20 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Mbagong Sampai Sembuh

20 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Mbagong Sampai Sembuh

Burungnya.com – Sebutan Kacer mbagong sudah tidak asing di telinga kicau mania. Sebab Kacer mbagong jadi masalah umum yang sering dialami. Bagi yang belum tahu istilah mbagong, yaitu perilaku unik burung Kacer yang mengembungkan tubuhnya mirip kuda laut.

Oh iya, sebenarnya mbagong adalah sifat alami burung Kacer. Namun, setiap daerah mempunyai sebutan yang berbeda-beda. Ada yang menyebut mbagong dengan istilah mbalon, mbedesi, atau lain-lain.

Perilaku mbagong sendiri bukan termasuk penyakit, jadi Anda tidak perlu khawatir. Dengan perawatan dan terapi, Kacer mbagong dapat disembuhkan.

Baca juga: 16 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Ngedrop saat Lomba

Meski begitu, kalau Kacer mbagong di lapangan lomba, Anda perlu waspada. Pasalnya, perilaku Kacer mbagong dapat mempengaruhi penilaian juri dan mengurangi nilai poin saat lomba.

Juri yang melihat Kacer mbagong biasanya langsung mengibarkan bendera hitam, tanda Kacer tersebut didiskualifikasi dari lomba. Kalau sudah begini, Anda harus segera mengatasi Kacer mbagong agar tidak menjadi masalah berkepanjangan.

Ciri-ciri Kacer Mbagong

Ciri-ciri Kacer Mbagong (steemit.com)
Ciri-ciri Kacer Mbagong (steemit.com)

Seperti yang kami sebutkan di atas, bahwa Kacer mbagong mirip sekali dengan kuda laut yang mengembungkan tubuhnya. Berikut ciri-cirinya:

  • Bulu Kacer mengembung seperti balon, jadi kelihatan gemuk.
  • Bentuk tubuh Kacer jadi mirip hewan kuda laut.
  • Kalau sudah mbagong, Kacer sering loncat-loncat kecil.
  • Suara Kacer mbagong menjadi aneh.

Penyebab Kacer Mbagong

Penyebab Kacer Mbagong (youtube.com)
Penyebab Kacer Mbagong (youtube.com)

Mengapa Kacer bisa mbagong? Banyak faktor yang menjadikan Kacer mbagong. Berikut beberapa penyebab Kacer mbagong di lomba atau di rumah:

1. Pemberian Extra Fooding (EF) Berlebihan

Bagaimana cara mengetahui Kacer mbagong akibat pemberian extra fooding yang berlebihan. Ternyata acuannya terletak pada porsi pemberian jangkrik.

Jika Kacer Anda mbagong karena diberi jangkrik masing-masing 3 ekor pada pagi hari dan sore hari, maka turunkan porsinya menjadi masing-masing 2 ekor.

Setelah lima hari, coba porsi jangkrik ditambah menjadi masing-masing 4 ekor. Kemudian, hari ke-10, porsi jangkrik ditambah lagi menjadi masing-masing 5 ekor.

Setelah 2 minggu terapi extra fooding jangkrik, Kacer bisa dicoba ke lapangan. Kalau Anda tak sempat melombakan burung Kacer, Anda dapat mencobanya dengan Kacer lain milik tetangga atau teman Anda.

Apabila perilaku burung Kacer selama ditrek tidak berubah atau masih mbagong, maka porsi jangkrik tetap dipertahankan masing-masing 5 ekor, ditambah 2-3 ekor ulat bumbung.

Kenapa ditambah ulat bumbung? Soalnya, ulat bumbung dapat membantu mengatasi Kacer mbagong.

2. Kondisi Kacer Kurang Fit

Tahukah Anda, perilaku mbagong juga dapat terjadi karena kondisi Kacer kurang fit. Untuk memastikan hal tersebut, Anda dapat melihat kotoran burung Kacer.

Apabila Kacer mbagong disertai dengan mencret, kemungkinan besar penyebabnya karena kondisi kurang fit.

Kondisi mencret ini dapat disebabkan karena beberapa hal, di antaranya cacingan, Kacer stres, dan penyakit tertentu.

