Burung Jalak (Holobis.net)

6 Jenis Burung Jalak Terpopuler di Indonesia

Burungnya.com – Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai jenis burung Jalak. Jenis-jenis burung Jalak semakin banyak karena masyarakat Indonesia gemar membudidayakannya. Mereka suka membudidayakan burung Jalak karena burung tersebut terkenal pandai berkicau dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Negara Indonesia sendiri, sedikitnya mempunyai enam jenis burung Jalak. Adapun burung Jalak yang dapat ditemukan di Indonesia antara lain, burung Jalak Suren atau Uren, burung Jalak Hitam, burung Jalak Putih atau Jalak Bodas, burung Jalak Nias atau Kerak Ungu, burung Jalak Thailand atau Jalak Hong Kong, dan burung Jalak Bali.

Lumayan banyak bukan? Apakah Anda sudah mengenal mereka semua? Jika belum, kami akan memperkenalkan enam jenis burung Jalak terpopuler di Indonesia.

1. Jalak Suren atau Jalak Uren

Burung Jalak Suren (xuite.net)
Burung Jalak Suren (xuite.net)

Burung Jalak Suren sering kali dipanggil burung Jalak Uren, terutama orang Jawa. Ya, burung Jalak jenis ini memang paling banyak ditemui di Pulau Jawa. Selain itu, burung Jalak Uren juga tersebar sampai ke Sumatra dan Bali. Burung Jalak terkenal dengan suaranya yang merdu. Jadi untuk kecepatan saat terbang, mungkin terbilang lambat. Di habitat aslinya, burung Jalak Suren memiliki kecepatan terbang sama seperti kupu-kupu.

2. Burung Jalak Hitam atau Jalak Kerbau

Burung Jalak Hitam (ibc.lynxeds.com)
Burung Jalak Hitam (ibc.lynxeds.com)

Burung Jalak yang satu ini memiliki nama panggilan yang lebih banyak dari Jalak Suren. Bagaimana tidak, ada yang memanggil burung Jalak ini sebagai burung Jalak Hitam, burung Jalak Kerbau, burung Jalak Kebo, dan burung Jalak Penyu. Meski begitu, orang Jawa sering memanggilnya dengan nama Jalak Kebo.

Dipanggil Jalak Kebo karena dia sering bertengger di punggung Kerbau sambil mencari kutu yang menempel di tubuh kerbau. Saat tak ada kerbau, burung Jalak Hitam lebih sering mencari makanan serangga di padang rumput.

Pernyebarannya, selain Jawa, Anda bisa menemukan burung Jalak Hitam di Sulawesi, Bangladesh, dan China Selatan.

3. Burung Jalak Putih atau Jalak Bodas

Burung Jalak Putih (rajagantang.blogspot.com)
Burung Jalak Putih (rajagantang.blogspot.com)

Burung Jalak Putih dikenal masyarakat Sunda sebagai Jalak Bodas. Burung ini cukup langka sehingga dilindungi oleh pemerintah. Burung Jalak Putih merupakan burung endemik asli Indonesia. Dia hanya dapat ditemui di Pulau Jawa, Bali, Madura, dan Lombok.

4. Burung Jalak Nias atau Jalak Kerak Ungu

Burung Jalak Nias (nzbirdsonline.org.nz)
Burung Jalak Nias (nzbirdsonline.org.nz)

Burung Jalak Nias mempunyai nama lain Jalak Kerak Ungu. Burung ini mempunyai suara yang merdu dan tingkat kesetiaan yang tinggi. Burung Jalak Nias dikenal sebagai burung monogami yang setia pada pasangan. Dia tidak akan meninggalkan pasangannya dan justru akan membuatkan sarang di lubang-lubang pohon besar. Burung Jalak Kerak Ungu dapat ditemukan di kawasan Asia, Afrika, dan Amerika.

5. Jalak Thailand atau Jalak Hong Kong

Burung Jalak Thailand (en.wikipedia.org)
Burung Jalak Thailand (en.wikipedia.org)

Walaupun namanya tak mencerminkan burung yang berasal dari Indonesia, namun burung Jalak Thailand merupakan salah satu buruk Jalak terpopuler di Indonesia. Burung yang juga dipanggil sebagai burung Jalak Hong Kong ini sekilas hampir mirip dengan Jalak Putih.

Hanya saja, bagian tubuhnya memiliki warna semburat hitam putih yang kurang tegas. Sementara, burung Jalak Putih mempunyai warna hitam putih yang sangat tegas. Burung Jalak Thailand juga bisa ditemui di kawasan Asia Tenggara, seperti Vietnam, Brunei, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Thailand.

6. Burung Jalak Bali

Burung Jalak Bali (astronomy-to-zoology)
Burung Jalak Bali (astronomy-to-zoology)

Burung Jalak Bali sama seperti burung Jalak Putih yang dilindungi oleh pemerintah. Burung endemik asli Indonesia ini mempunyai warna yang lebih eksotis dibandingkan burung Jalak lainnya. Burung ini memiliki jambul dan kaca mata warna biru yang indah. Sekujur tubuhnya dihias dengan warna putih, kecuali ekornya. Sebab, ekornya berwarna hitam.

Demikian tadi, beberapa jenis burung Jalak terpopuler di Indonesia. Tertarikkah Anda untuk mengoleksi semua jenis burung Jalak di Indonesia?

One thought on “6 Jenis Burung Jalak Terpopuler di Indonesia

Komentar