10 Solusi Makanan Burung Perkutut Tidak Tumpah Berceceran

Burungnya.com – Terkadang burung Perkutut bisa dibilang nakal karena suka buang-buang makanan. Sudah dikasih makanan, tapi tetap tumpah dan berceceran ke mana-mana.

Kalau sangkar Perkutut digantung di ruang tamu tentu akan membuat seisi rumah kotor. Jadi tidak hanya boros makanan, tapi rumah juga jadi kotor.

Bagaimana solusi mengatasi burung Perkutut yang suka mengacak-acak makanan? Sebenarnya burung melakukan hal tersebut tentu ada alasannya tersendiri.

Tidak mungkin Perkutut acak-acak pakan, kalau tidak ada penyebabnya. Perkutut biasanya menerima makanan yang diberi pemiliknya. Tapi dengan alasan tertentu, burung Perkutut jadi kesal dan membuang-buang makanan.

Baca juga: Modal Rp 3000, Perkutut Bisa Rajin Bunyi dan Gacor

Penyebab Perkutut Acak-acak Makanan

  • Perkutut tidak cocok dengan makanan tersebut.
  • Burung Perkutut masih giras.
  • Stres karena baru ganti pakan.
  • Belum adaptasi dengan pakan baru.
  • Perkutut belum jinak.
  • Bosan dengan makanan satu jenis saja, sukanya dicampur.
  • Wadah pakan lubangnya terlalu besar dan lebar.
  • Makanan lama tidak diganti.
  • Pakan berjamur karena kehujanan atau embun.
  • Di wadah makanan ada hewan atau serangga.

Baca juga: 7 Tips Pilih Wadah Pakan Burung Agar Tidak Berceceran

Cara Mengatasi Perkutut Mengacak-acak Makanan

Nah, sekarang mari kita bahas cara mengatasi Perkutut yang suka mengacak-acak makanan. Perkutut ini sebenarnya tidak hobi buang-buang makanan.

Namun, karena ada salah satu sebab, di atas, dia jadi suka bikin makanan tumpah berceceran. Jika ini terus-terusan begini, rumah pasti kotor dan Anda jadi boros beli makanan Perkutut.

1. Ganti Pakan

Burung Perkutut yang tidak cocok dengan merek pakan tertentu akan membuangnya. Dia mengacak-acak makanan tersebut sampai tumpah.

Perkutut ingin menunjukkan ke pemiliknya bahwa dia tidak suka dengan makanan tersebut. Anda harus peka dan menggantinya dengan yang lain.

2. Porsi Makanan Dikurangi

Ini ada benarnya karena semakin banyak memberikan makanan, tentu Perkutut menjadi boros. Dia seperti lihat kolam mandi bola. Rasanya ingin mengacak-acak makanan tersebut sampai habis.

Porsi makanan burung Perkutut yang tepat adalah seperempat dari tinggi wadah pakan. Nah, karena porsinya sedikit, Anda jadi harus sering menambah pakan, minimal 2 hari sekali.

3. Ditambah Penutup

Kalau bibir wadah pakan terlalu besar dan lebar, pastinya pakan mudah tumpah. Jadi, solusinya adalah perkecil bibir wadah pakan.

Anda bisa menambah plastik lalu diikat karet dan dilubangi seukuran kepala Perkutut. Cari bahan lain yang lebih kuat kemudian ditutupkan di bibir wadah pakan dan dilubangi seukuran kepala Perkutut.

Baca juga: Racikan Pakan Burung Perkutut dari Ketan Hitam dan Kroto

4. Buat Wadah Pakan Sendiri

Wadah Pakan Perkutut Anti Tumpah (Facebook Arta Prima)
Wadah Pakan Perkutut Anti Tumpah (Facebook Arta Prima)

Beli saja wadah plastik berbentuk mangkok yang ada tutupnya di toko tempat pembuatan kue. Biasanya wadah ini untuk puding atau camilan.

Nah, balik wadah tersebut dan lubangi bagian bawahnya seukuran kepala Perkutut. Dijamin Perkutut tidak akan mengacak-acak pakan lagi.

Loading...

Keuntungan lainnya, porsi pakan bisa lebih banyak. Sehingga kalau Anda sedang keluar kota, stok pakan tetap aman sampai beberapa hari.

5. Botol Aqua Tanggung

Kalau mau berkreasi lagi, Anda bisa menggunakan bekas botol air minum Aqua. Pilih model botol yang tanggung, terus potong jadi tiga atau empat.

Bagian atas botol (yang ada tutupnya) disambung dengan bagian bawah dengan selotip atau lakban. Sehingga nanti botol jadi kelihatan cebol atau lebih pendek.

Ukuran tutup botol sudah cukup untul kepala Perkutut. Sehingga Anda tidak perlu melubangi botol lagi.

6. Pilih Wadah Pakan Bulat

Agar pakan Perkutut tidak tumpah, coba pilih wadah pakan berbentuk bulat dengan bibir yang agak kecil. Biasanya di pasar burung atau kios burung besar menjual model wadah pakan tersebut.

Baca juga: Pakan Jamu Burung Perkutut Alami dari Rempah-rempah

7. Wadah Pakan Ditumpuk

Model Wadah Pakan Perkutut Anti Tumpah (Facebook Dian Fajar)
Model Wadah Pakan Perkutut Anti Tumpah (Facebook Dian Fajar)

Ada juga kreasi lain dengan menumpuk dua wadah pakan, kemudian dilem. Nah, wadah pakan yang atas dilubangi seukuran kepala burung. Sehingga burung tidak mungkin bisa mengacak-acak pakan lagi.

8. Tempat Pakan Diberi Kawat

Wadah Pakan Perkutut Diberi Kawat (Facebook Gun Bae)
Wadah Pakan Perkutut Diberi Kawat (Facebook Gun Bae)

Beli kawat yang anti karat, terus pasang di atas wadah pakan. Bentuk kawat setengah lingkaran dan pasang ujung-ujungnya di bibir wadah pakan.

Burung akan berhati-hati saat mau makan, sehingga tidak akan membuat makanannya tumpah.

9. Burung Sering Mandi Malam

Katanya burung yang sering dimandikan malam, perilakunya lebih tenang dan kalem. Sehingga burung tidak akan menumpahkan makanannya.

Baca juga: Undur-undur Makanan Burung Perkutut agar Rajin Bunyi

10. Pakan Dibiarkan Kosong

Cara yang satu ini lumayan menyiksa tapi kemungkinan juga berhasil. Jadi, pakan yang diacak-acak dibiarkan saja sampai habis.

Burung tidak perlu diberi makan dan biarkan dia memakan pakan yang berceceran di bawah. Ini seperti memberikan pelajaran bahwa buang-buang makanan tidak baik.

Mungkin saja Perkutut akan belajar dan tidak mengacak-acak makanan lagi. Oh iya, cara ini yang paling terakhir dicoba ya. Soalnya trik ini cukup menyiksa burung, kasihan.

Kesimpulan

Demikian solusi Perkutut mengacak-acak makanan sampai tumpah berceceran. Intinya burung harus dilatih lebih jinak dan tenang.

Kemudian wadah pakan dicarikan yang lubangnya kecil. Kalau tidak ada, buat tempat pakan sendiri dengan cara melubanginya seukuran kepala Perkutut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • perkutut sering membuang2 makanannya

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!