16 Cara Merawat Kacer Dewasa Agar Cepat Jinak dalam 4 Minggu

16 Cara Merawat Kacer Dewasa Agar Cepat Jinak dalam 4 Minggu

Burungnya.com – Banyak yang beranggapan merawat burung Kacer tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi membuat Kacer dewasa cepat jinak dalam waktu singkat. Pasalnya, hal tersebut membutuhkan ketelatenan dan latihan yang intensif.

Agar burung Kacer jinak dan gacor cara untuk melatihnya harus sejak dari anakan atau piyik. Jadi, begitu anakan Kacer menetas, Anda harus menyuapinya, mengajak latihan, dan selalu bermain-main bersama. Dengan demikian, burung Kacer akan mudah jinak.

Burung Kacer Jinak (instasaver.org)
Burung Kacer Jinak (instasaver.org)

Kalau untuk burung Kacer dewasa agar jinak memang cukup sulit, tapi dapat dilakukan dalam waktu 4 minggu. Ya, dengan perawatan dan latihan khusus, Kacer dapat jinak dalam waktu yang singkat.

1. Terapi Lapar Agar Kacer Jinak

Cara menjinakkan Kacer dewasa secara cepat yaitu dengan memberikan terapi lapar. Mungkin sebagian dari Anda akan menganggap cara ini sadis dan menakutkan tapi dengan membiarkan burung Kacer kelaparan maka burung tersebut akan patuh dan selalu membutuhkan Anda.

Terapi lapar sudah banyak dilakukan dan terbukti sering membuat burung cepat jinak. Agar lebih efektif, pelatihan Kacer ini dapat dilakukan sambil dijemur.

Jadi, burung Kacer dijemur setelah mandi seperti cara merawat burung Merpati di musim hujan. Saat menjemur Kacer di bawah sinar matahari lakukan dengan tanpa makanan dan minuman.

Setidaknya penjemuran burung Kacer dilakukan selama 3-4 jam. Dengan begitu, burung akan kelaparan dan menahan lapar karena tidak diberi pakan dan dalam keadaan dijemur.

Baca juga: 8 Cara Menjinakkan Pleci Paling Mudah dan Terbukti Berhasil

Biasanya burung yang kelaparan akan terpaksa memakan pakan yang ditaruh di tangan pemiliknya.

Saat burung sudah mulai terpikat dengan makanan di telapak tangan, maka ini pertanda awal mula burung Kacer Anda akan jinak. Nantinya, Kacer akan terbiasa makan dari telapak tangan Anda.

2. Terapi Mandi Agar Kacer Cepat Jinak

Kacer jinak sedang mandi (toko-lovebird.blogspot.com)
Kacer jinak sedang mandi (toko-lovebird.blogspot.com)

Tak hanya terapi lapar, karena terapi mandi juga dapat membuat Kacer jinak. Terapi mandi pada Kacer banyak dilakukan pada burung yang sudah beradaptasi minimal 3 hari.

Cara melakukannya yakni dengan memandikan burung Kacer hingga basap kuyup. Pemandian dapat dilakukan pada keramba atau disemprot secara manual.

Saat kondisi burung Kacer sudah basah kuyup, biasanya burung tersebut tidak terlalu banyak bergerak. Sehingga Anda dapat mengelus-elus bulu burung Kacer secara halus.

Baca juga: 17 Cara Melatih Lovebird Agar Jinak dan Pintar Atraksi

Burung Kacer pasti awalnya akan merasa takut. Namun, karena burung Kacer tak dapat terbang, maka burung tersebut akan menikmatinya. Lama-kelamaan Kacer akan merasa disayang dan menjadi dekat dengan pemiliknya.

3. Melatih Kacer dengan Lidi

Untuk menjinakkan burung Kacer, Anda dapat memakai lidi. Di sini lidi bukan ditusuk-tusukkan untuk menyiksa burung, tapi lidi untuk melatih dalam memberikan makanan.

