan tambahan Perkutut adalah tulang sotong atau asinan. Makanan ini mengandung kalsium tinggi, sodium klorida, garam magnesium, kalsium karbonat, dan kalsium fosfat. Cara pemberian tulang sotong cukup digantung di dinding sangkar.

15. Makanan pabrikan

Kalau tidak mau repot, Anda bisa memberikan makanan pabrikan yang sudah jadi kepada burung Perkutut. Ada berbagai jenis makanan pabrikan burung Perkutut, seperti berikut:

  • Fancy Bird Food
  • Sae Kong
  • Gold Coin Perkutut Royal
  • Fancy Love & Care Perkutut
  • Platonic Pakan Perkutut
  • Alam Sakti Perkutut Plus
  • Madura Koung

Itu tadi beberapa makanan burung Perkutut yang mampu menjadikan Perkutut rajin bunyi dan cepat gacor. Anda bisa memberikan makanan harian Perkutut berupa milet dan biji-bijian lainnya.

Untuk makanan tambahan Perkutut bisa diberikan secara berkala saja. Soalnya, makanan ini sering kali difungsikan untuk menghangatkan tubuh dan menjaga kesehatan Perkutut agar tetap fit.

Baca juga: 15 Ciri-ciri Perkutut Bertuah yang Baik Dipelihara

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan disimpan sendiri, tapi bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • beberapa makanan perkutut agar rajin bunyi
  • makanan stamina buat perkutut rajin bunyi
  • Pemilik perkutut bertanduk keris
  • Perkutut diberi canary seed

Berikan komentar