17 Cara Menggiringkan Merpati Paling Mudah dan Berhasil

Burungnya.com – Merpati yang bagus pasti sudah giring. Bagi Anda yang belum tahu, giring merupakan hubungan dua ekor burung Merpati yang sangat erat seperti sepasang kekasih dan tidak terpisahkan.

Tujuan menggiringkan Merpati sudah pasti agar burung Merpati jantan bucin (budak cinta) pada Merpati betina. Dengan begitu, ke manapun Merpati betina pergi maka pejantan akan mengikutinya.

Walau jarak keduanya sangat jauh, Merpati jantan pasti dapat menemukannya. Bahkan, Merpati jantan akan terbang cepat untuk menghampiri betina.

Nah, masalahnya bagaimana cara menggiringkan Merpati yang paling cepat dan mudah? Kalau pemain Merpati sering menyebutnya giring keras atau giring keket.

Cara Menggiringkan Merpati

1. Mandi

Burung Merpati dua-duanya dimandikan di pagi hari. Proses pemandian dilakukan secara terpisah tapi bisa saling lihat. Tujuannya agar kedua burung mengamati kegantengan dan kecantikan keduanya.

2. Jemur

Kedua burung merpati dijemur di bawah sinar matahari. Lokasi bisa berdekatan tapi terpisah. Proses penjemuran burung bisa dilakukan selama 1-2 jam.

3. Makan Minum

Berikan makanan selagi masih keduanya dijemur. Burung yang baru dimandikan dan dijemur sudah pasti lapar. Nah, berikan asupan nutrisi yang baik pada burung Merpati yang mau digiringkan.

4. Kandang

Masukkan kembali Merpati pada kandang individu sampai malam. Di sini burung masih dalam keadaan berpisah. Tadikan kedua burung sudah saling berkenalan dan saling menatap saat mandi. Tentu keduanya akan memiliki kemistri.

5. Malam

Saat malam tiba, waktunya menyatukan Merpati jantan dan betina dalam satu kandang. Hasrat yang sudah dipendam seharian akan memuncak di malam hari.

6. Kardus atau Kandang Tertutup

Lakukan perawatan seperti tadi selama 2-3 hari di akhir dengan menyatukan keduanya pada malam hari. Apabila kedua burung sudah tak tahan dan ingin kawin, segera carikan kamar atau minimal kardus atau kandang tertutup.

7. Dalam Kandang Tertutup

Biarkan burung menruskan hubungan ranjangnya sampai siang hari. Burung yang sudah birahi tinggi tidak cukup hanya sekali ronde saja. Jadi waktu kawinnya diperlama sampai siang hari.

8. Kandang Terbuka

Setelah puas pindah keduanya di kandang terbuka serta berikan makan dan minum. Tujuan untuk mengisi energi yang terkuras setelah kawin semalaman.

Cara Menggiringkan Merpati (audubon.org)
Cara Menggiringkan Merpati (audubon.org)

9. Jamu

Setelah diperlihatkan udara luar yang segar, masukkan keduanya ke dalam kandang tertutup lagi sampai malam. Berikan jamu untuk mempercepat proses kawin atau giring di kios burung.

10. Dikurung

Proses mengurung burung di pagi dan malam hari dilakukan selama beberapa hari, kurang lebih 3-5 hari. Ini butuh kesabaran karena dua sejoli yang dipersatukan oleh makcomblang memang butuh waktu yang lama.

11. Tes Kesetiaan

Untuk menguji seberapa cinta keduanya, coba bawa merpati pergi jauh. Jika merpati jantan mengejar berarti sudah giring. Pertama jarak dekat dulu, setelah itu baru agak jauh.

Loading...

12. Ulangi Tes

Jangan hanya dilakukan sekali dua kali, tapi uji kesetiaan mereka setiap hari dengan jarak yang berbeda-beda.

13. Tempat Lapang

Kami dari Burungnya.com menyarankan agar tempat melepaskan burung jantan harus di area lapang, seperti lapangan, sawah, hingga jalanan sepi.

14. Latihan Sore

Waktu terbaik melatih Merpati giring adalah sore hari jam 15.00 – 16.00. Kalau Anda melatih merpati terlalu sore atau menjelang malam, kemungkinan burung hilang arah dan terbang menjauh atau mungkin burung menabrak sesuatu karena pencahayaan yang minim.

15. Bertelur

Setelah kawin dan latihan dalam beberapa minggu, merpati betina biasanya akan bertelur. Ini hasil buah cinta mereka yang selama ini dipupuk di dalam kandang terbuka dan tertutup.

16. Seminggu

Tolong biarkan merpati betina mengerami telur selama 7 hari. Setelah masuk hari ke-8, pagi-pagi buta bersihkan telur dan tempat mengerami telur. Usahakan kandang bersih seperti tidak terjadi apa-apa.

17. Mandikan

Paginya kedua Merpati dimandikan supaya kenangan tentang telurnya mulai sirna. Mengapa telur merpati harus diambil? Tujuannya agar performa merpati tidak turun. Indukan betina tidak fokus pada anak dan selalu cinta dengan pasangannya saja.

Baca juga:

Berhasil atau Tidak

Apakah cara tadi bisa berhasil? Kalau dilakukan dengan benar cara tersebut pasti berhasil. Kuncinya pada saat menyatukan burung, mandi, jemur, dan jamu.

Sekarang jamu giring merpati sudah dijual bebas di pasaran. Dulu jamu seperti ini masih dirahasiakan. Namun, sekarang jamu tersebut dikomersilkan untuk mendapatkan keuntungan.

Bahkan kalau Anda mencari jamu giring Merpati di marketplace pasti langsung keluar banyak sekali produknya. Jadi untuk membuat Merpati giring cepat sebenarnya mudah sekali.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menggiringkan Merpati paling mudah dan berhasil. Burung merpati yang giring keket pasti bisa menjuarai berbagai lomba merpati.

Untuk kecepatan seperti lomba merpati sprint dan tinggian perawatannya beda lagi. Sebagian besar untuk kedua lomba tersebut bisa dimenangkan oleh trah merpati tertentu yang sebelumnya sudah sering juara.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Cara cepat 1 hari burung merpati langsung giring ngeket
  • cara giring burung dara kawin berapa kali
  • cara burung dara habis kawin
  • cara burung merpati cepat giring
  • Cara cepat giring dalam waktu 1 hari
  • cara mengekeket kan merpati
  • Cara Merpati Giring keket
  • Download cara agar burung merpati cepat giring

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!