Biasanya terapi lidi dilakukan setelah Kacer mandi. Untuk melakukan terapi lidi, Anda harus menunggu burung Kacer sampai lapar. Kalau burung sudah lapar, pasti Anda akan lebih mudah memberikan pakan melalui ujung lidi.

Mengapa pakannya harus ditusuk di ujung lidi? Ternyata cara ini mudah dilakukan saat burung takut diberi makan langsung dengan tangan.

Secara bertahap, lidi dipotong agar semakin dengan tangan. Kalau sudah dekat, Anda dapat memberikan makan langsung menggunakan tangan tanpa lidi lagi.

4. Kacer Dilatih di Tempat Ramai

Proses melatih Kacer dapat dilakukan di tempat yang ramai. Hal ini untuk membiasakan agar burung Kacer tidak takut saat melihat keramaian.

Awalnya burung Kacer akan gelisah dan terbang kelabakan di dalam sangkar. Namun- setelah itu Kacer akan terbiasa dan beradaptasi. Latihan ini dilakukan di dalam rumah dulu, kemudian lanjut ke depan rumah, lalu bawa ke tempat yang lebih ramai.

5. Latihan Kacer Jinak di Sangkar Kecil

Kalau Kacer masih liar, Anda dapat membuatnya jinak dengan cara memasukannya ke dalam sangkar kecil. Tujuan melakukan hal tersebut agar burung Kacer tidak banyak bergerak atau berpindah tempat.

Kemudin burung Kacer akan merasa hidup lebih teratur, walau setelahnya bakal dipindah ke sangkar yang lebih besar. Sama seperti manusia yang hidup di rumah mewah yang besar. Biasanya akan sombong dan sulit mengendalikan emosinya.

Baca juga: 10 Cara Menjinakkan Perkutut dengan Air Hangat

Namun, setelah mereka pindah ke rumah kecil atau kamar kos-kosan tentu mereka akan merasakan bagaimana harus sederhana dan berperilaku baik kepada orang lain.

6. Burung Kacer Didekatkan dengan Aliran Air

Ternyata aliran air dapat menenangkan burung dan menghilangkan stres. Jadi, bila burung Kacer didekatkan ke aliran air, maka suasana hatinya akan selalu merasa senang dan bahagia. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengendalikan atau membuatnya jinak.

Aliran air tersebut tidak harus air yang sesungguhnya. Namun, Anda dapat memberikan suara MP3 aliran air atau gemericik air. Selain itu, Anda bisa meletakkan burung di dekat kolam atau sungai yang airnya mengalir.

Cara seperti ini sudah diujicoba pada burung Pleci dan hasilnya mengejutkan. Burung yang awalnya tidak mau bunyi langsung bunyi dan lebih jinak dari sebelumnya.

7. Kacer Diajak Main dengan Tangan

Cara menjinakkan Kacer lengkap dengan video (youtube.com)
Cara menjinakkan Kacer lengkap dengan video (youtube.com)

Sering-seringlah mengajak burung Kacer bermain dengan tangan. Jadi, tangan Anda dekatkan dengan sangkar atau masukkan langsung ke dalam sangkar. Jika burung Kacer tidak menyukainya Anda dapat memandikan burung sampai basap kuyup dulu.

Kalau bulu Kacer sudah basah, biasanya dia tidak dapat terbang dan hanya diam saja. Nah, saat itulah Anda dapat memegang dan bermain tangan langsung dengan burung Kacer.

Loading...

Anda juga bisa mengeluarkan Kacer dari sangkarnya agar lebih leluasa dan membuat burung Kacer tenang. Latih burung Kacer seperti itu setiap hari agar dia terbiasa dengan tangan Anda. Kalau perlu, berikan pakan sebagai pancingan agar burung mau lebih dekat dengan Anda.

8. Kacer Dilatih Jinak di Lantai

Kalau mau melatih burung Kacer di lantai, sebaiknya pastikan di sekitar rumah Anda tidak ada kucing. Sebab, banyak kasus kucing liar atau kucing kampung langsung menyergap burung dan membawanya kabur.

