8 Cara Memilih Kucing Lucu dan Sehat dari Ciri Fisik

Burungnya.com – Biasanya kucing dibeli karena tingkat kelucuannya tinggi. Kucing lucu memang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Berbeda bila ada kucing kampung yang tidak terawat, tentu dilirikpun tidak.

Kucing kampung sekalipun, kalau dari fisik terlihat lucu, pasti akan diadopsi. Berbeda bila kucing yang tubuhnya kotor, bau, berpenyakit, dan acak-acakan, pastinya banyak menjauhinya.

Nah, lantas kalau ada cat lover yang ingin mengadopsi kucing, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan? Sebenarnya untuk faktor lucu dan imut, bisa dilihat dari masing-masing kucing serta calon pembelinya sendiri.

Mungkin salah satu orang mengganggap kucing Anggora lucu, tapi ada juga yang menganggap kucing Persia lebih lucu. Jadi, semuanya tergantung dari orang-orang yang ingin membelinya.

Walaupun demikian, masih ada patokan khusus untuk mengenali kucing lucu itu seperti apa. Jadi, Anda bisa mengetahui oh kucing ini lucu karena bagian tubuh yang ini atau lainnya.

Baca juga: 15 Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia Hampir Rp 2 Miliar

Kucing Lucu dan Sehat

1. Hidung

Kucing terlihat lucu bisa dilihat dari bentuk hidungnya. Sebagian orang menyukai kucing lucu dengan hidung pesek, tapi ada juga yang suka hidung mancung.

Hidung kucing dikatakan sehat bila dipegang bagian ujung terasa sedikit hangat dan sedikit basah. Kalau hidung terasa panas dan kering, berarti kucing tersebut mungkin sedang sakit atau mengalami masalah lainnya.

2. Mata

Bagian mata kucing tampak putih bersih dan terang. Untuk air mata yang keluar tergantung dari jenis kucing. Soalnya ada juga kucing yang suka keluar air mata, seperti kucing bermuka rata.

Ini dikarenakan saluran air matanya pendek. Sehingga kucing mudah sekali meneteskan air mata, seperti sedang menangis, padahal biasa saja.

3. Mulut

Kucing yang lucu dan bagus bisa dilihat dari warna mulut pink cerah. Tidak ada bekas noda atau kotoran yang menempel di mulut. Sehingga kucing akan terlihat kalau dia sedang senyum, marah, atau sedih.

4. Telinga

Bentuk telinga kucing ada yang panjang, pendek, dan melengkung. Semua bentuk tersebut bagus, tapi yang penting adalah bersih. Kucing dengan telinga bersih sudah bisa dikatakan sehat pendengarangan.

Baca juga: 7 Jenis Kucing Kaki Pendek yang Lucu dan Imut

Loading...
Kucing Lucu dan Sehat (youtube.com)
Kucing Lucu dan Sehat (youtube.com)

5. Bulu

Saat mengelus bulu kucing, coba rasakan. Bila bulu kucing terasa hangat dan terlihat bersih, berarti kucing tersebut sehat.

Kalau bulu banyak pasirnya, bisa jadi dia kutuan atau terkena parasit lainnya. Terus bulu yang kasar juga bisa menandakan bahwa kucing tersebut cacingan. Kalau ekor kucing terdapat noda, mungkin saja dia sedang diare.

Bagian bulu yang perlu diperhatikan kesehatannya adalah pangkal ekor, ketiak kucing, bawah dagu, dan tulang belikat.

6. Tingkah Laku

Kucing selalu lincah dan tidak bisa diam. Biasanya kucing seperti ini tubuhnya sehat dan nyaman. Dia setelah makan sering mengajak main dan tidak berdiam diri di lantai.

Baca juga: 20 Harga Baju Kucing Lucu Murah sampai Mahal

7. Kaki

Sebagian orang menyukai kucing lucu karena kakinya pendek. Sehingga kalau berjalan terlihat lucu seperti kucing cebol. Gerakan kakinya menjadi lebih cepat karena pendek.

8. Ukuran Tubuh

Rata-rata pet lover menyukai kucing lucu yang berukuran kecil atau masih kitten. Kucing seperti ini selain lucu dari bentuk fisiknya, tingkah lakunya juga menggemaskan.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara memilih kucing lucu dan sehat. Dalam membeli kucing, jangan asal melihat lucunya saja. Anda juga harus melihat sisi kesehatannya juga.

Percuma kucing lucu tapi kalau sakit-sakitan. Nah, berbeda kalau kucing lucu, sehat, dan pintar, tentu pemiliknya akan merasa senang dan bangga.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!