5 Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu Hasil Semiran Paling Ampuh

5 Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu Hasil Semiran Paling Ampuh

Burungnya.com – Zaman sekarang, penipuan tidak mengenal korbannya. Bahkan, kicau mania sudah menjadi sasaran penipuan berupa burung hasil semiran. Ya, burung-burung ini sebenarnya kurang diminati, kemudian disemir warna bulunya agar mirip dengan burung yang populer di masyarakat.

Sebagai contoh, burung Jalak Putih palsu yang ternyata hasil semiran dari burung Jalak Nias atau Jalak Kebo. Ketiga jenis burung Jalak ini memang terlihat sama, tapi warna bulunya berbeda.

Orang-orang biasanya lebih tertarik dengan burung Jalak Putih, sehingga jenis Jalak yang lain diubah warna bulunya agar mirip dengan burung Jalak Putih.

Burung yang paling mirip dengan Jalak Putih adalah Jalak Nias dan Jalak Kebo. Postur tubuhnya sama, bahkan sampai ke kelopak mata juga mempunyai ciri yang sama yaitu berwarna kuning. Namun, warna bulunya berbeda, karena Jalak Nias dan Jalak Kebo lebih dominan warna hitam gelap.

Burung Jalak Putih (rajagantang.blogspot.com)
Burung Jalak Putih (rajagantang.blogspot.com)

Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu

Nah, untuk mengantisipasi Jalak Putih palsu hasil semiran, Anda harus benar-benar mengetahui ciri fisik Jalak Putih. Ini penting, karena sebelum membeli burung, Anda harus memahami ciri dan karakter burung tersebut.

Kalau cuma sekadar lihat dari gambar burung saja, pastinya Anda mudah tertipu dan sulit membedakan mana burung asli dan burung hasil semiran. Oleh karena itu, yang pertama harus dipahami adalah ciri-ciri burung Jalak Putih.

Setelah itu, Anda dapat mengikuti tips berikut agar tidak tertipu Jalak Putih palsu di pasaran.

1. Warna Bulu Mencolok

Burung Jalak Putih palsu biasanya mempunyai warna bulu yang mencolok. Warna putihnya tidak ada kusamnya sama sekali. Jadi putihnya lebih mirip dengan warna tembok putih. Kalau burung yang akan Anda beli memiliki warna demikian, sebaiknya Anda mulai curiga.

Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu (stuartmarsden.blogspot.com)
Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu (stuartmarsden.blogspot.com)

Sebab, ada kemungkinan Jalak Putih tersebut hasil semiran bahan pewarna. Sehingga, warna bulunya terlihat kontras dan mencolok.

Loading...

2. Warnanya Tidak Beraturan

Perhatikan pula pola warna bulu di tubuh burung Jalak Putih. Apabila warna bulunya terlihat tidak beraturan atau seperti burung blorok yang semburat putih, berarti ada kemungkinan itu burung Jalak Putih palsu.

Walau kita tidak dianjurkan curiga kepada pembeli, tapi kalau waspada masih diperbolehkan. Oleh karena itu, daripada mengambil risiko, lebih baik pembelian dibatalkan dari mencari Jalak Putih yang lain.

3. Mencium Bau Bulu

Jalak Putih hasil semiran biasanya memiliki bau yang cukup menyengat. Bau ini berasal dari pewarna buatan yang dioleskan ke bulu burung.

Bau bulu burung semiran bervariasi, di antaranya bau pewarna pakaian, bau pewarna makanan, bau tinta cat, atau bau tinta spidol.

Ada baiknya, Anda mencium baunya dulu sebelum membeli burung Jalak Putih. Hal ini untuk mengantisipasi Anda salah membeli burung semiran.

4. Burung Disemprot Air

Biasanya warna burung hasil semiran tidak permanen alias mudah luntur. Untuk mengecek apakah burung Jalak Putih yang Anda beli semiran atau asli, maka mintalah penjual untuk memandikan burung dulu di depan mata kepala Anda.

Apabila warna bulu burung Jalak Putih tidak berubah, berarti itu Jalak Putih asli. Sebaliknya, apabila warna bulu burung tersebut berubah, ada kemungkinan itu burung hasil semiran.

5. Bulu Burung Diolesi Minyak

Cara paling ampuh untuk mengetahui Jalak Putih palsu hasil semiran, yaitu mengoleskan minyak kayu putih, minyak zaitun, atau minyak tinner.

Pilih salah satu jenis minyak saja, kemudian teteskan pada telapak tangan Anda. Setelah itu oleskan perlahan pada bagian bulu burung Jalak Putih yang terlihat mencolok, misalnya dada atau punggung.

Kalau burung tersebut palsu, pasti warnanya akan luntur atau memudar. Lalu, segera batalkan transaksi jual beli sebelum Anda tertipu modus jual beli burung semiran.

Baca juga: 8 Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Burung Online dan Solusi Jika Sudah Terlanjur Tertipu

Gambar Burung Jalak Putih (pinterest.com)
Gambar Burung Jalak Putih (pinterest.com)

Bicara tentang modus penipuan burung semiran, biasanya pelaku mempunyai banyak anggota. Mereka berpura-pura menjadi pembeli dan terlihat tertarik dengan burung tersebut.

Ada yang seolah-olah tertarik dan langsung membelinya. Pelaku yang lain mencoba meyakinkan korban agar ikut membeli burung tersebut.

Hal seperti ini sudah sering terjadi di pasar burung. Maka dari itu, Anda harus waspada terhadap praktik jual beli burung palsu.

Baca juga: 10 Cara Membedakan Perkutut Putih Asli dan Palsu dari Ciri Fisik

Demikian beberapa cara mengetahui Jalak Putih palsu hasil semiran. Semoga Anda tidak tertipu dan dapat membeli Jalak Putih yang asli.

Kalau Anda takut kena tipu, sebaiknya ajak teman yang sudah lama memelihara burung Jalak Putih atau teman yang sudah berpengalaman dengan burung Jalak.

Dengan begitu, risiko terkena Jalak Putih palsu menjadi terminimalisir. Anda juga tidak perlu was-was karena sudah beli dengan ahlinya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • jalak putih palsu
  • cara mengembalikan warna burung jalak kebo semiran
  • Perbedaan burung jalak putih semiran dan asli
  • jalak putih umur 5 bulan
  • hargaburungnias
  • ciri jalak putih asli dan palsu
  • Ciri jalak putih asli
  • Ciri ciri jalak putih bukan semiran
  • ciri ciri burung dara blorok yang bagus
  • Semir putih buat bulu burung yg bqgus

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!