10 Fakta Menarik Burung Kedasih Si Pembawa Kematian dan Burung Licik

Burungnya.com – Orang-orang yang sudah mengenal burung Kedasih, pasti tidak mau memelihara burung tersebut. Soalnya, burung Kedasih dikenal sebagai burung pembawa kematian dan burung yang licik. Di samping itu, fakta menarik burung Kedasih malah membuat kicau mania ketakutan.

Kenapa mereka bisa ketakutan dengan burung Kedasih? Ternyata mitos yang beredar tentang burung Kedasih memang menyeramkan. Konon katanya, burung Kedasih jadi tanda pembawa kematian seseorang.

Burung ini disinyalir dapat memberitahu datangnya malapetaka. Minimal burung Kedasih dapat mengabarkan seseorang bakal terkena penyakit tertentu.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Tentang Burung Kenari yang Jarang Diketahui

Loading...

Itu tadi sebagian alasan kenapa banyak orang tidak mau merawat burung Kedasih. Sebenarnya masih banyak lagi alasan lainnya. Semua akan kami rangkum menjadi 10 fakta menarik burung Kedasih.

Gambar Burung Kedasih Jahat (flickr.com)
Gambar Burung Kedasih Jahat (flickr.com)

1. Tidak membuat sarang

Ternyata burung Kedasih tidak pernah membuat sarang sendiri. Burung ini lebih suka menitipkan telurnya pada sarang burung lain.

2. Buang telur burung lain

Kami sempat menyinggung bahwa burung Kedasih termasuk burung yang licik. Ternyata alasannya karena burung ini sering membuang telur burung lain. Sudah menitipkan telurnya sendiri ke burung lain, burung Kedasih juga masih membuang telur burung lainnya.

3. Anak burung Kedasih jahat

Tidak hanya induknya, anak burung Kedasih juga mewarisi perilaku yang sama. Jika induk burung Kedasih tidak membuang telur burung lain, maka yang akan melakukannya adalah anak burung Kedasih sesaat setelah menetas.

Selain itu, anak burung Kedasih juga mencakar-cakar anak burung lain sampai mati. Itulah mengapa anak burung Kedasih disebut jahat.

Baca juga: 15 Fakta Menarik tentang Burung Walet dan Sarang Burung Walet di Indonesia

4. Minta makan burung lain

Kalau anak burung lain sudah terlanjur menetas, anak burung Kedasih akan meminta makan pada anak burung lainnya. Istilahnya, mereka akan memalak anak burung lain untuk membuat perut kenyang.

5. Jangan sampai kemasukan suara burung Kedasih

Burung kicau jangan sampai kemasukan suara burung Kedasih. Sebab efeknya sangat buruk. Harga jual burung bisa jatuh dan semua kicau mania cenderung tidak mau membelinya.

Baca juga: 12 Fakta Menarik Tentang Lovebird

6. Burung Kedasih suka menyendiri

Bila burung lain suka berkelompok dan berpasang-pasangan, sementara burung Kedasih justru lebih memilih untuk hidup menyendiri.

7. Jenis burung Kedasih di Indonesia

Di Indonesia ada 4 jenis burung Kedasih, di antaranya Burung Kedasih atau Wiwik Uncuing, burung Wiwik Kelabu, burung Wiwik Lurik, dan burung Wiwik Hitam.

Baca juga: 10 Ciri dan Fakta Menarik tentang Burung Hantu Putih

8. Suara burung Kedasih

Burung Kedasih mempunyai suara yang khas, yaitu wi pi wi pi wi pi pi wi wi wi wi. Biasanya suara kicauannya diulang-ulang 10-25 kali. Suaranya terdengar menakutkan dan mencekam.

9. Nama burung Kedasih

Burung Kedasih memiliki banyak nama panggilan, seperti Cirit Uncuing (Orang Sunda), Emprit Gantil (Orang Jawa), Cuculus merulinus (nama latin), dan Paintive cuckoo di mancanegara karena masih berkerabat dengan european cuckoo (Cuculus canorus).

Baca juga: 36 Fakta Unik dan Mitos Burung Hantu yang Mencengangkan

10. Wilayah penyebaran burung Kedasih

Biasanya, burung Kedasih sering dijumpai di wilayah pedesaan, perkebunan, dan tepi hutan di ketinggian 130 meter di atas permukaan air laut.

Dari beberapa fakta menarik burung Kedasih, sebagian besar menceritakan bahwa burung tersebut burung yang jahat dan licik. Ya, walau namanya cantik, yaitu Kedasih kekeluargaan dan welas asih, tapi ternyata perilakunya buruk sekali.

Baca juga: Fakta Mengejutkan dan 10 Ciri Cucak Ijo Banyuwangi yang Asli

Hal ini sama seperti peribahasa buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Artinya, kelakuan anak tak pernah jauh dari kelakuan orangtuannya. Jadi apa yang dilakukan orangtua biasa
ditiru oleh anaknya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan disimpan sendiri tapi bagikan ke teman-teman lainnya. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar