20 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Mencabuti Bulu

Burungnya.comLovebird termasuk jenis burung yang paling sering mencabuti bulunya sendiri. Mengapa bisa demikian? Ternyata penyebabnya bervariasi, ada yang disebabkan karena penyakit, kondisi fisik, lingkungan kotor, hingga mental burung tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi Lovebird mencabuti bulu?

Sebelum mengatasi Lovebird yang mencabuti bulunya sendiri atau feather picking, ada baiknya Anda harus mengetahui penyebabnya dulu. Tanpa mengetahui penyebabnya, penanganan masalah Lovebird mencabuti bulu ini tidak akan berjalan dengan baik. Bahkan malah ada kemungkinan, Anda salah dalam menanganinya.

Penyebab Lovebird Mencabuti Bulu

Lovebird mencabuti bulu sayap (chickenscratchesblog.wordpress.com)
Lovebird mencabuti bulu sayap (chickenscratchesblog.wordpress.com)

1. Kulit burung Lovebird mengalami iritasi

Burung Lovebird yang mengalami iritasi kulit akan terasa gatal. Oleh karena itu, Lovebird akan menggaruk kulitnya dengan paruh. Namun, mungkin karena terlalu keras sehingga bulunya berjatuhan dan terlihat seperti sedang mencabuti bulu.

2. Lovebird mengalami iritasi kulit karena asap rokok

Ternyata asap rokok tidak hanya buruk untuk pernapasan karena asap seperti ini bisa membuat kulit Lovebird mengalami iritasi. Kalau sudah iritasi, kulit Lovebird akan terasa gatal. Tak heran, bulu Lovebird sering dicabuti sendiri, mungkin karena terlalu gatal.

3. Lovebird alergi

Lovebird bisa terkena alergi gara-gara sangkar atau pakan terkena jamur. Nah, jamur ini bisa tumbuh atau muncul karena sangkar atau tempat pakan yang lembab akibat terkena hujan. Alhasil, burung akan mengalami reaksi alergi yang menjadikan kulitnya gatal-gatal.

4. Burung Lovebird keracunan logam

Bagi yang menggunakan sangkar dari bahan besi, sebaiknya berhati-hati. Jika besi tersebut ada yang sudah berkarat, maka bisa termakan oleh Lovebird dan menjadikannya keracunan. Akibatnya, burung akan mengalami gatal di tubuhnya dan membuat Lovebird mencabuti bulunya sendiri.

5. Lovebird terkena penyakit hormonal

Sudah pernah mendengar penyakit hormonal yang berkaitan dengan hipertiroid atau penyakit addison? Ya mungkin sebagian dari Anda belum pernah mendengarnya. Penyakit Lovebird ini dapat menyebabkan iritasi dan rasa gatal pada kulit Lovebird. Akibatnya dapat menyebabkan perilaku Lovebird mencabuti bulu.

6. Sangkar Lovebird terlalu sempit atau sesak

Lovebird tidak suka berada di sangkar yang terlalu kecil atau sesak karena banyak diisi Lovebird lain. Hal ini biasanya ditunjukkan dengan perilaku cemas dan gelisah. Lovebird terkadang menjadi stres dan menggigit bulunya.

7. Lovebird bosan

Perawatan Lovebird yang begitu-gitu saja membuat Lovebird menjadi bosan. Agar tidak bosan, Lovebird sering mengeksplor dirinya dengan cara mengigit kaki, mencabuti bulu, serta menggesek tangkringan. Namun, beberapa perilaku ini sering kali bukan disebabkan karena rasa bosan, melainkan masalah birahi atau terkena penyakit tertentu.

8. Burung Lovebird akan bertelur

Lovebird yang mau bertelur sering mencabuti bulunya sendiri. Biasanya ini dilakukan karena induk kekurangan bahan untuk membuat sarang. Namun, ada juga alasan lain yaitu Lovebird kekurangan mineral kalsium (Ca) dan fosfor (P).

9. Lovebird over birahi atau OB

Ada sebagian kasus Lovebird over birahi disebabkan karena hasrat nafsunya tidak tersalurkan, alias Lovebird ingin kawin. Ada pula penyebab lain karena makanan yang terlalu tinggi kandungan proteinnya. Nah, over birahi pada Lovebird membuatnya sering mencabuti bulu.