Jika Kacer mencret akibat cacingan, biasanya kotorannya terlihat ada gelembung-gelembung. Anda dapat mengobati Kacer mencret dengan obat AscariStop.

Kalau mencretnya karena stres, coba periksa lingkungan kandang Kacer sudah nyaman atau justru terlihat kotor kurang terawat.

Kacer juga bisa stres karena Anda pernah mengganti voer dengan merek lain. Burung Kacer sangat sensitif dengan perubahan pakan harian, termasuk pakan voer. Jadi, jangan coba-coba menggantinya secara langsung.

Baca juga: Cara Membuat Kacer Buka Ekor atau Ngobra dalam Waktu Singkat

3. Kacer Mbagong Setelah Ganti Sangkar dan Tangkringan

Jika ada model sangkar baru, biasanya kicau mania terpikat untuk mengganti sangkar. Hal ini menurut kita biasa saja, tapi bagi Kacer, merupakan petaka besar.

Begitu pula dengan tangkringan yang terkadang diganti-ganti tanpa memperhatikan bahwa Kacer sebenarnya sudah merasa nyaman dengan tangkringan tersebut.

Oleh karena itu, bila Kacer mbagong karena ganti sangkar atau tangkringan, maka solusinya kembalikan ke sangkar dan tangkringan semula.

4. Burung Kacer Jarang Mandi

Memandikan Kacer seharusnya menjadi rutinitas setiap hari agar tubuh Kacer bersih dan sehat. Namun, terkadang pemilik burung tidak mempunyai waktu sehingga Kacer jarang dimandikan.

Hal ini dapat mengakibatkan Kacer mudah mbagong. Selain itu, Kacer jadi sering mengembangkan bulu–bulunya dan kepala ditekuk ke belakang seperti kepala kuda laut.

Seharusnya Kacer dimandikan sesuai dengan keinginannya. Misal, burung Kacer lebih senang dimandikan pagi hari, maka jangan pernah memandikan Kacer pada siang atau sore hari.

Untuk mengetahui waktu mandi yang disukai Kacer tertentu, Anda dapat memasukkannya ke dalam keramba mandi pada pagi hari. Jika burung mau mandi, berarti dia lebih senang mandi di pagi hari daripada waktu yang lain.

Burung Kacer yang sudah mau mandi pagi, dapat dimasukkan kembali ke keramba mandi pada siang dan sore hari. Tujuannya untuk mengetahui apakah Kacer juga suka mandi pada waktu siang dan sore hari.

5. Kacer Belum Siap Lomba

Penyebab lain Kacer mbagong mungkin saja karena dia belum siap lomba. Jadi, tubuh dan kicauannya masih belum fighter, tapi pemilik sudah terburu-buru mengajak Kacer lomba, sehingga Kacer mengembungkan sayapnya.

Kalau sudah seperti ini dalam beberapa bulan ke depan, sebaiknya Kacer mendapatkan perawatan intensif. Perawatan ini tujuannya untuk mengatasi Kacer mbagong dan mengembalikan mentalnya.

6. Burung Kacer dapat Lawan Tangguh

Tak hanya belum siap lomba, Kacer mbagong juga dapat terjadi karena bertemu dengan lawan yang lebih tangguh, usianya lebih tua, atau suara tembakannya lebih keras, sehingga membuat mentalnya drop dan akhirnya mbagong.

7. Menaikkan Birahi Kacer secara Paksa

Sebaiknya birahi Kacer jangan dinaikturunkan terlalu cepat, apalagi dipaksa. Sebab, memaksa menaikkan birahi Kacer dapat memicu Kacer mbalon atau mbagong.

Hal ini karena Kacer yang belum waktunya untuk birahi tapi dipaksa harus birahi, maka akan membuatnya over birahi, kemudian jadi mbagong.

Baca juga: Penyebab dan 10 Cara Mengatasi Burung Kacer Mencabuti Bulu

Loading...

8. Perawatan Kacer Tidak Konsisten

Biasanya burung yang dirawat tidak konsisten maka burung tersebut akan mengalami berbagai macam masalah, termasuk mbagong.

