Skip to content

8 Jenis Burung Mudah Jinak dan Cocok Dipelihara di Rumah

Burung Mudah Jinak dan Cocok Dipelihara di Rumah (youtube.com)

Burungnya.com – Berbagai jenis burung mudah jinak tersebar di seluruh Indonesia. Ternyata tidak semuanya cocok dijadikan hewan peliharaan. Hal ini karena jumlah burung tersebut ada yang sebagian sudah langka dan terkadang masuk daftar burung dilindungi.

Selain itu, perawatannya yang cukup sulit, susah jinak, dan menghabiskan biaya mahal, membuat burung-burung tersebut tidak cocok dipelihara di rumah.

Lantas, burung apa saja yang baik dipelihara di rumah, terutama untuk anak dan keluarga? Ada beberapa jenis burung kecil dan indah yang bagus untuk binatang peliharaan.

Burung-burung seperti ini selain mempunyai warna bulu yang indah, mereka juga pintar berkicau, dan jinak.

Sehingga apabila Anda ingin membeli burung untuk dipelihara di rumah, kami sarankan pilihlah yang mudah jinak, perawatan gampang, dan tidak menghabiskan biaya mahal.

Pasalnya, Anda cuma memelihara burung tersebut untuk ocehan atau sekadar klangenan saja agar rumah tidak sepi.

Jenis Burung Mudah Jinak

1. Lovebird

Rizky Kinos dan anaknya memandikan burung Lovebird (kumparan.com)

Rizky Kinos dan anaknya memandikan burung Lovebird (kumparan.com)

Harga burung Lovebird saat ini sedang turun drastis atau bisa dikatakan cukup murah. Sehingga burung ini masuk kandidat burung peliharaan di rumah. Di samping itu, burung Lovebird mudah jinak apabila dipelihara sejak masih piyik atau anakan.

Nantinya, setelah besar Anda dapat mengawinkan burung Lovebird atau diikutkan lomba. Selain untuk menghilangkan stres setelah pulang kerja, burung ini bisa menjadi penghasilan tambahan atau usaha sampingan yang menjanjikan.

Oh iya, kami pernah melakukan terapi lapar pada Lovebird. Burung tersebut walau sudah dewasa ternyata tetap bisa jinak. Bila burung biasanya tidak mau mengambil makanan dari tangan, akhirnya Lovebird mau melakukannya.

Baca juga: 7 Cara Menjinakkan Lovebird Dewasa Liar dengan Terapi Lapar

2. Kenari

Fakta Menarik Tentang Burung Kenari (moreuknews.net)

Fakta Menarik Tentang Burung Kenari (moreuknews.net)

Tidak berbeda jauh dengan Lovebird, burung Kenari juga terbilang murah dan mempunyai suara kicau yang keras serta bervariasi. Burung ini bisa jinak apabila dirawat dengan baik dan dipelihara sejak kecil.

Gigitan burung Kenari tidak terlalu sakit bila dibandingkan dengan burung Lovebird. Sehingga, burung Kenari aman untuk anak-anak.

Harga pakan Kenari juga tidak terlalu mahal, sehingga kalau sekadar untuk peliharaan saja, pastinya Kenari sangat cocok.

Beberapa kicau mania yang merawat Kenari sejak kecil bisa membuatnya jadi jenis burung mudah jinak. Saking jinaknya, burung Kenari ini tidak perlu jeruji lagi.

3. Parkit

Burung Parkit (gloob-online.com)

Burung Parkit (gloob-online.com)

Burung Parkit mempunyai warna bulu yang hampir sama dengan Lovebird. Parkit termasuk burung koloni, sehingga paling nyaman apabila dia hidup dengan teman-temannya atau berpasang-pasangan.

Jadi, kalau Anda ingin membeli burung Parkit, sebaiknya belikan juga pasangan atau beli 2-3 ekor sekaligus.

Namun, suara burung Parkit tidak sebagus Lovebird. Burung ini hampir tidak pernah dilombakan. Jadi, kebanyakan burung Parkit dipelihara untuk penghias rumah atau untuk hewan peliharaan anak-anak.

Ada juga parkit australia yang mempunyai jambul di atasnya. Burung ini juga masuk jenis burung mudah jinak.

4. Jalak

Bulbul menemani Revo mandi (ida-nurlaila.blogspot.co.id)

Bulbul menemani Revo mandi (ida-nurlaila.blogspot.co.id)

Mungkin sebagian dari Anda belum tahu, bahwa Jalak termasuk jenis burung mudah jinak dan bisa menirukan suara manusia. Sudah banyak orang yang memelihara burung Jalak karena kepintarannya dan mudah jinak.

Baca juga: Cara Melatih Jalak Kebo Jinak dan Main di Luar Sangkar

Orang-orang tertarik dengan Jalak karena burung ini bisa diajak bermain. Sehingga, burung ini dapat dikatakan bagus untuk teman penghilang stres. Selain jinak dan pintar, suara burung Jalak sangat keras dan bervariasi.

