10 Cara Menjinakkan Lovebird Dewasa Tanpa Potong Bulu Sayap

10 Cara Menjinakkan Lovebird Dewasa Tanpa Potong Bulu Sayap

Burungnya.com – Burung Lovebird yang sudah dewasa biasanya sulit dijinakkan. Hal ini wajar karena burung jarang berinteraksi dengan manusia. Berbeda dengan Lovebird anakan yang mudah dijinakkan kalau dirawat sejak kecil atau masa lolohan. Meski begitu, Anda dapat menjinakkan Lovebird dewasa tanpa melukai burung atau memotong bulu sayap (wing clipping).

Burung Lovebird dewasa memang cenderung susah dijinakkan karena karakternya sudah muncul. Ibarat manusia, dia sudah seperti remaja yang memiliki ego kuat. Sehingga, kalau disuruh ini itu sulit dan sering memberontak. Namun, ternyata ada cara untuk menjinakkan burung Lovebird dewasa, bahkan usia 4 tahun sekalipun.

Ini disampaikan sendiri oleh Heru Susanto di channel YouTube miliknya. Menurutnya Lovebird yang sudah dewasa dan galak sekalipun dapat dijinakkan. Bedanya Lovebird dewasa harus butuh kesabaran ekstra. Sebab, prosesnya cukup lama, susah, dan membosankan.

Alat Untuk Menjinakkan Lovebird Dewasa (youtube.com)
Alat Untuk Menjinakkan Lovebird Dewasa (youtube.com)

Peralatan Untuk Menjinakkan Lovebird Dewasa

Untuk dapat membuat Lovebird dewasa jinak, caranya cukup mudah. Anda cuma harus menyiapkan beberapa alat dan bahan yang bisa didapat di rumah atau toko alat tulis.

Alat dan Bahan:

  • Gunting kecil
  • Selotip bening
  • Stik dari bambu atau pencil
  • Sarung tangan atau kain
  • Tangkringan vertikal
  • Makanan Lovebird

Gunting di sini bukan untuk memotong bulu sayap Lovebird. Namun, gunting dipakai untuk memotong selotip bening. Jadi, sayap Lovebird memang tidak dipotong melainkan diikat atau direkatkan dengan selotip.

Lalu stik atau pensil untuk apa? Anda mungkin penasaran mengapa harus ada pensil. Ternyata fungsi pensil untuk latihan dalam memindahkan Lovebird saja.

Loading...
Bagian Bulu Sayap yang Diberi Selotip (youtube.com)
Bagian Bulu Sayap yang Diberi Selotip (youtube.com)

Cara Menjinakkan Lovebird Dewasa

  1. Bawa burung Lovebird ke ruangan yang tertutup agar burung tidak lepas.
  2. Kemudian ujung bulu sayap diikat dengan selotip bening.
  3. Pilih ujung sayap yang paling ujung dan panjang sebanyak 6 helai.
  4. Rekatkan selotip di pangkal ujung sayap dalam sekali putaran dan jangan terlalu kencang.
  5. Anda dapat merekatkan selotip di sayap Lovebird menggunakan sarung tangan. Tujuannya agar tangan Anda tidak terluka.
  6. Kalau pemasangan selotip dilakukan 2 orang agar sayap terlihat rapi dan tidak menyakiti burung.
  7. Setelah itu, latihan memakai pensil atau stik bambu. Pindahkan burung dengan pensil dan suruh burung bertengger di pensil tersebut.
  8. Sesudah diselotip burung Lovebird tidak langsung jinak, tetapi Anda harus sering-sering berinteraksi dan melatihnya setiap saat.
  9. Kalau karakter Lovebird tipe yang penurut, pasti Lovebird akan cepat jinak.
  10. Oh iya, selotip mudah terlepas, baik lepas sendiri atau digigit oleh burung. Sehingga, sebelum latihan, pastikan selotip berada pada tempatnya.

Demikian cara menjinakkan Lovebird dewasa usia 4 tahun tanpa memotong bulu sayap. Dengan cara ini Anda yang tega melukai burung, mungkin bisa mencobanya. Ujung sayap Lovebird cukup direkatkan dengan selotip agar dia tidak bisa terbang bebas.

Kami ingatkan kembali setelah memakai selotip, burung Lovebird tidak bisa langsung jinak. Diperlukan kesabaran ekstra sampai burung benar-benar jinak. Anda juga harus sering melatih dan mengajak berinteraksi sesering mungkin.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara menjinakan loverbird dari dewasa
  • Sayap lovebird 6 helai

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!