8 Penyebab Bulu Lovebird Kusam atau Rusak dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Bulu Lovebird Kusam atau Rusak dan Cara Mengatasinya

Burungnya.comLovebird identik dengan burung yang memiliki bulu indah dan warna-warni. Tak heran banyak kicau mania yang terpesona karena bulunya tersebut. Namun, terkadang bulu Lovebird kusam dan rusak sehingga membuat kicau mania merasa resah.

Penyebab bulu Lovebird kusam sebenarnya tidak terlepas dari perawatan burung itu sendiri. Sebab, apabila perawatannya bagus, tentu bulu Lovebird akan terlihat indah dan cantik. Sebaliknya, jika perawatan Lovebird biasa-biasa saja, seperti cuma diberi makan minum setiap hari, tentu bulunya lama-kelamaan akan menjadi rusak dan kusam.

Bulu Sayap Lovebird Kusam (trainedparrot.com)
Bulu Sayap Lovebird Kusam (trainedparrot.com)

Pertanyaannya sekarang apa yang menyebabkan bulu Lovebird kusam? Bulu burung yang kusam, kusut, memudar, kotor, dan rusak, pasti penyebabnya karena sangkar yang jarang dibersihkan.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Sangkar Burung Kotor, Bau, Berkarat, dan Jamuran

Ini salah satu faktor utama penyebab bulu Lovebird kusam. Sementara sisanya bisa karena penyakit, makanan yang kurang bergizi, gangguan dari hewan-hewan kecil, dan faktor keturunan.

Penyebab Bulu Lovebird Kusam dan Rusak

Bulu Lovebird Rusak dan Berdarah (tailfeathersnetwork.com)
Bulu Lovebird Rusak dan Berdarah (tailfeathersnetwork.com)

Bulu burung Lovebird merupakan bagian tubuh terluar. Sehingga segala sesuatu yang berhubungan dengan bulu, sebagian besar berasal dari faktor eksternal, seperti keadaan sangkar, kutu atau tungau, proses penjemuran, dan gangguan hewan lain.

Namun, ada juga kerusakan bulu Lovebird yang disebabkan oleh faktor lain, semisal proses mabung, salah memberikan pakan, gangguan dari dalam tubuh, hingga keturunan dari indukan.

1. Lingkungan Sangkar Kotor

Nah, yang paling sering membuat bulu Lovebird kusam dan rusak adalah faktor lingkungan sangkar yang kotor. Sebagai gambaran saja, semisal Anda adalah seorang pekerja kantoran yang terbiasa berangkat pagi dan pulang petang.

Anda tidak sempat membersihkan sangkar burung setiap hari dan hanya melakukan pembersihan seminggu sekali di akhir pekan. Hal ini tentunya membuat sangkar Lovebird menjadi kotor dan menjadi pusat bibit penyakit. Belum lagi, kalau sangkar jamuran karena kehujanan dan kepanasan, pasti akan membuat sangkar tambah kotor.

Cara mengatasinya cukup mudah, sempatkan membersihkan sangkar setiap pulang kerja. Jadi, kalau Anda pulang dari kantor malam hari, maka segera bersihkan kotoran burung Lovebird sekalian tempat pakan dan minumnya.

2. Gangguan Kutu atau Tungau

Kalau sangkar sudah bersih, tapi bulu Lovebird masih rusak dan kusut, biasanya ini karena kutu atau tungau. Permasalahan ini muncul karena penyebaran kutu dan tungau dari burung lain yang sudah terjangkit penyakit duluan.

Oleh karena itu, cara mengatasinya jangan dekatkan burung Anda ke burung yang terkena kutu atau tungau. Lebih baik, burung tersebut dikarantina dulu agar kutunya tidak berpindah ke bulu burung lain.

Loading...

Baca juga: Unik, Begini Cara Menghilangkan Kutu pada Burung Kenari Pakai Sabun Cuci Piring

3. Proses Penjemuran yang Kurang Tepat

Apa penjemuran bisa membuat bulu Lovebird rusak? Sebenarnya tidak benar-benar rusak, tapi bulunya hanya terlihat kusut saja. Ini disebabkan karena Anda menjemur burung dalam keadaan bulu Lovebird basah kuyup.