Burung ini bahkan bisa menirukan suara burung lain dengan mudah. Apabila Anda memelihara burung Jalak, Anda sama seperti sedang memelihara beberapa burung lain.

5. Merpati

Mike Tyson suka mencium burung Merpati di rumah (instagram.com)

Mike Tyson suka mencium burung Merpati di rumah (instagram.com)

Tahukah Anda, Merpati termasuk burung penerbang yang ulung. Burung ini dulu dimanfaatkan untuk membantu manusia dalam mengirimkan pesan.

Bahkan, dulu sempat terkenal karena burung ini mendapat julukan Merpati Pos. Burung Merpati dapat terbang jauh ke tujuan dan kembali lagi ke rumah dengan selamat.

Selain pandai dalam memetakan wilayah, burung ini bisa diajak main terbang kalau sudah giring keket.

Anda juga tidak membutuhkan sangkar besar, karena burung Merpati bisa dilepaskan di sekitar rumah. Namun, perlu diwaspadai karena kotoran Merpati dapat berjatuhan ke mana-mana.

6. Pleci

Cara Menjinakkan Pleci (nzbirdonline.org)

Cara Menjinakkan Pleci (nzbirdonline.org)

Burung Pleci paling kecil dibandingkan jenis burung lainnya. Burung kacamata ini mempunyai suara yang beragam walau tidak terlalu keras.

Namun, hal tersebut dapat menjadi sisi positif, terutama bagi keluarga yang tidak suka suara berisik.

Selain itu, suara burung Pleci tidak akan mengganggu tetangga sekitar rumah. Anda cukup memberikan voer atau buah-buahan segar, maka Pleci akan berkicau nyaring sekali.

Sangkar Pleci juga kecil sehingga tidak memakan tempat terlalu banyak. Burung ini bisa jinak, tetapi cukup sulit dilakukan kalau tidak dipelihara sejak anakan.

7. Perkutut

Burung Perkutut Jinak (youtube.com)

Burung Perkutut Jinak (youtube.com)

Walau tidak mempunyai warna yang cerah, tetapi burung Perkutut memiliki suara yang mengalun dan menenangkan pikiran. Jenis burung ini dulu sering dipelihara para raja.

Baca juga: 8 Cara Membuat Perkutut Jinak dan Rahasia Perawatan

Sebab, mitos burung Perkutut sangat kental. Konon katanya, burung ini dapat membawa keberuntungan, sekaligus bisa membawa kesengsaraan tergantung jenisnya.

Kalau sekadar dijadikan burung peliharaan, lebih pelihara burung Perkutut Bangkok. Burung ini bisa dikatakan aman karena tidak mengandung mitos-mitos tertentu.

Jadi, bisa dipelihara siapa saja, termasuk anggota keluarga. Perkutut juga bisa jinak kalau dimandikan dengan air hangat secara teratur.

8. Burung Kakatua

Kakatua Kecil Jambul Kuning (straitstimes.com)

Kakatua Kecil Jambul Kuning (straitstimes.com)

‘Banyak burung kakatua masuk daftar jenis burung mudah jinak. Soalnya, burung ini memang tipikal burung pintar. Sehingga bila mereka diajari sedikit, maka mereka bisa langung menirunya.

Contoh sederhana, burung kakatua diajak bicara terus menerus, maka dia akan bisa menirukan suara manusia. Jika burung kakatua dilatih terbang bebas, dia akan bisa terbang di tempat lapang kemudian balik sendiri ke pemiliknya.

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis burung mudah jinak dan cocok untuk hewan peliharaan di rumah bersama keluarga. Burung-burung ini kami pilih yang harganya terjangkau dan tidak merepotkan pemiliknya.

Sebenarnya masih ada jenis burung yang lain, seperti Murai Batu, Kacer, Cendet, Cucak Ijo, dan lain-lain. Namun, sebagian dari burung tersebut harganya mahal dan masuk daftar burung dilindungi. Sehingga kami rasa cukup memberatkan dan berisiko terkena tindak pidana.

Baca juga:

Jadi lebih baik pelihara burung yang murah tetapi suka berkicau baik di pagi atau kapan saja. Burung-burung seperti ini akan membuat rumah terasa lebih hidup dan seperti hidup di alam.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

2 thoughts on “8 Jenis Burung Mudah Jinak dan Cocok Dipelihara di Rumah”

    1. Sangat bisa kak, latihan burung seperti ini bisa dilakukan secara konsisten dan sabar. Misal, mau melatih bicara halo. Jadi, setiap hari atau setiap beberapa jam sekali, Anda harus bicara halo ke dia.

      Burung yang bisa dilatih ngomong seperti manusia yaitu kakatua dan jalak kebo. Untuk jenis burung yang lain bisa dilatih menirukan suara burung lain, namanya pemasteran.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.