Press "Enter" to skip to content

Perawatan Kenari Lomba Khusus Latihan Mental, Suara Kristal, dan Gacor Panjang

Burungnya.com – Perawatan Kenari sebelum lomba dan perawatan harian Kenari, tentunya tidak sama. Biasanya untuk perawatan Kenari lomba lebih dikhususkan pada latihan mental dan pemasteran agar Kenari memiliki suara kristal serta suara gacor panjang.

Ini memang sulit dilakukan, apalagi jika burung Kenari tidak mempunyai karakter seperti itu. Namun, jangan berkecil hati, sebab semua jenis burung Kenari, baik itu lokal atau impor sebenarnya bisa berkicau gacor, kristal, dan ngerol panjang.

Hanya saja, pelatihan dan perawatannya harus lebih intensif. Perawatan Kenari juara di lapangan atau saat lomba memang lebih berat dan panjang, terutama latihan mental Kenari.

Walaupun demikian, tujuan latihan mental ini sangat penting untuk meningkatkan performa Kenari di lomba. Apa saja manfaat latihan mental pada burung Kenari?

Baca juga: 10 Tips Perawatan Burung Kenari untuk Pemula yang Baru Pertama Kali Pelihara Burung

Manfaat latihan mental Kenari

  • Agar mental burung Kenari tidak mudah drop di tengah lomba.
  • Kenari selalu percaya diri saat mendengar suara Kenari lain.
  • Burung Kenari tidak malu ketika berhadapan dengan burung lain.
  • Lebih cepat berkicau saat burung Kenari bertemu dengan lawannya.
  • Burung Kenari berani tampil di mana saja, di rumah, di lomba, hingga di pinggir jalan yang ramai.

Baca juga: Manfaat Daun Krokot Untuk Kenari dan Lovebird Lengkap dengan Cara Pemberian

Perawatan mental burung Kenari

  1. Burung Kenari ditempel dengan Kenari lain yang sudah mapan atau memiliki mental bagus. Kalau burung Kenari ini masih muda, tentu dia mudah mengikuti karakter, gaya, dan suara dari burung Kenari yang sudah mapan.
  2. Mengajak burung Kenari ke tempat latberan atau arena lomba. Meski tidak ikut lomba, setidaknya dekatkan saja dengan lawan main di sana, biar burung Kenari terbiasa dalam arena pertempuran.
  3. Membiasakan burung Kenari dengan keramaian, terutama keramaian suara burung Kenari lainnya. Caranya, ajak teman yang memiliki burung Kenari untuk latihan bersama di teras rumah.
  4. Menggantung burung Kenari di tempat yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan supaya burung Kenari terbiasa dengan lokasi dan kondisi yang baru.
  5. Tambahkan beberapa tangkringan di dalam sangkarnya. Jika pada awalnya hanya ada 2 tangkringan, maka tambah 1 atau 2 lagi.
  6. Meningkatkan frekuensi mandi, misalnya sehari dua kali, pagi dan sore hari atau bisa juga sehari mandi tiga kali. Burung Kenari lebih baik mandi menggunakan bak mandi atau cepuk besar.
  7. Penjemuran burung Kenari cukup dilakukan selama 30 menit saja.
  8. Burung Kenari lebih sering diumbar, kalau bisa dalam waktu yang lama.
  9. Selalu memastikan kondisi burung Kenari dalam keadaan fit atau sehat. Burung yang sehat, tidak akan mudah terserang penyakit sehingga mentalnya menjadi lebih berani.

Perawatan burung Kenari agar suaranya kristal bening

Kenari mania sering menyebut suara Kenari bergema stereo dengan nama kristal bening atau ngristal. Walau sebenarnya suara kristal Kenari adalah bawaan atau karakter dari burung Kenari.

Namun, Anda bisa melatih burung Kenari agar memiliki suara kristal bening. Bagaimana caranya?

Dalam hal ini yang terpenting adalah proses pemasteran. Pada masa pemasteran burung Kenari, Anda harus menempatkan burung Kenari di dalam ruangan tertutup, sehingga ketika burung tadi berkicau, maka suaranya akan menggema.

Nah, suara menggema ini akan mempengaruhi warna suara burung Kenari. Burung Kenari mudah merekam suara masteran menggunakan otaknya. Jika latihan suara kristal dilakukan lebih sering, pastinya dalam waktu dekat Kenari Anda mampu mengeluarkan suara ngristal.

Baca juga: 5 Cara Cepat Membuat Kenari Gacor dalam Hitungan Hari

Perawatan Kenari agar suaranya gacor panjang

Untuk membuat Kenari bersuara gacor panjang, maka latihan yang dilakukan harus berkaitan dengan pernapasan. Sebaiknya, buat latihan agar pernapasan Kenari menjadi kuat dan panjang.

Latihannya bisa dilakukan dengan cara mengumbar burung Kenari di kandang umbaran pada saat proses penjemuran.

Proses pengumbaran burung dilakukan dalam waktu 1 jam. Setelah selesai, burung Kenari dimasukkan kembali ke dalam kandang harian dan dijemur seperti biasa.

Jadi, pengumbaran dan penjemuran burung Kenari tidak dilakukan bersamaan, tapi bergantian setelah mengumbar burung Kenari selama 1 jam kemudian dijemur kurang lebih 30 menit.

Cara membuat burung Kenari gacor panjang ini bisa dipraktikkan hingga burung benar-benar mempunyai lagu yang bervariasi dan suaranya lebih panjang dari sebelumnya.

Untuk pakannya, sebaiknya Kenari diberi pakan berprotein tinggi, seperti telur puyuh rebus, daun sawi hijau, selada, daun mengkudu, dan lain-lain.

Selain itu tambahkan tulang sotong untuk asupan kalsium dan menetralisir kandungan asam dari air minum burung Kenari.

Jangan lupa, sebelum masuk ke dalam rumah, pada saat sore hari burung Kenari dikerodong dengan tujuan agar staminanya tetap terjaga dan terhindar dari cuaca dingin yang ekstrem.

Baca juga: Unik, Begini Cara Menghilangkan Kutu pada Burung Kenari Pakai Sabun Cuci Piring

Demikian beberapa perawatan Kenari sebelum ikut lomba khusus pada latihan mental, suara kristal bening, hingga suara gacor panjang.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • agar suara kenari kristal
  • cara sederhana agar kenari terbiasa satu tangkringan
  • klorofil untuk burung kenari lomba
  • mental kenari drop
  • perawatan kenari lomba
  • perawatan kenari lomba agar ngerol panjang

Be First to Comment

Comment here