Perawatan Kacer juga demikian, seperti waktu memandikan, penjemuran, kalau tidak dilakukan secara konsisten, maka dapat memicu masalah baru.

Ini akan berdampak buruk pada Kacer. Apalagi kalau musimnya sedang buruk, pasti kondisi Kacer akan semakin drop.

9. Mental Kacer Lemah

Jangan pernah memaksakan Kacer bertanding. Sebab, jika mental Kacer masih lemah, maka Kacer bisa mbagong. Kacer seperti ini mayoritas usianya muda karena belum berpengalaman melawan Kacer lain di lapangan.

10. Kacer sedang Sakit

Kacer yang sakit juga bisa berdampak pada munculnya perilaku mbagong. Oleh karena itu, perhatikan dulu kondisi kesehatan Kacer sebelum ikut lomba. Hal ini untuk meminimalir Kacer mbagong saat lomba.

11. Burung Kacer Tidak Nyaman

Kondisi lingkungan di sekitar sangkar Kacer juga perlu diperhatikan. Apabila lingkungannya terlalu bising, maka pindahkan ke tempat yang tenang. Jika lingkungan sekitar kumuh, maka bersihkan agar Kacer tidak terganggu.

12. Kacer Salah dalam Proses Memandikan

Burung Kacer mempunyai hobi mandi yang bermacam-macam. Ada Kacer yang suka mandi dengan cara disemprot halus, tapi ada juga suka mandi di bawah pancuran air deras. Sebagian lagi, Kacer suka mandi sendiri di dalam bak keramba.

Oleh sebab itu, ketahui dulu kesukaan mandi Kacer. Jika Kacer suka mandi dengan cara disemprot, maka jangan memberikan keramba. Hal ini akan mengganggunya dan membuatnya merasa tidak nyaman.

Baca juga: 42 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi Biar Gacor Lagi

13. Burung Kacer Stres

Penyebab Kacer stres beraneka ragam, di antaranya sering gonta-ganti pakan, sangkar jatuh, gangguan hewan lain, dan ganti sangkar baru, atau bahkan gara-gara ganti tangkringan.

Sebaiknya, jangan terlalu sering mengganti pola perawatan Kacer beserta peralatannya. Sebab, sebagian Kacer sulit beradaptasi dengan lingkungan baru.

Cara Mengatasi Kacer Mbagong

Perawatan Untuk Mengatasi Kacer Mbagong (prernasphotographs.com)
Perawatan Untuk Mengatasi Kacer Mbagong (prernasphotographs.com)

Setelah membahas penyebab Kacer mbagong, sekarang dilanjutkan pada pembahasan cara mengatasi Kacer mbagong.

1. Pengaturan Extra Fooding Kacer

Apabila Kacer sering mbagong saat lomba, Anda dapat mencoba mengatur ulang pemberian ekstra fooding (EF) Kacer, yaitu dengan cara mengurangi porsi kroto atau jangkrik.

Misal, pagi hari Kacer diberi 3-5 ekor jangkrik, dan sore hari cukup berikan 2 ekor saja. Sementara untuk pemberian kroto, yaitu mulai tiga hari sebelum dilombakan. Tujuannya pengaturan extra fooding ini agar birahi Kacer kembali stabil dan tidak mbagong lagi.

Baca juga: 40 Makanan Kacer Alami, Pabrikan, dan Racikan Agar Cepat Gacor

2. Perawatan Kacer secara Konsisten

Perlu Anda ketahui, perawatan Kacer harus konsisten agar Kacer tidak mbagong. Perawatan tersebut bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sangkar, mencuci tempat makan dan minumnya setiap hari, Kacer dimandikan, penjemuran, melakukan pemasteran.

3. Terapi Mandi Malam untuk Kacer

Mandi malam mungkin tidak baik untuk kesehatan. Namun, untuk burung Kacer, terapi mandi malam dapat membantunya mengatasi perilaku mbagong.

Meski begitu, terapi mandi malam juga harus memperhatikan cuaca sekitar. Jika cuacanya sedang dingin atau hujan, maka Kacer tidak perlu dimandikan, karena justru akan membuatnya sakit.

