10 Manfaat Gantang Pleci di Tempat Tinggi dan Dampak Negatifnya

Burungnya.com – Apakah menggantang Pleci di ketinggian seperti burung Perkutut mempunyai manfaat yang baik? Ternyata gantang burung di tempat tinggi mempunyai sejumlah manfaat positif. Seperti diketahui bersama, burung Perkutut digantang atau dikerek di tiang tinggi supaya manggung dan gacor. Selain itu, lomba Perkutut selalu dilakukan di tiang-tiang yang tinggi.

Gantangan tiang kerekan burung Perkutut (jumaribagus.blogspot.com)
Gantangan tiang kerekan burung Perkutut (jumaribagus.blogspot.com)

Lantas, apa gantangan tinggi atau tiang tinggi dapat menjadikan burung Pleci gacor dan ngalas? Ternyata Pleci bisa gacor dan ngalas saat dikerek di tempat yang tinggi. Alasannya, Pleci termasuk burung koloni yang harus selalu dekat dengan teman atau kelompoknya. Nah, saat terpisah atau sendirian di tempat tinggi, tentu Pleci akan mencari-cari teman-teman koloninya dengan cara berkicau gacor dan ngalas.

Tak hanya itu, sebenarnya ada manfaat lain yang bakal dirasakan burung Pleci ketika digantang di ketinggian. Berikut beberapa manfaat gantang Pleci di tempat tinggi seperti Perkutut.

Manfaat Gantang Pleci di Tempat Tinggi

  1. Burung Pleci akan terpancing mengeluarkan suara ngalas. Syaratnya, Anda harus menggantang burung Pleci lain di bawah tiang atau di sekitar tempat gantangan.
  2. Burung Pleci mempunyai mental petarung yang baik di lomba. Hal ini karena Pleci merasa mempunyai suara paling keras di ketinggian dan suara Pleci lain hanya terdengar pelan di bawahnya.
  3. Melatih burung Pleci lebih fokus mendengarkan suara Pleci atau suara masteran burung lainnya. Jika sering digantang berjejer, tentu burung akan merasa bosan atau terkadang malah ketakutan karena kalah mental.
  4. Burung Pleci seperti berada di alam bebas mirip dengan kehidupan hutan sebenarnya. Walau sekarang banyak gedung-gedung tinggi, hal ini masih tetap membantu Pleci menikmati suasana alam bebas dari ketinggian.
  5. Mengatasi burung Pleci stres karena bisa melihat pemandangan luas dari ketinggian. Saat Pleci stres, sebaiknya dipisahkan dari burung lain dan diletakkan di tempat yang tinggi atau di ruangan kosong.

Itu tadi beberapa manfaat gantang Pleci di ketinggian seperti Perkutut. Meski begitu, Anda juga harus berhati-hati saat mengerek burung Pleci ke tiang tinggi. Pasalnya, tempat yang tinggi juga memiliki dampak negatif jika Anda tidak menjaga burung dengan baik.

Loading...

Dampak Negatif Menggantang Burung Pleci di Tempat Tinggi

  1. Burung Pleci mudah sakit karena terkena angin kencang. Solusinya, gantang burung Pleci di waktu pagi sehingga jarang tertiup angin kencang.
  2. Pleci dehidrasi karena kepanasan di bawah sinar matahari. Solusinya, jangan terlalu lama gantang Pleci di ketinggian. Jika sudah mulai panas, maka segera turunkan burung Pleci.
  3. Jika digantang di dahan pohon, bahayanya bisa dimakan ular atau dikerubuti semut. Oleh karena itu, burung Pleci harus selalu diawasi saat menggantang burung di pohon.
  4. Kemungkinan sangkar burung Pleci jatuh dari ketinggian lebih besar. Solusinya, gantungan harus dipastikan terikat erat dengan kerekan. Paling tidak, sangkar burung tidak mudah tergoncang saat tertiup angin.
  5. Jika tidak ada burung Pleci atau suara burung lain di sekitar, maka burung Pleci akan merasa sendirian dan akhirnya malah macet bunyi.

Tinggi Tiang Kerekan yang Baik untuk Gantang Burung

Untuk masalah tinggi tiang kerekan, sebaiknya sekitar 5-7 meter, maksimal 8 meter. Hal ini supaya burung Pleci bisa melihat pemandangan lebih luas, bahkan lebih tinggi dari atap rumah.

Kalau Anda tinggal di rumah dengan lantai 2 atau lantai 3, sebaiknya burung Pleci cukup digantung di dinding depan lantai 2 atau lantai 3.

Gantang Pleci di tiang kerekan seperti Perkutut (burungbahagia.blogspot.com)
Gantang Pleci di tiang kerekan seperti Perkutut (burungbahagia.blogspot.com)

Bahan Tiang Kerekan untuk Gantang Burung

Tiang kerekan yang baik biasanya terbuat dari bahan besi. Alasannya, tiang lebih kokoh dan tidak mudah ambruk. Selain itu, tiang besi lebih awet bila dibandingkan dengan tiang dari bambu.

Bambu memang bisa buat tiang kerekan burung Pleci, tetapi bambu tidak terlalu awet karena mudah terbelah dan kering saat terkena panas dan hujan.

Demikian beberapa manfaat gantang Pleci di tempat tinggi dan dampat negatifnya. Yang terpenting, durasi gantang Pleci jangan terlalu lama. Sesuaikan dengan cuaca sekitar. Jika cuaca sedang cerah, maka Pleci digantang lebih lama tidak masalah. Namun, kalau cuaca sedang buruk, misal mendung atau terlalu panas, sebaiknya burung Pleci tidak perlu digantang di ketinggian.

Bahaya menggantang Pleci di kabel listrik (omkicau.com)
Bahaya menggantang Pleci di kabel listrik (omkicau.com)

Oh iya, jangan pula menggantang Pleci di tiang listrik. Walau tempatnya tinggi, tetapi gantang Pleci di tiang listrik lebih berbahaya karena bisa tersengat aliran listrik tegangan tinggi dan membahayakan Anda sendiri.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • apakah lb betina habis di ternak bisa top perporm seperti awal

Berikan komentar