13 Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli yang Bagus

Burungnya.com – Dari berbagai jenis Murai Batu, hampir semuanya memiliki kualitas yang bagus. Namun, banyak kicau mania tetap tertarik pada satu jenis saja, yaitu burung Murai Batu Medan.

Burung ini saking populernya sampai banyak yang ternak Murai Batu. Kemudian mereka menjual Murai Batu Medan dengan embel-embel asli. Padahal sekarang kalau dilihat di tempat asalnya langsung, Murai Batu Medan sudah tidak ada di alam.

Murai Batu Medan Hasil Ternak

Kalau ada orang yang menjual Murai Batu Medan asli, sudah pasti itu hasil ternak. Jika penjual bilang itu Murai Batu alam Medan asli, jangan percaya karena di habitat aslinya sudah mulai sirna.

Untungnya, cukup banyak kicau mania yang sadar akan kelestarian burung Murai Batu Medan. Mereka langsung menangkar Murai Batu tersebut agar bisa dinikmati anak cucu di masa mendatang.

Baca juga: 10 Cara Ternak Murai Batu Medan dengan Perhitungan Usaha yang Sukses

Burung Murai Batu Medan Hampir Dijadikan Burung Dilindungi

Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli (thainationalparks.com)
Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli (thainationalparks.com)

Terbukti sekarang banyak sekali penangkar Murai Batu Medan. Beberapa tahun lalu, Murai Batu sempat dimasukkan daftar burung dilindungi, sehingga terjadi protes besar-besaran di kalangan pecinta burung.

Banyak pro kontra antara kicau mania dan organisasi pecinta satwa. Namun, setelah keduanya dipertemukan, akhirnya Murai Batu tidak jadi didaftar dalam daftar burung dilindungi. Alasannya karena penangkar burung Murai Batu sangat banyak di Indonesia.

Sehingga rumor yang mengatakan Murai Batu mulai punah sebenarnya tidak terbukti. Hanya saja, burung-burung di alam mulai berkurang drastis. Nantinya, para penangkar juga diminta untuk melepas beberapa burung agar habitat burung Murai Batu di alam tetap terjaga.

Kembali ke Murai Batu Medan, sekarang saatnya Anda mengetahui seperti apa Murai Batu yang asli. Jangan sampai tertipu karena sudah banyak korbannya.

Baca juga: 12 Ciri Fisik Murai Medan yang Asli agar Tidak Tertipu

Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli

1. Kepala

Dari bagian kepala, burung Murai Batu Medan sudah kelihatan indah dan proporsional. Ekor Murai Batu Medan sangat panjang, tapi ukuran kepalanya bisa pas, tidak terlalu besar atau kecil.

Ibarat kata, Murai Batu Medan tampak ganteng auranya waktu dilihat dari bagian kepala, terutama sorot matanya yang tajam.

2. Fisik

Anda mungkin sudah tahu, bahwa ekor Murai Batu sepanjang 35 cm. Dari sini sudah pasti burung harus memiliki fisik kuat supaya bisa mengendalikan ekor yang panjangnya sepertiga meter.

Ada Murai Batu Medan asli yang kuat sampai bisa menggoyangkan ekornya sampai menyentuh kepala. Ini menandakan Murai tersebut kuat fisiknya.

3. Ekor

Ya, bila diukur Murai Batu Medan memiliki panjang ekor 27-35 cm. Sudah bisa dibayangkan bukan ekor Murai Batu Medan panjangnya setara dengan lengan orang dewasa.

Walau panjang Murai Batu ini tetap bisa menaikturunkan ekornya ke atas dan ke bawah seperti penari yang indah. Ini salah satu faktor banyak orang menyukai burung Murai Batu Medan.

Ciri Murai Batu Medan Asli Ekor Panjang (logosrated.net)
Ciri Murai Batu Medan Asli Ekor Panjang (logosrated.net)

4. Bentuk Ekor

Kalau diperhatikan, Murai Batu Medan asli memiliki ciri khusus berupa motif ekor seperti huruf U. Nah, huruf U ini seperti terbelah di bagian tengah.

Sementara Murai Batu lain tidak mempunyai ciri khusus seperti itu. Jadi, sebenarnya bila dilihat dari bentuk ekornya sudah kelihatan mana Murai Batu Medan asli dan yang palsu.

5. Strip Ekor

Ada juga ciri-ciri Murai Batu Medan asli yang bisa dikenali dari strip ekornya. Anda coba perhatikan bagian ekor burung tersebut secara saksama.

Nanti akan kelihatan ekor Murai Batu Medan mempunyai strip warna putih hitam berjumlah empat pasang. Kalau Murai lain jumlahnya berbeda.

Loading...

6. Warna Bulu

Perhatikan pula pada bagian bulunya. Hal ini bisa menjadi penanda kalau dia Murai Batu Medan yang bagus. Ciri-ciri Murai ini ada kombinasi warna cokelat tua dan hitam keabu-abuan pada bagian dadanya.

