10 Manfaat Collar pada Kucing atau Corong di Leher Kucing

Burungnya.com – Pernah melihat corong yang berada di leher kucing? Bentuknya mirip seperti corong, tapi nama yang sebenarnya adalah collar. Biasanya penggunaan collar untuk pemulihan kesehatan kucing.

Awalnya mungkin Anda mengira bahwa corong di leher kucing ini cuma aksesoris saja. Padahal, collar di sini sangat bermanfaat untuk membantu kucing agar tidak terluka.

Baca juga:

Jadi, collar tujuannya untuk membatasi gerak kucing supaya tidak menjangkau area kepala atau leher. Selain itu, agar kucing tidak menjilati bagian tubuh yang lain.

Manfaat Collar Untuk Kucing

  1. Pemulihan kesehatan kucing setelah operasi.
  2. Melindungi luka.
  3. Persiapan show atau lomba kecantikan kucing.
  4. Menghalangi gerakan kucing.
  5. Agar kucing tidak menggaruk bagian leher dan kepala.
  6. Supaya kucing tidak menjilati bulu di tubuhnya.
  7. Pemulihan bulu yang bermasalah.
  8. Melindungi bekas jahitan luka.
  9. Menjaga agar bulu kucing tetap indah dan rapi.
  10. Membatasi penglihatan kucing.

Apa itu Collar Kucing?

Manfaat Collar atau Corong Kerucut di Leher Kucing
Manfaat Collar atau Corong Kerucut di Leher Kucing

Bagi yang belum tahu, collar adalah benda yang bertujuan untuk membatasi gerak kucing terutama di area leher dan kepala. Bentuk collar mirip dengan corong, tudung, kerah, cone, dan lain-lain.

Sebuatannya di dunia kucing juga bermacam-macam, seperti corong leher kucing, tudung kerucut kucing, cone kucing, kerah kucing, dan lain sebagainya.

Nama asli collar adalah Elizabethan collar atau e collar. Bentuk collar mirip dengan kerah baju berenda ruffs yang populer di masa Elizabethan di tahun 1558 – 1603.

Cara Menggunakan Collar Kucing

Collar Cone Plastik Kucing
Collar Cone Plastik Kucing

Untuk memakaikan collar kucing, Anda tinggal melingkarkan collar di leher kucing. Kemudian ujungnya dikaitkan di ujung yang lain.

Lalu gerakkan collar ke kanan dan ke kiri untuk memastikan bahwa collar sudah terpasang sempurna. Collar jangan sampai terpasang terlalu ketat, takutnya nanti menyakiti leher kucing.

Setelah dipasang collar, sebaiknya kucing dimasukkan dalam kandang. Sebab, ruang gerak kucing menjadi terbatas. Jarak pandang kucing juga terbatas.

Jenis Collar Kucing

  • Collar Plastik
  • Collar Kain
  • Collar Tiup atau Inflatable Collar

Kesimpulan

Collar Bantal Leher Kucing
Collar Bantal Leher Kucing

Itu tadi beberapa manfaat collar kucing. Jadi collar bukan untuk aksesoris ya, melainkan untuk membantu kucing selama pemulihan dari penyakit tertentu.

Biasanya collar dipakaikan pada kucing saat kucing baru selesai operasi dan mendapatkan jahitan.

Bahaya kalau bekas luka jahitan dijilati kucing, nanti lukanya tidak akan mengering. Justru lukanya bertambah parah karena lidah kucing lumayan kasar, sehingga lukanya terbuka kembali.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • apakah collar kucing dapat membantu pemulihan leher patah
  • collar kucibg dapat membantu leher kucing yabg patah

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.