12 Alasan Kucing Tidur Terus dan Arti Posisi Tidur Kucing

Burungnya.com – Ternyata kucing tidur terus mempunyai arti tersendiri. Anda yang melihatnya mungkin sudah kesal karena kucing kerjaannya cuma tidur-tiduran saja. Namanya juga hewan peliharaan, dia memang tidak wajib bekerja dan menghidupi keluarga.

Kalau perut kucing sudah kenyang, ya mau ngapain lagi selain tidur. Apalagi jika Anda tidak pernah mengajaknya main, tentu kucing lebih memilih untuk tidur saja.

Rutinitas kucing yang hobi tidur biasanya cuma makan, buang kotoran, tidur, makan lagi, pup lagi, dan tidur lagi begitu aja terus sampai tak terasa tubuh jadi gendut atau obesitas.

Hati-hati bila kucing sudah mempunyai hobi tidur terus, nanti dia tidak suka main atau melakukan hal lain. Selain itu banyak penyakit yang menghantui kucing tersebut.

Kami sudah mencari info mengapa kucing tidur terus. Apakah karena kucing itu malas, kucing sedang tidak enak badan, atau cuma ingin rebahan saja.

Arti Posisi Tidur Kucing (litter-robot.com)
Arti Posisi Tidur Kucing (litter-robot.com)

Alasan Kucing Tidur Terus

Menurut penjelasan website Halodoc.com, kucing bisa tidur terus 15-20 jam sehari. Kucing sering malas-malasan dan tidur karena berbagai alasan.

1. Kucing Ingin Menghemat Energi

Salah satu alasan kucing tidur terus untuk menghemat energi sebelum berburu mencari makanan atau bermain. Kucing adalah hewan predator yang sejatinya mempunyai naluri mencari makan sendiri.

Namun, karena kucing rumahan sudah disediakan makanan. Dia tidak berburu lagi. Paling dia beraktivitas mengelilingi rumah mencari hal baru, menggaruk-garuk perabotan rumah, dan rebahan.

Sehingga selain menghemat energi, pada dasarnya kucing cuma ingin beristirahat. Namun, terkadang karena terbiasa seperti ini, dia jadi kebiasaan rebahan dan malas-malasan setelah makan.

Mungkin karena perut kekenyangan, sehingga dia jadi gampang ngantuk. Apalagi lantai rumah dingin ditambah udara yang sejuk. Tubuh kucing mendadak lemas dan akhirnya merebahkan diri sampai ketiduran.

Baca juga: 5 Bahaya Tidur dengan Kucing di Malam Hari

2. Faktor Cuaca Hujan

Saat hujan turun, cuaca dan udara menjadi dingin. Tubuh menjadi rileks dan akhirnya mata menjadi mengantuk. Suara gemericik air hujan menambah kenikmatan sehingga tubuh lebih tenang.

Kucing tidak kuat lagi menahan gejolak untuk tidur. Tak perlu menunggu waktu lama, biasanya kalau sudah turun hujan, kucing akan tertidur pulas. Dia baru bangun kalau air hujan mengenainya.

3. Sifat Krepuskular

Tahukah Anda apa itu Krepuskular? Artinya kucing aktif di waktu pagi dan sore saja. Kalau siang dan malam kucing akan tidur karena sudah masuk ke dalam alam bawah sadarnya bahwa siang dan malam harus tidur.

Pada dasarnya hewan lebih aktif di malam hari. Namun, karena kucing lama beraktivitas dengan manusia, akhirnya dia mengikuti dan beradaptasi dengan pemiliknya.

Saat pemilik kucing tidur, dia juga ikut tidur. Tak heran, mengapa kalau siang dan malam kucing tidur, karena dia tidak bersama dengan pemiliknya.

4. Kucing Sedang Sakit

Tubuh kucing mungkin sedang sakit, sehingga kucing tersebut memilih untuk tidur. Dengan tidur, kemungkinan rasa sakit tersebut bisa terlupakan dan hilang.

Banyak juga manusia yang melakukan hal tersebut. Kalau sakit kepala, mereka memilih untuk tidur daripada meminum obat. Sakitnya kucing mungkin berada di dalam tubuh, sehingga tidak kelihatan.

Kalau kucing gemar tidur, lebih baik diperiksakan ke dokter hewan, siapa tahu dia memang sakit. Kalau dia tidak sakit, berarti Anda harus bersyukur karena kucing dalam keadaan sehat.

Baca juga: 5 Obat Kucing Sakit Mencret, Muntah, dan Pilek

5. Kucing Hamil

Alasan kucing tidur lainnya karena dia sedang hamil. Kucing betina membutuhkan banyak tenaga untuk membawa bayi di dalam perutnya. Nah, karena lelah atau untuk menghemat energi, makanya kucing hamil akan tidur lebih lama.

Hal seperti ini wajar, apalagi bila usia kandungan kucing sudah cukup tua. Perut kucing semakin besar dan energi cepat terkuras. Salah satu cara beristirahat ya cuma tidur yang lama.

