Makanan Burung Hantu Agar Cepat Tumbuh Besar

Burungnya.com – Bagi sebagian orang, burung Hantu termasuk hewan yang menakutkan. Namun, karena pengaruh film Harry Potter, pelihara burung Hantu menjadi menyenangkan.

Banyak orang yang terpikat memelihara burung tersebut setelah melihat film Harry Potter. Namun, sebagian dari mereka kurang mengetahui makanan burung Hantu yang bisa membuatnya tumbuh besar dengan cepat.

Maklum saja, karena sejatinya burung Hantu hidup di alam bebas. Kalau dipelihara di rumah, tentu burung tersebut adaptasi yang ekstra keras.

Biasanya dia mencari makan sendiri dengan cara berburu. Sekarang makanan sudah tersedia di wadah pakan atau dikasihkan langsung dengan tangan.

Walau sekilas lebih memudahkan burung, tapi burung bisa saja tersiksa karena burung predator cenderung suka mencari makanan dengan cara berburu. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda harus memberikan makanan owl dalam bentuk hidup, biar dia bisa memangsanya.

Baca juga: 10 Makanan Burung Hantu Anakan dan Dewasa

Makanan Burung Hantu Biar Cepat Besar

Dalam memelihara burung Hantu, idealnya tidak menggunakan kandang. Sebab, kandang bisa membuatnya stres dan menyakiti dirinya sendiri. Burung Hantu bisa dipelihara dengan cara mengikat kakinya di tangkringan besar.

Ada juga penangkar burung Hantu yang memelihara burung tersebut di dekat sawah. Tujuannya biar burung-burung tadi bisa mencari mangsa di persawahan. Sehingga sekalian dia bisa membantu petani membasmi hama tikus atau ular.

Burung Hantu bisa mencari makanan hingga jarak 12 km dari tempat tinggalnya. Nanti dia akan kembali sendiri bila sudah memperoleh makanan kesukaannya. Ini khusus untuk burung Hantu yang terlatih.

Makanan Burung Hantu Biar Cepat Besar (animalspot.net)
Makanan Burung Hantu Biar Cepat Besar (animalspot.net)

Tikus Putih dan Daging Ayam

Tahukah Anda sepasang burung Hantu bisa menghabiskan tikus putih sampai 10 ekor dalam sehari. Bahkan, bila mereka sedang lapar, 30 ekor tikus bisa habis.

Loading...

Biasanya burung Hantu akan berburu makanan di sawah setelah maghrib. Bila burung Hantu kembali dengan tangan kosong, sebaiknya Anda siap-siap memberikan tikus putih daging ayam, hingga usus ayam.

Sebenarnya masih banyak jenis makanan burung Hantu yang lain. Namun, untuk yang paling simpel dan mudah cuma tikus putih dan daging ayam.

Harganya makanan tersebut bisa dibilang murah dan terjangkau. Anda juga bisa mendapatkannya di pasar hewan atau beli secara online.

Baca juga: 10 Makanan Burung Hantu Celepuk dan Cara Pemberian

Daftar Makanan Burung Hantu

  • Tikus putih kecil
  • Ikan kecil
  • Jangkrik
  • Katak kecil
  • Anak burung puyuh
  • Daging ayam
  • Usus ayam
  • Burung kecil
  • Anak ayam

Ingat burung hantu merupakan hewan karnivora. Sehingga dia hanya bisa makan daging-dagingan yang masih segar. Burung Hantu tidak bisa makan sayur, buah, biji-bijian, voer, pelet, dan lain-lain.

Sesuaikan pemberian makanan burung Hantu mirip dengan habitatnya di alam. Jangan asal memberikan makanan yang mirip dengan burung lain.

Coba cari makanan burung Hantu di marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, hingga JDID, pasti Anda tidak bisa menemukan makanan burung Hantu kemasan.

Baca juga: 18 Makanan Burung Hantu Terbaik Di Sekitar Rumah

Di sana tetap saja makanan burung Hantu yang dijual berupa anak ayam, anak burung puyuh, tikus putih, dan lain sebagainya. Tidak ada yang menjual voer burung Hantu karena mereka tidak bisa makan voer.

Kalau Anda merasa kesulitan memberikan makanan pada burung Hantu, sebaiknya jangan pelihara burung tersebut. Nanti yang rugi Anda sendiri karena sudah keluar banyak uang. Kemudian burung juga bisa mati dan kehilangan nyawa karena Anda tidak benar dalam memberi makanan.

Kesimpulan

Demikian daftar makanan burung Hantu agar cepat besar. Beberapa makanan tadi mudah didapat di lingkungan sekitar secara gratis. Ada juga makanan yang harus beli dulu karena tidak bisa ditemukan di alam.

Walaupun begitu, tidak masalah keluar uang lebih untuk makanan burung Hantu. Di awal pelihara burung Hantu, Anda pasti sudah berkomitmen untuk merawat dia dengan baik, termasuk keluar banyak uang. Jadi jangan setengah-tengah dalam memelihara burung Hantu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!