Saran dari kami, setelah Lovebird dimandikan, tunggu dulu sampai bulunya mengering. Setelah itu, baru Lovebird dijemur. Penjemuran jangan dilakukan siang hari karena akan merusak bulu-bulu Lovebird.

4. Hewan Pengganggu Lainnya

Tidak hanya kutu dan tungau, bulu Lovebird juga bisa rusak karena stres diganggu hewan lain, misalnya kucing. Hewan ini banyak dijumpai di rumah-rumah dan sebagian ada yang gemar memakan burung di dalam sangkar, terutama kucing kampung.

Nah, kucing seperti ini bisa saja mengganggu Lovebird sampai dia kelabakan dan menabrakkan diri ke dinding sangkar. Otomatis Lovebird jadi stres dan bulunya rusak.

Cara mengatasinya, selalu jaga burung Lovebird Anda dari gangguan hewan lain. Saat mandi atau menjemur, jaga terus Lovebird atau tempatkan di tempat yang tinggi sehingga tidak terjangkau kucing.

Baca juga: Cara Melindungi Burung dari Bahaya Tikus, Ular, Semut, Nyamuk, dan Kucing

5. Proses Mabung Belum Selesai

Setiap burung menjalani proses mabung 1-2 kali dalam setahun. Proses ini membuat bulu burung Lovebird berjatuhan karena akan berganti dengan bulu yang baru. Saat-saat seperti ini burung harus diistirahatkan dan dirawat dengan baik.

Kalau dibiarkan saja, proses mabung Lovebird akan lama sekali dan bulu Lovebird tidak kunjung berganti dengan yang baru. Oleh karenanya, berikan multivitamin atau obat untuk mempercepat proses mabung Lovebird.

6. Makanan Lovebird Kurang Bergizi

Asupan makanan Lovebird harus benar-benar bergizi untuk proses pertumbuhan dan menjaganya agar tidak mudah terkena penyakit. Nah, agar bulu Lovebird tidak mudah rusak, setidaknya Lovebird harus menerima makanan dengan kandungan vitamin E dan B komplek.

Apabila makanan milet kurang mencukupi kandungan gizinya, Anda bisa membeli vitamin dan suplemen di kios burung terdekat.

7. Gangguan dari dalam Tubuh Lovebird

Lovebird memiliki kelenjar lemak yang berfungsi untuk menyalurkan lemak ke bulu Lovebird. Tujuannya agar bulu-bulu Lovebird terlihat indah dan mengilap saat terkena sinar matahari.

Apabila kelenjar lemak ini tidak bekerja optimal, maka bulu Lovebird akan terlihat kusam dan warnanya memudar. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyemprotkan obat burung khusus bulu agar warna bulu Lovebird cantik kembali.

8. Faktor Keturunan dari Indukan

Bulu Lovebird kusam ternyata bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Ya, keturunan ini biasanya berasal dari indukan Lovebird klep yang disilangkan dengan Lovebird non klep. Hasil anakannya akan menjadi Lovebird Barong.

Tahukah Anda, Lovebird Barong merupakan produk gagal yang warna bulunya terlihat kusam dan rusak. Lovebird Barong ini juga dikatakan mandul karena kalau bertelur biasanya tidak ada isinya.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengawinkan Lovebird dengan jenis yang sama. Misal, Lovebird klep dengan Lovebird klep dan Lovebird non klep dengan Lovebird non klep.

Demikian beberapa ulasan tentang penyebab bulu Lovebird kusam dan rusak. Apabila Anda pecinta Lovebird warna, tentu kecantikan bulu Lovebird menjadi faktor penting. Sebab, kontes kecantikan Lovebird warna selalu mengutamakan keindahan warna bulu, keserasian warna bulu, dan postur tubuh burung Lovebird.

Semoga dengan memahami penyebab bulu Lovebird rusak, Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi agar bulu Lovebird Anda tidak kusam dan rusak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara mengatasi bulu lovebird rusak
  • cara mengatasi bulu lovebird tidak rapi
  • penyebab bulu lovbird pada grepes
  • cara agar bulu lovebird bagus
  • Bulu lovebird
  • cara mencerahkan warna bulu lovebird
  • bulu lovebird kusam
  • cara merapihkan bulu lovebird
  • cara memulihakan bulu burung love birt
  • cara merawat bulu burung lb yg kusam jd indah

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!