Alasan Suara Burung Kutilang Dihindari Kicau Mania

Burungnya.com – Burung Kutilang memiliki suara tilung tilung yang cukup berpengaruh pada suara burung kicau lainnya. Bahkan, saking berpengaruhnya banyak burung lomba kalah dan tidak laku dijual.

Kalau burung kicau lomba sudah kemasukan suara burung kutilang, sudah bisa dipastikan penilaiannya cacat di mata juri. Entah kenapa sejak dulu juri kurang menyukai suara Kutilang.

Alasan Suara Burung Kutilang Dihindari

Banyak kicau mania yang mengatakan bahwa suara Kutilang bisa merusak suara kicauan burung lainnya. Mungkin bagi kicau mania yang tidak ikut lomba, hal seperti itu membingungkan.

Pasalnya, suara kutilang terdengar merdu di telinga. Namun, bagi pecinta burung lomba, tentu mendengarkan suara Kutilang terasa kurang nyaman.

Burung kutilang juga bisa menghinoptis burung lain. Sehingga burung lain akan terdiam dan bengong saat mendengar suara burung Kutilang.

Dari situ, burung lain akan mudah kemasukan suara isian burung Kutilang. Namun, dari mana asal kemampuan tersebut, kami juga belum mengetahuinya.

Aplikasi Burung Kutilang (hbw.com)
Aplikasi Burung Kutilang (hbw.com)

Baca juga: 

Jenis Burung yang Mudah Kemasukan Suara Kutilang

  • Anis Kembang
  • Cucak Ijo
  • Murai Batu
  • Kacer
  • Cendet

Beberapa burung tersebut terkenal memiliki suara yang merdu dan bagus. Sehingga dia akan berusaha memperbaik kualitas suaranya dengan menirukan suara burung lain.

Sayangnya, kalau burung kicau tersebut sampai kemasukan suara Kutilang, maka usaha kerasnya akan sia-sia. Suara kutilang dianggap momok mengerikan bagi sejumlah kicau mania yang sering ikut lomba.

Makanan Burung Kutilang (birds.watch)
Makanan Burung Kutilang (birds.watch)

Cara Menghilangkan Suara Isian Burung Kutilang

1. Burung Dimaster Ulang

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memaster ulang suara burung tersebut. Masukkan suara burung Cililin, Tledekan, Prenjak, dan Kapas Tembak.

Oh iya, burung jangan dimaster dengan burung tipikal suara mengalun, nanti suara Kutilangnya akan sulit hilang.

2. Menunggu Mabung

Biasanya burung mabung seperti smartphone yang diinstal ulang. Dia bisa melupakan suaranya yang lama dan bisa dimaster dengan suara burung baru.

Begitu burung masuk masa mabung, segera masukkan suara burung di atas. Dengan begitu, suara kicauan burung Kutilang di otaknya perlahan akan terlupakan.

3. Jauhkan Burung dari Kutilang

Apabila tetangga Anda memiliki burung Kutilang, sebaiknya jangan pernah menggantung burung di depan rumah. Jemur burung di belakang rumah atau jemur saat burung kutilang dimasukkan ke dalam rumah.

Makanan Burung Kutilang (ebird.org)
Makanan Burung Kutilang (ebird.org)

4. Burung Dikagetkan

Walau tidak diajurkan karena bisa membuat burung stres, tapi mengejutkan burung cukup membantu. Cara mengagetkan burung dilakukan dengan halus saja.

Contoh menyemprot burung dengan semprotan secara kejut. Perlakuan ini dilakukan untuk burung yang sudah semi jinak atau sudah jinak.

5. Burung Dikerodong

Setiap hari kerodong burung di tempat gelap dan tenang. Begitu burung sudah tidak mengeluarkan suara Kutilang, mulai lakukan pemasteran dengan suara aslinya.

Maksudnya bila burung Anda Murai Batu, maka dimaster dengan Murai Batu gacor. Dengan begitu, dia akan mengenali jati dirinya lagi.

Kesimpulan

Demikian beberapa alasan suara burung kutilang dihindari kicau mania yang sering lomba. Kalau kicau mania yang tidak suka lomba, biasanya masih menyukai suara Kutilang.

Kutilang tidak disukai karena menurut juri lomba suaranya kurang bagus. Berbeda dengan kicau mania yang tidak lomba, mereka tidak memikirkan penilaian juri, sehingga bisa memelihara Kutilang semaunya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Musuh burung kutilang
  • burung kutilang merusak burung lain
  • ketilang merusak suara burung lain
  • kutilang dibenci

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.