Temukan Burung Langka Warna Orange, Semua Tertawa Setelah Tahu Faktanya

Temukan Burung Langka Warna Orange, Semua Tertawa Setelah Tahu Faktanya

Burungnya.com – Belum lama ini ditemukan burung langka yang warnanya orange. Burung ini mempunyai warna bulu yang jarang ditemukan pada jenis burung lain. Seorang pejalan kaki yang melihat burung tersebut langsung menyerahkannya kepada dokter hewan di rumah sakit.

Identitas Burung Langka Orange Terungkap

Tak disangka, setelah dokter hewan memeriksa burung langka tersebut, ternyata dia cuma seekor burung Camar herring yang terendam dalam bumbu kari atau kunyit. Jadi, warna orange pada burung tersebut bukan karena langka, tetapi disebabkan oleh kuah kari atau kunyit.

Akibat terkena kuah kari, burung warna orange ini tidak bisa terbang, sehingga diselamatkan oleh salah satu pejalan kaki. Sayangnya, tidak diketahui penyebab burung Camar tadi bisa terkena kuah kunyit.

“Kami tak tahu bagaimana ia masuk ke dalam kari itu, terlepas dari warna kuning dan bau kunyit yang menyengat, dia sehat, ” tulis Tiggywinkls Wildlife Hospital di lama Facebook.

Burung Camar Dimandikan

Burung Warna Orange Dimandikan (facebook.com)
Burung Warna Orange Dimandikan (facebook.com)

Setelah mengetahui bahwa warna kuning tersebut hanyalah kuah kari, para dokter langsung memandikannya. Benar saja, saat dimandikan dengan sabun, warna kuning di bulunya perlahan-lahan mulai luntur.

Bulu warna orange pada burung camar mulai luntur (facebook.com)
Bulu warna orange pada burung camar mulai luntur (facebook.com)

Sekarang jadi kelihatan ternyata burung tersebut tidak langka. Dia hanya burung Camar biasa yang mungkin tidak sengaja terkena kuah kari atau kunyit. Selain itu, ada kemungkinan burung ini memang dikerjai atau sengaja diwarnai orange agar terlihat seperti burung langka.

Burung Camar Kembali Berwarna Putih Kelabu

Meski begitu, hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan karena sekarang burung Camar ini sudah kembali seperti sediakala. Warna bulu yang sebelumnya oranye sudah berubah menjadi putih dan abu-abu.

Loading...
Wujud asli burung camar warna orange (facebook.com)
Wujud asli burung camar warna orange (facebook.com)

Dalam waktu dekat, burung Camar ini akan dilepaskan ke alam bebas. Namun, burung sedang menunggu pelepasan sambil memastikan bahwa tubuhnya tidak terluka atau ada penyakit di tubuhnya.

Baca juga:

Demikian kisah lucu burung warna orange yang dikira burung langka ternyata hanya burung Camar herring. Semua dokter hewan di rumah sakit tersebut tertawa setelah mengetahui fakta sebenarnya. Apa yang dilakukan pejalan kaki tadi sudah benar dan sukses membuat seisi rumah sakit ngakak.

Jadi jika menemukan burung langka, sebaiknya langsung diserahkan kepada ahlinya. Jangan menyimpan atau memelihara burung langka tanpa sertifikat dari BKSDA. Hal ini karena dapat membuat siapa saja terjerat hukum pidana.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!