8 Jenis Burung yang Penuh Mitos, Sebagian Bikin Merinding

8 Jenis Burung yang Penuh Mitos, Sebagian Bikin Merinding

Burungnya.com – Berbagai jenis burung yang hidup di sekitar kita ternyata dipenuhi dengan mitos yang bikin merinding. Walau tidak semuanya menakutkan, namun beberapa burung yang hidup di sekitar rumah dipercaya memiliki mitos mengerikan.

Mitos tentang burung sebagian besar memang bikin merinding. Semua mitos ini disangkutpautkan dengan mistis, bahkan kematian. Oleh karena itu, ada kemungkinan setelah membaca artikel tentang mitos burung, Anda akan sedikit ketakutan ketika bertemu dengan burung tersebut.

Namun, kembali lagi pada keyakinan masing-masing. Jika Anda menganggap itu hanya seekor burung biasa, maka tidak perlu takut. Sebaliknya, apabila Anda termasuk orang yang percaya dengan klenik atau hal-hal gaib, sudah pasti Anda akan ketakutan.

Jenis Burung yang Dipenuhi Mitos

1. Burung Sirit Uncuing atau Kedasih

Gambar Burung Kedasih Jahat (flickr.com)
Gambar Burung Kedasih Jahat (flickr.com)

Mungkin Anda menganggap Sirit Uncuing ini Anda burung yang eksotis karena bulunya unik. Namun, setelah mengetahui mitos burung Kedasih atau Sirit Uncuing, kemungkinan Anda akan langsung merinding.

Ya walau bulu burung ini terlihat unik, namun burung Sirit Uncuing sering dipercaya mempunyai mitos yang bikin merinding.

Burung dengan nama lain Daradasih atau Burung Kedasih ini merupakan simbol kematian.

Jadi, saat burung Kedasih berputar-putar dan hinggap di sebuah rumah, lalu berkicau, maka pemilik rumah atau orang sekitarnya akan meninggal beberapa waktu kemudian.

Tak hanya mitos yang menakutkan, suara burung Kedasih juga membuat semua orang kaget karena mirip dengan suara kuntilanak.

2. Burung Pipit

Tahun Baru Imlek Tradisi Melepas Burung Pipit (okezone.com)
Tahun Baru Imlek Tradisi Melepas Burung Pipit (okezone.com)

Sebagian orang cuma melihat burung Pipit di sawah sebagai hama padi. Terkadang burung Pipit juga dijual di sekolah-sekolah dengan berbagai macam warna. Meski begitu, kalau sudah bicara tentang mitos, masyarakat masih percaya bila burung ini mempunyai tuah.

Apa mitos burung Pipit? Ternyata mitosnya berkaitan dengan tamu yang akan datang ke rumah. Jika Anda melihat burung Pipit berkicau di sekitar rumah, berarti akan ada tamu istimewa yang datang.

Di beberapa daerah lain juga tersiar kabar serupa. Hanya saja mitos yang beredar sedikit berbeda. Contoh jika burung Pipit berkicau di kanan rumah, maka tamu baik yang akan datang. Sebaliknya, jika Pipit berkicau di kiri rumah, maka tamu jahat yang datang.

3. Burung Gagak

Burung Gagak (msu.edu)
Burung Gagak (msu.edu)

Ternyata Gagak termasuk burung yang sangat pintar. Namun, mitos yang beredar di masyarakat membuat sebagian takut memeliharanya.

Sebab, mitos burung Gagak katanya merupakan pertanda datangnya kematian. Oleh karena itu, gambaran tentang burung Gagak selalu buruk. Padahal, burung Gagak merupakan salah satu hewan yang dicantumkan dalam Al Quran.

Mitos yang beredar, apabila burung ini berputar-putar di atas sebuah rumah, maka kemungkinan seseorang yang tinggal di dalamnya akan meninggal. Mitos ini sudah dipercaya sejak lama. Bahkan sampai sekarang masih banyak yang percaya dengan mitos burung Gagak.

4. Burung Perkutut

Burung Perkutut Bertanduk Langka (facebook.com)
Burung Perkutut Bertanduk Langka (facebook.com)

Mengapa kebanyakan burung Perkutut diberi nama Bedjo? Ternyata karena burung Perkutut sering dianggap membawa keberuntungan atau sering mendatangkan rezeki.

Sebagian jenis Perkutut, kalau dipelihara mitosnya dapat membawa keberuntungan, mendatangkan banyak rezeki, selalu terlihat berwibawa, dan lain-lain.

