11 Makanan Manusia yang Boleh Dimakan Kucing

Burungnya.com – Walau kucing sudah mempunyai makanan sendiri, terkadang dia suka meminta makanan lagi. Makanan yang diminta bukan makanan kucing melainkan makanan manusia.

Sementara, makanan yang dimakan manusia tidak semuanya aman untuk kucing. Jadi Anda harus berhati-hati dan mencari makanan kita yang diperbolehkan dikonsumsi kucing.

Ada beberapa makanan manusia yang boleh dimakan kucing. Makanan ini bisa dibilang aman dan tidak memberi efek negatif pada kucing.

Makanan Manusia untuk Kucing (webmd.com)
Makanan Manusia untuk Kucing (webmd.com)

Manusia Manusia yang Aman untuk Kucing

1. Brokoli

Agar aman untuk kucing, brokoli disajikan dengan cara dikukus dan didinginkan dulu. Brokoli tidak beracun jadi aman, asalkan diberikan untuk camilan saja.

2. Wortel

Sama seperti wortel juga harus dikukus agar bisa dimakan kucing. Jangan sampai memberikan wortel mentah karena cukup berbahaya. Pemberian wortel kukus kalau bisa dalam potongan kecil-kecil.

3. Labu

Ternyata labu merupakan sumber serat yang bagus untuk kucing. Labu bisa menyembuhkan sembeli dan mengatasi komplikasi akibat bola bulu. Berikan wortel asli tanpa bumbu dan rempah lainnya.

4. Bayam

Sayur bayam mengandung serat tinggi yang baik untuk kucing. Namun, jangan memberikan bayam pada kucing yang mengidap gangguan ginjal atau kandung kemih.

5. Apel

Meski buah apel menyehatkan bagi kucing, tapi bijinya tidak. Biji apel mengandung sianida dan beracun. Jadi, berikan apel tanpa kulit dan tanpa biji biar aman untuk kucing.

6. Pisang

Buah pisang mengandung serat tinggi sehingga sulit dicerna kucing. Berikan pisang sedikit saja karena kalau terlalu banyak kandungan potasium di dalamnya cukup berbahaya.

7. Semangka

Tarik sis semongko. Itu cuma lagu saja. Sejatinya buah semangka sangat bagus untuk camilan kucing. Kucing akan menyukai semangka yang tanpa biji. Manfaat semangka untuk kucing bisa untuk dia yang sulit hidrasi.

Loading...

Kandungan gula pada semangka sangat tinggi. Sebaiknya jangan diberikan pada kucing yang diabetes atau sensitif terhadap gula.

8. Jagung

Sebagian kucing suka memakan potongan kecil keripik jagung. Tidak masalah memberikan jagung pada kucing karena jagung sering dipakai untuk campuran makanan kucing.

9. Ikan

Ada beberapa jenis ikan yang baik untuk kucing di antaranya tuna, whitefish, salmon, trout, herring, dan makarel.

10. Daging

Untuk daging juga masih diperbolehkan, asalkan daging burung, ayam, kalkun, dan sapi.

11. Telur

Mungkin Anda mengira telur bagus untuk kucing, padahal masih aman. Telur dinyatakan aman untuk kucing selama diberikan dalam keadaan matang. Kalau memberikan telur mentah pada kucing takutnya mereka bisa terkena salmonella atau e-coli.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan manusia yang boleh dimakan kucing. Makanan ini masih aman untuk kucing selama diberikan dalam jumlah sedikit atau istilahnya camilan.

Kalau Anda memberikan makanan tadi dalam jumlah besar, takutnya akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Niatnya memberikan variasi makanan agar kucing tidak bosan, tapi hasilnya malah sebaliknya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!