Loading...

10. Gizi Lovebird tidak seimbang atau kekurangan gizi

Lovebird yang kekurangan gizi atau gizinya kurang seimbang pasti perilakunya menjadi aneh, salah satunya cabut bulu. Sepertinya ada yang tidak beres dengan tubuhnya sehingga Lovebird mencabuti bulu agar merasa nyaman.

Solusi untuk mengatasi Lovebird yang mencabuti bulunya sendiri bisa dilakukan dengan cara-cara berikut.

Cara mengatasi Lovebird mencabuti bulu (birdsupplies.com)
Cara mengatasi Lovebird mencabuti bulu (birdsupplies.com)

Cara Mengatasi Lovebird Mencabuti Bulu

  1. Selalu jaga kebersihan tubuh Lovebird agar kulitnya tidak iritasi.
  2. Tidak merokok di dekat burung Lovebird.
  3. Kalau Lovebird alergi bisa diatasi dengan shampoo khusus burung. Shampo ini bisa untuk menghilangkan jamur, kutu, dan parasit.
  4. Agar Lovebird tidak keracunan benda logam dari sangkar karatan, maka cat sangkar secara berkala dan usahakan sangkar tidak terkena hujan.
  5. Gangguan hormon pada Lovebird bisa disembuhkan dengan memberikan vitamin Lovebird. Tujuannya agar Lovebird tidak mudah terserang penyakit termasuk penyakit hormonal.
  6. Lovebird koloni dimasukkan ke kandang koloni. Sementara Lovebird single fighter dimasukkan ke sangkar tunggal. Sehingga Lovebird tetap merasa nyaman dan tidak sesak.
  7. Jika Lovebird merasa bosan, maka berikan mainan Lovebird ke dalam sangkar seperti ayunan, bak mandi kecil, dan lain-lain.
  8. Asupan gizi dan mineral saat burung Lovebird sedang bertelur harus ditingkatkan. Pakan Lovebird harus bergizi dan jangan lupa diberi tambahan suplemen Lovebird.
  9. Lovebird harus diatur tingkat birahinya agar tetap stabil. Oleh karena itu, pemilihan jenis pakan dan untulan harus diperhatikan.
  10. Lovebird yang kekurangan gizi cukup ditambah saja asupan gizinya. Berikan racikan pakan Lovebird, vitamin, hingga suplemen.

Nah, itu tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi Lovebird mencabuti bulu. Masalah seperti ini sering kali terjadi karena perawatan Lovebird kurang diperhatikan. Makanya, perawatan Lovebird seperti mandi dan jemur itu penting.

Mandi untuk membersihkan tubuh Lovebird dan memberikan kesegaran, sementara jemur untuk menjaga tubuh Lovebird tetap hangat dan mendapat vitamin D. Dua perawatan ini walau terlihat sepele tapi cukup berpengaruh pada masalah burung yang mencabuti bulu.

Lovebird mencabuti bulu setelah mandi

Ada juga masalah yang cukup aneh, yaitu Lovebird mencabuti bulu setelah mandi. Ini terbilang aneh karena setelah mandi seharusnya Lovebird tambah sehat karena tubuhnya bersih. Namun, kenapa Lovebird ini malah mencabuti bulunya sendiri?

Kemungkinan masalah ini karena cara pemandian Lovebird yang kurang benar. Lovebird dimandikan dengan cara disemprot pakai sprayer yang kuat. Sehingga bulu Lovebird seperti tertusuk-tusuk jarum. Lovebird menjadi kesakitan dan merasa kurang nyaman dengan kulitnya. Nah, untuk menghilangkan rasa sakit tersebut, Lovebird mencabuti bulunya sendiri.

Kalau memandikan Lovebird sebaiknya dipegang saja, kemudian diusap lembut dengan air. Jika ingin memakai sprayer, pilih yang semprotan lembut agar burung Lovebird tidak kesakitan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • obat ci suaranya serak karena makan binatang asing
  • solusi lovebird cabut bulu

Berikan komentar