Namun, mitos Perkutut lainnya ternyata menakutkan, seperti pembawa sial, mendatang masalah di keluarga, penghilang rezeki, hingga perusak hubungan baik keluarga.

Loading...

Meski begitu, mitos ini tidak semuanya benar karena hal-hal mistis di zaman milenial seperti sekarang mulai tidak dipercaya. Semua orang sudah bergantung pada teknologi. Sehingga hal-hal berbau mistis mulai dianggap kuno.

5. Burung Walet

Sarang burung Walet (bbcamerica.com)
Sarang burung Walet (bbcamerica.com)

Tahukah Anda, Walet merupakan salah satu burung penerbang tercepat. Burung ini suka mencari makanan di udara, tapi jarang hinggap di lokasi lain selain sarangnya sendiri.

Ada mitos tentang burung Walet yang sepertinya disukai banyak orang. Pasalnya, bagi siapa saja yang rumahnya didatangi burung Walet, atau muncul Walet di dalam rumah, berarti anggota keluarga di rumah tersebut akan mendapatkan rezeki.

Terlepas dari mitos yang beredar, burung Walet sendiri memang mampu mendatangkan banyak rezeki, apalagi kalau diternak dan diambil sarangnya. Manfaat sarang Walet sangat bagus bagi kesehatan. Oleh karena itu, harga sarang Walet mahal.

6. Burung Rangkong

Gambar Burung Rangkong (wikimedia.org)
Gambar Burung Rangkong (wikimedia.org)

Sebagian masyarakat di Sulawesi mempercayai bahwa menggantung paruh burung Julang atau Rangkong mampu menolak bahaya.

Berbeda dengan masyarakat Dayak, burung jenis Rangkong dianggap melambangkan kesucian. Uniknya, burung ini juga tergambar di relief Candi Prambanan.

Burung Julang Sulawesi (Aceros cassidix) sendiri sebenarnya masih termasuk keluarga Rangkong. Keunikan burung Rangkong terletak pada paruh besar dengan cula di bagian atasnya.

Tahukah Anda, burung Julang jantan mempunyai cula berwarna merah, sementara yang betina berwarna kuning.

7. Burung Tengkek Buto

Gambar Burung Tengkek Buto (pbase.com)
Gambar Burung Tengkek Buto (pbase.com)

Dilihat dari namanya, burung Tengkek Buto sudah menakutkan. Burung Tengkek Buto atau the Oriental Dollarbird (eurystomus orientalis) sering dipelihara untuk dijadikan masteran.

Pasalnya, suara burung Tengkek Buto mampu membuat burung lain bersuara kasar, lantang, dan keras.

Mitos tentang Tengkek Buto, konon katanya kalau burung ini berkicau di malam hari, kemungkinan akan ada maling di sekitar rumah.

Bahkan, ada sebagian masyarakat yang percaya burung Tengkek Buto merupakan peliharaan genderuwo.

Mitos lainnya, kalau burung Tengkek Buto hinggap di depan rumah sambil berkicau berarti akan ada bencana yang menimpa anggota keluarga.

8. Burung Hantu

Burung Hantu Bubo Sumatranus di malam hari (surfbirds.com)
Burung Hantu Bubo Sumatranus di malam hari (surfbirds.com)

Banyak yang beranggapan, jika melihat burung Hantu di sekitar rumah, berarti akan terjadi kematian di dalam keluarga. Tidak hanya itu, di Romawi dan Yunani, burung Hantu dipercaya sebagai jelmaan para penyihir.

Burung ini juga sering dikatakan sebagai pertanda berita buruk. Bahkan, yang paling menakutkan kalau mimpi burung Hantu. Sebab, suku Apache mengatakan bahwa bila mereka bermimpi burung Hantu, maka akan ada kematian yang segera datang.

Demikian beberapa jenis burung yang penuh mitos. Sekarang burung-burung ini mungkin sudah menjadi burung peliharaan Anda. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena ini semua cuma mitos yang belum benar.

Mitos burung-burung tadi boleh dipercaya, boleh juga tidak. Namun, kalau dilihat-lihat dari mitos burung tadi, sebagian memang membuat merinding karena berhubungan dengan makhluk halus.

Kendati demikian, tidak semua mitos tadi benar. Ini mungkin hanya kepercayaan masyarakat di suatu daerah, kemudian menyebar dan menjadi mitos burung yang menakutkan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan dengan teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung comperkutut
  • burung mitos
  • https://burungnya com/jenis-burung-yang-penuh-mitos-sebagian-bikin-merinding/
  • mimpi memelihara burung pintar berkicau sangat pintar
  • mitos burung
  • Mitos melepaskan burung kedasi

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!