Oleh sebab itu, daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, lebih baik sterilkan dulu area latihan dari gangguan kucing. Jadi, Anda dan burung Kacer lebih tenang saat latihan di lantai atau luar sangkar.

Latihan ini hanya dilakukan saat burung Kacer sudah mulai jinak. Kalau Kacer belum jinak, alangkah baiknya Anda membasahi dulu bulunya agar dia tidak bisa terbang.

Baca juga: 15 Tips Menjinakkan Burung Hantu Liar dan Galak

Setelah itu, latih burung Kacer dengan memberikan sedikit pakan, kemudian memanggilnya. Latih burung tersebut terus-menerus sampai mengenali Anda dengan baik.

9. Latih Burung di Habitat Alami

Jangan selalu melatih burung Kacer di dalam rumah. Sesekali ajak burung Kacer ke alam langsung. Misalnya, burung Kacer diajak bermain ke pekarangan rumah, ke taman depan rumah, atau ke rumah tetangga.

Hal tersebut membuatnya merasa nyaman karena sebelumnya mungkin merasa bosan berada di dalam rumah atau ruangan yang pengap.

Burung Kacer dewasa hasil tangkapan harus diperlakukan seperti ini dulu agar mudah dijinakkan. Jika langsung dijinakkan, biasanya hasilnya tidak maksimal.

10. Burung Kacer Dikerodong

Kerodong memiliki fungsi agar burung Kacer bisa beristirahat, menghindari angin kencang atau cuaca dingin, dan menjaganya tetap hangat di kala malam.

Saat proses pelatihan Kacer jinak, kerodong dapat dimanfaatkan untuk melatih burung tetap fokus agar tidak terpengaruh dengan lingkungan sekitar. Jadi, pemandangan di lingkungan sekitar harus ditutup sementara waktu, kemudian dibuka lagi, begitu terus seterusnya.

Biasanya tiga hari kemudian, burung bisa diatur dan mau melakukan apa yang Anda inginkan. Latihan buka tutup kerodong pada Kacer ini sebaiknya dilakukan dalam kondisi lapar.

11. Terapi Mandi Sauna pada Burung Kacer

Kacer jinak bergaya dan bertengger di jari tangan (kicaumania.or.id)
Kacer jinak bergaya dan bertengger di jari tangan (kicaumania.or.id)

Agar burung Kacer cepat jinak Anda dapat memberikan terapi mandi sauna. Terapi ini dilakukan dengan cara menyemprot bulu Kacer sampai basah kuyup. Selanjutnya, kerodong juga disemprot sampai basah.

Jika semuanya sudah basah, Anda dapat menjemur burung Kacer dalam keadaan kerodong tertutup. Tujuan terapi ini agar burung Kacer yang awalnya galak menjadi lebih jinak. Kalau bisa penjemuran burung dilakukan lebih lama dari biasanya. Misalnya, awalnya cuma dijemur 1 jam, sekarang Kacer dijemur selama 3 jam.

Baca juga: Cara Membuat Burung Jalak Sangat Jinak Hingga Mengikuti Keinginan Pemiliknya

Jangan lupa berikan pakan minum agar burung tidak mati di dalam sangkar. Terapi mandi sauna cukup panas sehingga membutuhkan asupan makanan dan minuman yang cukup banyak.

12. Kepala Burung Kacer Dicium

Nenek moyang zaman dulu sering mencium kepala unggas agar cepat jinak. Mungkin ada hubungan khusus dari ciuman ke kepala unggas yang menjadikannya cepat jinak.

Hal ini dapat dilakukan pada burung Kacer. Jadi kepala burung Kacer dicium secara lembut sampai jinak. Namun, Anda harus berhati-hati, kalau Kacer belum jinak, biasanya malah mencelakai bibir Anda.

13. Berikan Nama untuk Kacer Kesayangan

Sebagai bukti rasa sayang Anda kepada Kacer, maka berikan dia sebuah nama. Setiap kali bertemu atau melihat Kacer, Anda harus memanggilnya dengan nama tersebut. Tujuan memberikan nama ke burung Kacer, agar dia lebih dekat dengan Anda.