Setelah mandi malam, Kacer dimaster dengan cara memutarkan suara burung sejenis dari perangkat MP3 atau mendengarkan Kacer lain.

Sebaiknya suara masteran MP3 Kacer dimulai dari yang pelan dulu, kemudian baru keras. Tujuannya untuk membiasakan burung Kacer dengan suara kencang burung lain di lomba, sehingga tidak mudah mbagong.

Selain itu, ini juga melatih agar Kacer tidak mudah terkejut saat mendengar suara burung lain yang lebih kencang.

4. Kacer Terapi Mandi Pasir

Untuk mandi pasir, biasanya yang sering terlihat melakukannya adalah ayam. Namun, tahukah Anda Kacer liar di alam juga sering mandi pasir untuk menghilang gatal-gatal di tubuhnya.

Terapi mandi pasir dalam istilah Jawa disebut “kipu”. Metode mandi pasir ini dipercaya mampu menghilangkan perilaku mbagong pada Kacer.

Cara melakukan terapi mandi pasir yakni Anda cukup menyediakan pasir yang halus dan letakkan di keramba yang biasa dipakai untuk mandi. Kalau tidak ada pasir, Anda bisa menggantinya dengan tanah yang halus atau debu.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Volume Suara Agar Kacer Gacor Ngeplong

5. Terapi Kandang Umbaran Untuk Kacer Mbagong

Kandang umbaran sangat membantu mengatasi Kacer mbagong dengan cepat. Caranya Anda cukup melepaskan Kacer ke dalam kandang umbaran selama seharian penuh, tapi jangan lupa sediakan makan dan minum agar Kacer tidak kelaparan.

Anda bisa mengulang-ulang terapi kandang umbaran ini setiap hari sampai kondisi Kacer kembali normal.

6. Terapi Kacer dengan Untulan

Jika birahi Kacer stabil, maka Kacer tidak akan mbagong. Oleh karena itu, Anda dapat memberikan untulan dalam satu kandang Kacer.

Hal ini dapat menyalurkan birahi Kacer jantan kepada betina, sehingga birahinya menjadi stabil. Kalau tidak ada Kacer betina, Anda bisa memasukkan burung kecil jenis lain sebagai pengganti untulan. Tujuannya untuk mengembalikan sifat fighter burung Kacer dan memperkuat mentalnya.

7. Terapi Kerodong Burung Kacer

Cara lain yang juga dipercaya mampu mengatasi Kacer mbagong yakni terapi kerodong atau karantina. Jadi, burung Kacer dijauhkan dari burung sejenis yang gacor menggunakan kerodong.

Namun, terapi kerodong karantina ini harus berlangsung lama sampai kondisi Kacer benar-benar stabil. Dalam proses terapi, Kacer harus tetap diberi pakan dan minum.

Lama terapi ini berlangsung selama dua minggu sampai satu bulan, tergantung kondisi burung Kacer. Setiap 1–2 minggu sekali, Kacer dimandikan dan diberi kroto sebanyak satu sendok teh serta jangkrik 3–5 ekor.

Baca juga: 18 Ciri Kacer Petarung Prospek Lomba dan Cara Melatihnya

Demikian penyebab dan cara mengatasi Kacer mbagong terlengkap menggunakan terapi serta perawatan. Semua cara di atas diyakini mampu menyembuhkan Kacer mbagong, mbalon, atau mbedesi.

Kami sengaja memberikan banyak alternatif cara penyembuhan Kacer mbagong agar Anda lebih mudah memahaminya. Semoga dalam waktu dekat, kondisi burung Kacer Anda sudah kembali seperti sedia kala.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • penyebab kacer mbagong
  • Penyebab kacer
  • apakah kacer mbagong bisa disembuhkan
  • penyebab kacer bagong
  • kacer mbagong
  • kenapa kacer ngembung dan ngibas bulu
  • kacer tidak dikasih extra fooding
  • Sebab kacer suka balon
  • kacer gembung
  • Kacer didekati ngebalon

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!