Untuk warna bulu lainnya didominasi warna hitam. Bulu Murai Batu Medan sangat spesial karena kalau terkena sinar matahari warnanya mengkilat dan berkilauan.

Baca juga: 10 Ciri Murai Batu Medan yang Asli Lengkap

7. Kaki

Anda pasti mengira bahwa kaki Murai Batu Medan warnanya hitam, padahal warna kakinya merah gelap. Kebanyakan Murai muda memang warna kakinya merah gelap.

Kalau burung yang sudah tua, kakinya lebih gelap lagi dan ada sisik atau lekukan yang menyerupai buah belimbing. Ini menandakan Murai Batu Medan sudah dewasa.

8. Postur Tubuh

Sudah sempat kami singgung sebelumnya, bahwa postur tubuh Murai Medan memang besar. Perlu Anda ketahui jenis Murai Batu yang lain tidak sebesar Murai Batu Medan.

Tubuh besarnya memang untuk menopang ekornya yang panjang. Kalau tubuhnya kecil, nanti dia tidak kuat membawa ekornya sendiri. Oleh karena itu, sebagian besar Murai Batu Medan asli tubuhnya besar-besar.

Murai Batu Medan Asli yang Bagus (birdseye.photo)
Murai Batu Medan Asli yang Bagus (birdseye.photo)

9. Bulu Hitam Indah

Coba perhatikan warna bulu hitamnya saat terkena sinar matahari. Pasti Anda terkejut karena warna bulu hitamnya seperti ada minyaknya. Maksudnya ada seperti kilauan pelangi hitam kebiru-biruan.

Untuk mempertahankan bulu indahnya, Anda harus rajin memandikan burung Murai Batu Medan. Kalau sampai kotor dan tidak terawat warna bulu indahnya akan pudar.

Baca juga: 12 Perbedaan Murai Batu Malaysia dan Murai Batu Medan

10. Suara

Sudah pasti suara Murai Batu Medan asli sangat gacor, jernih, nyaring, dan panjang. Suaranya memiliki intonasi yang jelas dan keras. Apabila sudah memiliki suara isian, dia bisa ngerol panjang tanpa jeda.

Lagi-lagi, ini yang menjadi daya pikat kicau mania saat akan meminang Murai Batu Medan. Apabila kicau mania sudah mendengar suaranya secara langsung, dia tidak akan bisa tidur.

Malamnya selalu gundah gulana dan pasti ingin segera meminang Murai Batu Medan tersebut. Sebab, suara Murai ini bikin tak fokus melakukan aktivitas maupun kerja. Kalau sudah memiliki satu ekor Murai Batu Medan, rasanya hidup lebih plong dan nyaman.

11. Karakter

Tipe dan karakter Murai Batu Medan sangat fighter dan garang. Kalau di lomba emosinya bisa naik dan seperti ingin berkelahi dengan semua burung.

Hal tersebut wajar, karena Murai Batu Medan termasuk burung teritorial yang selalu mempertahankan wilayahnya dari burung-burung lain.

Baca juga: Cara Mengenali Murai Batu Medan Asli dari Ciri Fisiknya

12. Mata

Oh iya, tadi belum sempat membahas matanya. Mata Murai Batu Medan sangat tajam. Apabila dia sedang marah, pandangannya tertuju pada satu titik dan tidak akan berkedip.

Tatapan yang menakutkan ini membuat Murai Batu Medan ditakuti di lapangan lomba. Murai yang lain bisa mindar dan terdiam saat lomba.

13. Gaya Tarung

Nah, karena Murai Batu Medan asli tipikal burung fighter, gaya tarungnya mirip ular kobra. Ini bisa dilihat dari bagian kepalanya yang meliak-liuk seperti kobra.

Kalau burung Kacer ngobra yang tampak bagian ekornya mekrok. Berbeda dengan Murai Batu Medan, justru kepalanya yang mirip ular kobra. Ekornya biasanya mengikuti dengan goyangan naik turun cetek-cetek.

Baca juga: Harga Murai Batu Medan Termurah hingga Termahal

Kesimpulan

Demikian ciri-ciri Murai Batu Medan asli yang bagus. Apakah ada burung Murai Medan yang tidak bagus? Tentu saja, terutama yang katanya asli ternyata palsu.

Sekilas mirip sekali dengan Murai Batu Medan asli, tapi setelah ditelusuri asal usulnya dan penangkarannya ternyata bukan Murai Batu Medan.

Banyak orang tertipu karena ingin memiliki Murai Batu Medan asli, ternyata yang didapat Murai Batu lain. Ada juga oknum nakal yang menyambung ekornya agar kelihatan panjang seperti Murai Medan.

Burung jadi kelihatan memiliki ekor panjang, tapi gerakannya jadi tidak nyaman karena tidak terbiasa membawa ekor panjang. Jadi, saat beli Murai Medan asli, cek juga bagian pangkal ekornya, ada bekas lem atau tidak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!