Arti Posisi Tidur Kucing

1. Kucing Tidur Terlentang

Kucing Tidur Terlentang (kingdomstv.com)
Kucing Tidur Terlentang (kingdomstv.com)

Kalau kucing sedang tidur terlentang berarti dia mempunyai hubungan baik dengan pemiliknya. Jadi, kaki depan menghadap ke atas sementara yang belakang di bawah.

Loading...

Posisi tidur kucing seperti ini jarang dilakukan kecuali kucing sudah merasa sangat aman dan nyaman di sana. Misalnya, kucing tersebut sangat disayang dan dicintai semua penghuni rumah, sehingga walau dia tidur tidak akan diganggu.

2. Kucing Meringkuk Seperti Bulan Sabit

Posisi tidur seperti ini dikenal dengan sebutan Cresent. Tujuannya untuk membuat tubuh kucing lebih hangat dan organ vital lebih aman. Saat udara dingin, kebanyakan kucing tidur dengan gaya bulan sabit.

Bulu tebal bisa membantu menghangatkan tubuh. Namun, gaya meringkuk dan memutar seperti itu bisa menambah kehangantan di tubuhnya. Jadi tidak perlu selimut lagi, tubuh kucing sudah hangat.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Paling Mudah

3. Kucing Tidur di Tempat Curam

Tubuh kucing bisa saja tertidur di tempat-tempat curam, seperti tangga, atas lemari, tepi sofa, dan lain-lain. Apakah tidur seperti ini nyaman?

Mungkin dalam pandangan kita, posisi tidur seperti ini berbahaya karena kalau gerak bisa saja jatuh. Kucing sendiri tidak takut ketinggian dan tidak akan sakit saat terjatuh.

Sebab, respon kucing saat jatuh begitu cepat. Walau dia jatuh dari tempat tinggi sekalipun, tubuhnya tidak akan cedera.

Kalau kucing tidur seperti ini berarti dia sedang istirahat sambil mengawasi sesuatu. Posisi tinggi sangat bagus untuk memantau, tapi tubuh lelah, sehingga dia rebahan sambil tetap mengawasi sesuatu.

4. Kaki Depan Menutupi Wajah

Kucing Tidur Posisi Menutup Mata (absfreepic.com)
Kucing Tidur Posisi Menutup Mata (absfreepic.com)

Kalau kucing tidur sambil menutup wajahnya dengan kaki, berarti dia sedang tidur sangat nyenyak dan tidak ingin diganggu. Ini seperti tanda bahwa Anda tidak boleh mengganggunya karena kucing sedang tidur nyenyak.

Biasanya kucing akan mengamuk bila dalam posisi ini dikejutkan atau dibangunkan paksa. Kalau tidak percaya silakan dicoba. Kucing sedang tidur enak-enak dan mimpi indah, malah diganggu.

Baca juga: 17 Penyebab Kucing Sakit Mata Berair dan Cara Mengobati

5. Mata Kucing Sedikit Terbuka

Kucing yang tidurnya dengan mata sedikit terbuka, sebenarnya dia tidak ingin tidur. Dia hanya ingin menjaga atau mengawasi sesuatu tetapi mata mengantuk sekali.

Alhasil otot di mata dipaksa untuk tetap terjaga sementara otot yang lain sudah lunglai dan ingin segera menutup mata. Ini seperti berada di tengah-tengah antara tidur dan terbangun.

6. Kucing Tidur dalam Kardus

Mengapa kucing memilih tidur dalam kardus? Ini karena kardus dirasa lebih aman dan nyaman bagi kucing. Di dalam kardus terasa hangat dan tidak ada gangguan dari luar.

Terlebih cahaya di sana tidak terlalu menyilaukan sehingga nyaman untuk tidur. Kardus juga bisa menyerap suara, sehingga suara berisik di luar sana tidak akan terdengar keras dari dalam kardus.

7. Kucing Tidur Miring atau Menyamping

Apabila kucing Anda tidur menyamping atau miring, berarti dia sedang merasa nyaman. Mungkin saja, harinya indah saat itu. Dia baru dikasih hadiah mainan dan makanan enak.

Sehingga kucing tidur dengan perasaan bahagia. Posisi tidur kucing miring ini biasanya ditambah dengan posisi kaki yang diluruskan ke atas dan ke bawah badan.

Baca juga: 7 Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan Keluarga di Rumah

Kesimpulan

Demikian beberapa penjelasan alasan kenapa kucing tidur terus dan arti posisi tidur kucing. Anda sebagai pemiliknya pasti lebih mengetahui mengapa kucing tidur terus.

Kalau kucing sedang sehat dan hobi tidur-tiduran atau malas-malasan berarti memang perlu ditegur. Ajaklah dia main bersama biar kucing tidak tidur terus.

Kasihan kalau hobi tidurnya ini bisa membuat kucing jatuh sakit atau obesitas. Kucing yang sakit karena kegemukan, tingkat kematiannya lebih besar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!