Baca juga: 5 Cara Menjinakkan Semua Jenis Burung Kicau Tanpa Mengeluarkan Biaya

Nalurinya akan lebih cepat merespon karena merasa dipanggil namanya. Kalau cuma bersiul, burung lain juga akan ikut merespon. Namun, dengan memanggil nama, tentu hanya burung Kacer Anda yang memberi respon.

14. Berikan Makan Kacer di Waktu Tertentu

Supaya Kacer cepat jinak, lebih baik berikan pakan di jam-jam tertentu. Misalnya, pagi hari Kacer diberi makanan, kemudian menjelang siang, wadah pakan dikeluarkan.

Siangnya, Kacer diberi pakan lagi. menjelang sore, dikeluarkan lagi pakannya. Kalau sudah menjelang malam, burung Kacer diberi makanan lagi.

Lakukan hal tersebut selama beberapa hari, agar burung Kacer merasa butuh asupan makanan dari Anda. Dengan demikian, burung Kacer akan menunggu-nunggu Anda memberikan pakan, dan membuatnya ketergantungan dengan Anda.

15. Kacer Dikasih Air Liur

Sebagian burung akan menjadi jinak bila diberi air liur pemiliknya. Namun, sebelumnya Anda harus membersihkan mulut dulu dengan cara gosok gigi dan berkumur. Setelah itu, berikan air liur dengan cara melolohkan pada paruh burung Kacer.

Baca juga: Pakai Air Ludah, Dalam 1 Hari Lovebird Bisa Langsung Jinak, Begini Caranya

Aroma air liur yang khas akan membuat Kacer mengenali pemiliknya dengan baik. Jangan lupa perhatikan minuman dan makanan Anda sebelum menjalani terapi air liur. Kalau bisa jangan merokok atau minum-minuman keras.

16. Burung Kacer Dimandikan dengan Air Daun Pare

Sebagian kicau mania mungkin belum pernah mencoba memandikan Kacer dengan air perasan daun pare. Namun, bagi yang sudah mencobanya, mereka meyakini bahwa air tersebut dapat membuat burung cepat jinak.

Kemungkinan ekstrak daun pare mampu melenturkan otot burung dan membuat burung lebih rileks. Sehingga burung Kacer jadi lebih mudah dijinakkan.

Oh iya, jangan sampai air daun pare terminum atau mengenai mata burung Kacer karena sangat berbahaya. Oleh karena itu, pegangi tubuhnya saat memandikan Kacer dengan perasan air daun pare.

Demikian cara merawat Kacer dewasa agar cepat jinak dalam waktu 4 minggu. Perawatan Kacer dewasa ternyata cukup mudah jika dilakukan secara tepat. Apalagi jika Anda merawat burung Kacer tersebut sejak masih anakan.

Waktu yang dibutuhkan untuk menjinakkan bisa dilakukan selama 4 minggu atau 1 bulan. Namun, perawatannya harus konsisten dan dilakukan dari pagi sampai malam.

Minggu pertama, latih burung Kacer di tempat ramai dan terapi lapar. Minggu kedua, burung Kacer diberi pakan dengan tangan, lidi, atau diajak bermain dengan tangan.

Kalau sudah minggu ketiga, burung Kacer mulai dilatih di luar ruangan yang alami atau di lantai. Kacer juga diberi nama dan dipanggil dengan nama tersebut setiap waktu.

Minggu keempat, burung Kacer sudah mulai jinak sehingga Anda bisa lebih santai dalam merawatnya. Berikan pakan sesekali menggunakan tangan dan diajak bermain di lantai. Kalau takut kabur, sebaiknya latih burung Kacer di dalam ruangan tertutup.

Baca juga: Cara Membuat Burung Kacer Cepat Jinak Dalam Waktu Singkat

Burung Kacer yang jinak tentunya lebih menyenangkan karena bisa diajak bermain. Anak-anak dan keluarga pasti juga suka. Yang penting, kotoran Kacer tidak berserakan saat diajak bermain di luar ruangan atau di dalam ruangan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!