Skip to content

Misteri Perkutut Ekor 13 Satrio Pemanah

Perkutut Ekor 13 Satrio Pemanah (facebook.com)

Burungnya.com – Perkutut Lokal dengan ekor 13 cukup spesial di mata Kung Mania. Bagaimana tidak, Perkutut Ekor 13 atau ganjil jarang sekali dimiliki kebanyakan Perkutut.

Burung Perkutut rata-rata memiliki ekor berjumlah genap. Jadi, kalau ada Perkutut yang ekornya ganjil, pasti dia termasuk istimewa.

Ya, umumnya ekor Perkutut berjumlah 14 helai. Jika kalian memiliki Perkutut, coba hitung dulu ekornya. Kira-kira ada berapa helai biar ketahuan katuranggannya apa?

Saya sendiri memiliki Perkutut ekor 13 dan lingkar mata kuning. Nah, kalau ekor 13 biasa disebut Perkutut Satrio Pemanah. Sedangkan mata kuning biasa dipanggil Perkutut Rondo Semoyo.

Memang ada beberapa Perkutut yang memiliki beberapa katuranggan di tubuhnya. Oke, sekarang kita fokuskan pembahasan pada Perkutut ekor 13 saja ya.

Mitos Misteri Perkutut Ekor 13

Perlu Anda ketahui, Perkutut Ekor 13 dinamakan Perkutut Satrio Pemanah. Kalau ekornya berjumlah 15 helai namanya Pendowo Mijil. Berbeda lagi, bila ekor Perkutut berjumlah 16, namanya jadi Satrio Wirang.

Konon katanya Perkutut ekor 13 memiliki tuah untuk pengasihan. Kami mengetahui info ini dari situs Hartalangit.com.

Selain itu, siapa saja yang memelihara Perkutut Satrio Pemanah, pemiliknya bakal disukai banyak wanita dan kalau pemiliknya masih jomblo, dia akan cepat mendapatkan jodoh.

Ekor Perkutut 13 Satrio Pemanah (facebook.com)

Ekor Perkutut 13 Satrio Pemanah (facebook.com)

Arti Nama Perkutut Satrio Pemanah

Mengapa burung Perkutut ini dinamakan katuranggan Satrio Pemanah? Alasannya karena ada kaitannya dengan kesatria penengah Pandawa atau ketiga yakni Arjuna.

Tahukah Anda, Arjuna mempunyai keahlian memanah sehingga sering dipanggil Satria Pemanah. Dalam pewayangan, Arjuna memiliki sosok yang tampan, ganteng, gagah, perkasa, dan disukai banyak wanita.

Oh iya, dalam hitungan Jawa, angka 13 jika dihitung 5 – 5 maka akan tersisa 3 yang diketahui sebagai ksatria ketiga Pandawa.

Perkutut Satrio Pemanah juga dikaitkan dengan Rukun Islam ketiga yakni puasa. Orang yang berpuasa godaannya besar dan banyak disukai wanita.

Cara Menghitung Perkutut Ekor 13

Untuk menghitung ekor Perkutut, coba hitung dulu dari samping. Bagian tubuh Perkutut dibuat terlentang, nanti ekornya akan mekar.

Kemudian hitung ekor Perkutut satu persatu. Pastikan tidak ada ekor yang lepas atau rontok. Dengan begitu, hitungan Anda bisa valid.

Misal, ekor Perkutut Anda dihitung masih 12 helai. Coba dilihat di bagian kulitnya, apakah ada bulu yang rontok atau tidak. Jika memang ekornya 12 berarti memang segitu jumlahnya.

Update Perkutut Ekor 13 Saya

Katuranggan Perkutut Rondo Semoyo Mata Kuning Pucat (olx.co.id)

Katuranggan Perkutut Rondo Semoyo Mata Kuning Pucat (olx.co.id)

Saat ini Perkutut ekor 13 dengan mata kuning sudah saya lepaskan. Saya tidak terlalu fanatik dengan katuranggan Perkutut. Sudah dirawat lama, tapi Perkutut tidak mau bunyi, mungkin karakternya memang seperti itu. Bunyi Perkutut ini lebih sering malam hari.

Daripada menunggu lama sampai Perkutut gacor, lebih baik saya lepaskan biar hidup di alam. Perkutut saya dulunya sering jadi pemikat karena di sekitar rumah saya jadi banyak Perkutut, dan Puter yang berdatangan.

Entah karena katuranggan tadi atau memang burung saya banyak disukai. Namun, yang jelas burung tersebut daya pikatnya tinggi. Sekarang saya sudah beli burung Perkutut lagi. Pas awal beli belum ada katuranggan sama sekali. Kemudian tiba-tiba muncul katuranggan mata kuning atau Perkutut Rondo Semoyo.

Perkutut ini sudah saya mandikan terus menerus, tapi matanya tetap kuning. Mungkin memang dia katuranggan Rondo Semoyo. Jadi, burung yang saya lepaskan dulu seolah sudah digantikan dengan Perkutut saya yang baru.

Apa kelebihan Perkutut Rondo Semoyo saya yang sekarang? Sampai saat ini Perkutut rajin manggung di pagi hari dan kadang malam hari jam 01.00 bunyi sendiri. Walau suaranya tidak menggelegar tapi sudah cukup memuaskan untuk spesifikasi Perkutut lokal ombyokan.

Cara Merawat Perkutut Rondo Semoyo

Perawatan Perkutut lokal ini masih sederhana sekali, yaitu kasih pakan milet campuran, minum air putih biasa, dan tulang sotong. Setiap hari Perkutut dijemur sampai sore. Kalau mendung dia tidak dijemur. Penjemuran tidak di bawah sinar matahari langsung tapi di bawah pohon ketepeng kecil.

Sinar matahari masuk ke sangkar melalui celah-celah dedaunan. Jadi, walau burung dijemur sampai sore, dia tidak kepanasaan. Oh iya, pastikan minuman selalu penuh karena Perkutut saya suka sekali minum dan main air.

Kalau malam, Perkutut saya taruh di luar tanpa kerodong. Jika di dalam rumah ada tempatnya, pasti saya masukkan. Sampai sekarang dia sudah terbiasa tidur di luar. Burung tidak terlalu suka mandi, jadi jarang sekali saya mandikan. Paling Perkutut saya saya mandikan sebulan sekali. Namun, kotoran saya bersihkan seminggu sekali karena tidak bau dan kotorannya tidak terlalu banyak.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian mitos misteri Perkutut ekor 13 atau biasa disebut Satria Pemanah. Bahagialah Anda yang memiliki Perkutut tersebut, karena banyak wanita yang menyukai Anda walau mereka tidak mengatakannya secara langsung.

Walau banyak yang tidak mengatakan, coba Anda tembak wanita tersebut satu persatu. Jika beberapa dari mereka, mengatakan mau menjadi kekasih Anda, berarti memang benar katuranggan Perkutut Satrio Manah bisa membuat wanita jatuh hati.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • Harga perkutut lokal ekor 13
  • https://burungnya com/misteri-perkutut-ekor-13-satrio-pemanah/
  • Perkutut Rondo Semoyo ekor 13
  • burung prkutut ckor 13
  • ekor perkutut 13
  • kurut lolkal ekor 13

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.