10 Cara Memandikan Kucing yang Benar di Rumah

Burungnya.com – Bagaimana cara memandikan kucing di rumah? Bagi pecinta kucing pemula, mungkin dia akan kesulitan dan kebingungan. Namun, kalau orang yang sudah lama pelihara kucing, pastinya dia mengetahui seluk beluk tentang pemandian kucing.

Nah, berhubung memandikan kucing tidak sepenuhnya sulit, kami akan membagikan tips-tips memandikan kucing yang benar. Oh iya, pastikan kucing tidak merasa tersiksa. Sehingga dia tidak stres.

Apakah ada persyaratan sebelum memandikan kucing? Sebenarnya tidak ada syarat tertentu, tetapi Anda harus menyiapkan peralatan mandi standar ala kucing.

Cara Memandikan Kucing

1. Air Hangat

Jangan memandikan kucing dengan air dingin. Sebab, kucing bisa berontak karena kedinginan dan mungkin saja dia tidak terbiasa terkena air dingin.

Kemudian pastikan air mandi harus hangat; tidak terlalu panas atau dingin. Kucing yang mandi air hangat akan membantunya lebih tenang.

2. Mandi yang Bersih dan Kering

Anda bisa memandikan kucing di rumah atau di pet shop. Intinya memandikan kucing harus dalam keadaan bersih dan kering.

Percuma bayar mahal di pet shop kalau hasil mandinya masih basah. Nanti bulu kucing bisa gampang rontok, penyakit kulit, dan jamuran.

3. Mandikan Sendiri-sendiri

Jika kucing Anda banyak, maka mandikan sendiri-sendiri. Alasannya agar kucing yang sakit, penyakitnya tidak menular ke kucing yang sehat.

Jangan sampai kucing yang tadinya sehat, semua jadi jatuh sakit karena kucing yang sedang sakit.

4. Peralatan Mandi Sendiri

Setiap kucing harus memiliki peralatan mandi sendiri. Anda tidak boleh menggunakan peralatan mandi satu buah untuk beberapa kucing sekaligus.

Ini bertujuan untuk meminimalisir tertukarnya penyakit dan virus dalam kontak fisik antar peralatan mandi.

Cara Memandikan Kucing (thehappycatsite.com)
Cara Memandikan Kucing (thehappycatsite.com)

5. Pilih Pet Shop Profesional

Dalam proses memandikan kucing di luar, pastikan pet shop yang profesional. Sebab, pet shop abal-abal akan memandikan kucing asal basah saja.

Kucing dimandikan dengan sabun lalu dikeringkan. Sudah gitu saja. Padahal kucing termasuk hewan sensitif yang bisa terkena penyakit akibat peralatan yang tidak higienis.

Loading...

6. Shampo Kucing

Apakah kucing harus dimandikan dengan shampo khusus kucing? Tidak, Anda bisa memberikan shampo kucing saat terdesak.

Namun, lebih baik mandikan kucing dengan shampo khusus kucing saja. Shampo kucing ada yang khusus untuk melembutkan bulu, mencegah rontok, dan menghilangkan kutu.

Sementara shampo manusia cuma membersihkan kotoran dan ketombe saja.

7. Kucing Kutuan

Untuk kucing kutuan, biasanya dimandikan saja kutunya tidak akan hilang. Jadi, kutu harus diobati dulu dengan anti kutu atau anti jamur. Bisa juga gunakan obat kutu Frontline revolution.

Setelah itu, berikan kucing shampo anti kutu. Jika ingin yang murah, berikan shampo dengan kandungan sulfur seperti sabun JF Sulfur.

Efek dari penggunaan sabun tersebut, bulu kucing bisa rontok. Namun, kutu kucing akan mabuk, sehingga mudah dibersihkan dari bulu kucing.

8. Cara Mengeringkan Bulu Kucing

Agar lebih mudah dan cepat kering, gunakan handuk tebal atau kanebo. Alternatif lainnya, Anda dapat mengeringkan bulu kucing dengan hair dryer dijemur di dekat sinar matahari tapi tidak secara langsung.

9. Kapan Waktu Memandikan Kucing

Biasanya waktu memandikan kucing dilakukan seminggu sekali kalau dia sedang kutuan atau jamuran. Namun, bila kucing sedang sehat, bersihkan dia sebulan sekali sampai dua bulan sekali.

10. Menyisir Bulu Kucing

Setiap selesai mandi, usahakan untuk menyisir bulu kucing. Anda dapat menyisirnya dengna sisir sikat lembut. Apabila bulu kucing tergolong kusut dan lengket, maka gunakan sisir lembut.

Bila bulu kucing panjang gunakan sisir berongga. Selain mempermudah, sisir berongga juga membuat bulu kucing tidak rontok.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara memandikan kucing yang benar di rumah. Anda harus percaya diri dalam memandikan kucing. Kalau Anda merasa tidak mampu dan tidak mempunyai waktu luang, segera bawa kucing ke pet care atau pet shop terdekat.

Jangan lupa pilih pet shop yang profesional agar kucing Anda tidak jatuh sakit. Sebab, memandikan kucing bisa dibilang harus teliti dan berpengalaman.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!