10 Tips Beli Burung agar Tidak Menyesal

10 Tips Beli Burung agar Tidak Menyesal

Burungnya.com – Beli apapun tidak boleh sembarangan, termasuk membeli burung. Sebab, kalau asal beli, maka hasilnya bisa jadi akan mengecewakan. Nah, sebelum Anda menyesal setelah membeli burung, lebih baik Anda ikuti beberapa tips dalam membeli burung baru.

Apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli atau memilih burung? Cukup banyak, hal yang perlu diperhatikan, terutama bagian fisik burung tersebut. Pasalnya, fisik burung mempengaruhi, apakah burung tersebut dalam kondisi sehat atau sakit-sakitan.

Daripada membeli burung yang sakit dan tidak bisa berkicau, lebih baik Anda mengamati fisiknya dengan cermat. Lihat tubuh burung dari ujung kepala sampai ujung kaki. Apakah burung memiliki cacat fisik atau tidak? Kondisi seluruh anggota tubuh dalam keadaan sehat atau tidak?

Pasar Burung Terkenal di Indonesia (travelingyuk.com)
Pasar Burung Terkenal di Indonesia (travelingyuk.com)

Dengan mengamati hal-hal dasar tersebut kemungkinan besar Anda akan mendapatkan burung yang bagus. Namun, perlu Anda ketahui bahwa pembahasan ini di luar burung yang jaminan prestasi. Jadi, ini tips membeli burung yang sehat agar di kemudian hari tidak kecewa karena burung ternyata cacat atau sakit.

1. Burung Buta

Perhatikan bagian mata burung. Apabila mata burung bermasalah dan tidak bisa melihat lingkungan sekitar dengan baik, maka burung tersebut jangan dibeli. Anda dapat membeli burung yang lain. Oh iya untuk mengetahui mata burung buta atau tidak, cirinya mata burung yang buta biasanya berwarna keputihan secara menyeluruh.

2. Jangan Beli Burung yang Mencabuti Bulu Sendiri

Burung yang sering mencabuti bulu kurang bagus kualitasnya. Lebih baik Anda tidak membeli burung tersebut. Ciri burung yang sering mencabuti bulu adalah bagian bulu di bawah perut terlihat mengalami kebotakan, banyak bulu besar yang rusak, dan kurang rapi. Burung yang sering yang cabul atau cabut bulu biasanya terjadi setelah mandi.

3. Burung Cacat Fisik

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, kalau membeli burung harus dilihat dan diamati dari ujung kepala sampai ujung kaki. Lihat apakah penglihatan normal, pendengaran normal, paruh bagus, sayap rapi dan bersih, jumlah jari kaki lengkap, cara berdiri bagus, dan lain-lain.

4. Burung Tidak Mempunyai Ekor

Saat burung tidak memiliki ekor, biasanya banyak kemungkinan yang terjadi. Bisa jadi burung sedang sakit, mabung, cacat fisik, atau ekor sengaja dipotong untuk alasan tertentu, dan ekor mau disambung dengan ekor palsu. Oleh karena itu, daripada mengambil risiko, lebih baik tidak usah dibeli burung yang tidak memiliki ekor.

Pasar Burung Splendid Malang (travelingyuk.com)
Pasar Burung Splendid Malang (travelingyuk.com)

5. Burung Belum Makan Voer

Jangan mengambil risiko dengan membeli burung yang belum makan voer. Untuk memudahkan perawatan, lebih baik beli burung yang sudah makan voer. Terkadang melatih burung makan voer juga cukup sulit. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan dulu sebelum membeli burung, burung tersebut harus sudah dapat makan voer.

Loading...

6. Kondisi Burung Lemah

Apabila kondisi burung terlihat lemah dan lesu, alangkah baiknya tidak usah membeli burung tersebut. Burung yang seperti ini biasanya gampang sakit atau sedang sakit. Ciri burung yang lemah, dia sering di dasar sangkar, tubuhnya terlihat miring, dan malas makan.

7. Burung Tidak Mau Makan Voer

Hindari membeli burung yang tidak mau makan extra fooding (EF). Soalnya, burung tersebut biasanya sedang sakit atau burung tangkapan hutan yang menggunakan mata pancing. Burung-burung seperti ini biasanya trauma sehingga tidak mau diberi pakan extra fooding.

8. Burung Tangkapan Hutan

Jangan membeli burung hasil tangkapan hutan. Biasanya burung tersebut memiliki trauma besar dan mudah stres. Sebab, proses penangkapannya yang tidak manusiawi atau menyakitkan. Cirinya, burung tangkapan hutan, selalu terlihat galak, tapi kadang ketakutan.

Pasar burung (finchpolis)
Pasar burung (finchpolis)

9. Indukan Burung di Musim Trotolan

Jangan beli indukan burung di musim trotolan. Sebab, burung tersebut memiliki tingkat stres yang tinggi dan selalu teringat anak-anaknya. Saat perawatan, burung beresiko mati mendadak karena stres memikirkan keluarganya.

10. Burung Memiliki Suara yang Aneh

Saat suara burung terdengar aneh, lebih baik tidak perlu dibeli. Burung seperti ini bisa saja sedang sakit tenggorokan atau mengalami gangguan di pita suara. Kalau burung dibeli, bisa jadi sampai rumah burung tidak mau bunyi.

Demikian beberapa tips membeli burung agar tidak menyesal. Saran kami belilah burung di tempat terpercaya atau orang yang sudah lama berkecimpung di dunia burung. Kalau mau lebih aman, datang saja ke penangkaran langsung dan beli burung dari keturunan indukan yang bagus.

Baca juga:

Di samping itu, Anda juga bisa mengajak teman yang sudah berpengalaman terhadap burung tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui keadaan burung tersebut seperti apa. Jangan sungkan untuk meminta arahan dalam membeli burung kepada kicau mania yang lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Burung Derkuku cacat fisik mempengaruhi untuk bersuara ?
  • burung lb jari kaki kurang rapi

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!