5 Solusi Lovebird Jarang Gantang Akibat Pandemi COVID19

Burungnya.com – Burung Lovebird yang gacor di rumah, belum tentu gacor di gantangan. Oleh karena itu, banyak kicau mania ngegantang Lovebird di akhir pekan untuk menguji performa burung. Sayangnya, selama pandemi COVID19, gantangan banyak yang tutup.

Ya, peraturan pemerintah telah sepakat untuk melakukan PPKM Darurat. Ini membuat banyak usaha tutup, termasuk tempat makan, mall, hingga tempat-tempat yang biasa kemungkinan dipakai untuk berkerumun.

Pemerintah mengeluarkan PPKM Darurat karena penyebaran virus Corona semakin parah. Banyak korban berjatuhan dan akibatnya mau tidak mau harus diadakan penyekatan dan pengetatan dalam beraktivitas.

Walau tujuannya baik, tapi di lapangan tidak demikian. Banyak orang mencari hidup dengan cara berdagang kecil-kecilan. Namun, karena pandemi, semuanya harus tutup.

Baca juga: 10 Cara Menyiapkan Lovebird Lomba Setiap Akhir Pekan

Gantangan Lovebird Mini (youtube.com)
Gantangan Lovebird Mini (youtube.com)

Gantangan Tutup Performa Lovebird Turun

Penghasilan menurun drastis, bahkan ada juga yang tidak berpenghasilan sama sekali. Ini juga dirasakan oleh pemilik gantangan. Biasanya gantangan ramai di akhir pekan, sekarang terpaksa tutup karena PPKM Darurat.

Burung Lovebird yang biasa top perform di gantangan menjadi ngedrop karena tidak pernah latihan. Bagaimana mau latihan, tempat gantangan atau latberan saja tutup.

Burung tipe lomba seperti ini harus ada lawan biar dia tambah gacor dan ngekek panjang. Kalau cuma main sendiri di rumah, mana tahu performanya yang sesungguhnya.

Baca juga: Penelitian Cara Memahami Settingan Lovebird Lomba dalam 1 Bulan

Solusi Buat Gantangan Mini Sendiri

Pandemi ini tidak akan berhenti dalam hitungan hari. Jadi mungkin masih lama gantangan tutup. Solusinya ya Anda bisa membuat gantangan mini sendiri bersama teman atau tetangga.

Meski begitu, tetap patuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Tujuannya apa, agar Anda tetap sehat dan tidak terkena virus Corona dan hobi gantangan terus jalan.

Walau sensasinya berbeda dengan gantangan, tetapi paling tidak Anda sudah bisa memuaskan Lovebird untuk bertarung dan bercengkrama dengan Lovebird lain.

Cara Buat Gantangan Mini

Anda tidak perlu membuat gantangan yang mirip dengan gantangan pada umumnya. Sebenarnya tiang yang biasa buat jemuran juga bisa dimanfaakan untuk gantangan mini.

Bagi Anda yang punya lahan cukup luas, manfaatkan untuk membuat gantangan mini. Tidak perlu terlalu luas, di parkiran mobil saja sudah cukup.

Baca juga: 12 Tips Membuat Gantangan Mini yang Aman Virus Corona

Yang terpenting anggota yang ikut tidak banyak atau dibatasi 3-5 orang saja. Untuk peserta lain dibagi menjadi beberapa sesi.

Loading...
Gantangan Burung Lovebird Mini (youtube.com)
Gantangan Burung Lovebird Mini (youtube.com)

1. Lokasi Gantangan Mini

Buat teras atau tempat parkir mobil menjadi gantangan mini sementara. Kanopi yang mendukung untuk gantungan sangkar bisa dimanfaatkan untuk gantung beberapa burung.

2. Jumlah Peserta

Saran kami, batasi jumlah peserta gantangan mini. Pesertanya cukup 3-5 orang saja. Apabila ada 10 orang yang ingin ikut, berarti buat gantangan jadi dua sesi dengan waktu yang berbeda.

Apabila jumlah peserta terlalu banyak, maka Anda bisa membuat gantangan mini lagi di lokasi lain. Nanti antar peserta bisa bertukar lokasi di setiap minggunya.

3. Patuhi Protokol Kesehatan

  • Agar aman dari virus Corona, patuhi protokol kesehatan. Pastikan Anda terbebas dari COVID19 atau minimal Anda sudah melakukan vaksin pertama dan kedua.
  • Setiap mau masuk area gantangan, peserta harus cuci tangan pakai sabun.
  • Pakai masker dua lapis (masker medis dan masker non medis).
  • Jaga jarak minimal 2 meter.
  • Tidak saling berjabat tangan atau salaman antar peserta (hindari kontak fisik).
  • Sediakan hand sanitizer di lokasi strategis.
  • Peserta yang sakit sebaiknya menunda latihan bersama (latber) atau pulang saja dan beristirahat.
  • Selesai gantang peserta boleh ngobrol tapi jaraknya 2 meter.

4. Peraturan Gantangan Mini

Nah, karena ini gantangan mini, sesuaikan saja sendiri peraturannya seperti apa sesuai dengan kesepakatan bersama.

Anda tidak perlu tiket karena sifatnya latihan bersama. Untuk hadiah bagaimana? Kalau hadiah juga bisa didiskusikan dengan peserta. Enaknya diberi hadiah atau tidak.

Baca juga: 17 Tips Merawat Lovebird Jantan Single Fighter Agar Stabil di Lomba

Tujuan utama gantangan mini untuk melatih burung agar performa tidak turun. Jadi, sebenarnya tidak ada tiket dan hadiah, tidak masalah.

Anda juga bisa bawa jajan sendiri-sendiri biar lebih seru. Misal, pak Adi bawa gorengan, pak Ahmad bawa kopi, kemudian pak Agung bawa keripik singkong, dan lain sebagainya.

5. Gantangan Mini Sabtu atau Minggu

Nah, karena pembatasan PPKM Darurat, Anda bisa melakukan gantangan mini seminggu sekali di hari Sabtu atau Minggu. Ini hiburan selama pandemi di rumah tanpa kegiatan sama sekali.

Sabtu Minggu banyak orang yang libur dan bingung mau ke mana karena semua tempat hiburan tutup. Lebih baik, dimanfaatkan waktu Sabtu Minggu untuk menyelenggarakan gantangan mini.

Baca juga: Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Bunyi di Lomba

Kesimpulan

Demikian kurang lebih solusi Lovebird yang tidak bisa gantang karena gantangan tutup. Performa burung Lovebird harus selalu dilatih biar tidak turun.

Selama ada teman, Anda bisa buat gantangan sendiri dengan teman 1 orang atau 2 orang. Yang penting burung dilatih atau ditrek agar mentalnya tidak ngedrop.

Jangan lupa protokol kesehatan nomor 1. Percuma puas gantang kalau pulangnya positif COVID-19. Kasihan keluarga di rumah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!