Setingan Lovebird Betina Konslet dengan Untulan Jantan

Burungnya.com – Bagaimana cara membuat Lovebird konslet? Kalau Lovebird jantan, mungkin Anda sudah mengetahuinya. Tapi bagaimana dengan Lovebird betina? Apakah Lovebird betina bisa konslet.

Jangan salah, justru Lovebird betina sangat bisa konslet karena dia tidak mudah over birahi. Lovebird betina tidak mudah terpancing oleh burung yang lain.

Namun, hal tersebut sebatas pengamatan kami saja. Sebenarnya belum ada penelitian tentang hal tersebut.

Meski begitu, kebanyakan Lovebird berkelamin betina memang sering juara lomba dan tentunya konslet. Tapi gimana bisa begitu?

Baca juga:

Setingan Lovebird Betina Konslet

Ada satu rahasia yang bisa membuat Lovebird betina konslet. Rahasianya yaitu untulan atau pasangan. Untulan Lovebird betina harus seperti apa?

Anda harus memahami karakter Lovebird betina dulu. Gimana sifat Lovebird betina dan tingkah lakunya.

Setelah mengetahui semuanya, Anda bisa menentukan mau untulan seperti apa. Daripada lama mencari karakter Lovebird dan lain sebagainya, kami akan memberikan infonya sebagai berikut.

Setingan Lovebird Betina Konslet dengan Untulan
Setingan Lovebird Betina Konslet dengan Untulan

1. Lovebird Untulan

Kalau Lovebird betina, sudah pasti untulannya berkelamin jantan. Sementara Lovebird jantan bisa dikasih untulan Lovebird jantan atau betina.

Kriteria Lovebird jantan sebagai untulan harus konslet dan memiliki birahi yang stabil. Jadi, burung tersebut tidak gampang over birahi saat bertemu Lovebird betina.

Bagaimana cara menemukan Lovebird untulan jantan seperti itu? Tergantung hoki kalian. Jika sedang beruntung, saat jalan-jalan di pasar burung, Anda bisa menemukan Lovebird tersebut di kandang ombyokan.

Jika sudah menemukan Lovebird jantan dengan kualifikasi di atas, Anda cukup menyatukan kedua Lovebird tadi setiap hari.

2. Lovebird Mandi Sama-sama

Salah satu cara membuat Lovebird cepat konslet adalah memandikan kedua Lovebird bersama. Cara memandikan kedua Lovebird bisa dari satu kandang atau dipisah di dua kandang.

Di sini yang terpenting kedua Lovebird bisa saling melihat dan mendengar suara satu sama lain. Mandinya cukup disemprot embun saja menggunakan sprayer.

3. Penjemuran Lovebird

Untuk penjemuran juga dilakukan bersama-sama di dalam sangkar kotak atau kapsul. Yang terpenting Lovebird masih bersama.

Proses penjemuran kedua Lovebird sebentar saja, yaitu 15 menit. Lovebird dijemur di bawah saja atau di tanah.

4. Lovebird Lomba atau Gantangan

Saat mau naik gantangan lomba, ini pertama kalinya Lovebird dipisah. Lovebird betina diangin-anginkan dulu di sekitar lapangan.

Cari tempat yang teduh dan tidak terlalu bising. Lovebird dipisah di sangkar yang berbeda.

Lovebird betina disemprot halus di bagian tubuh. Tangkringan tidak perlu disemprot karena biasanya Lovebird malah tidur atau tidak mau kerja.

Walau tadi sudah dipisah, tapi Lovebird masih bisa melihat untulannya. Oh iya, berikan makanan yang banyak dan enak pada Lovebird betina.

Setelah mau naik gantangan, makanan diambil dan untulan ditinggal. Biarkan Lovebird betina mulai birahi tapi tetap pada jalurnya atau masih di tingkat aman.

Lovebird Betina Konslet
Lovebird Betina Konslet

Sehingga birahi Lovebird tersebut justru membuatnya konslet. Berbeda dengan Lovebird birahi yang kurang perawatan. Dia bisa melakukan tindakan aneh, seperti gesek tangkringan, ngeruji, nebok, gigit jeruji, macet bunyi, dan lain-lain.

Selesai gantangan, langsung persatukan keduanya. Tujuannya untuk menyalurkan birahi yang sebelumnya sudah memuncak. Lovebird betina kembali stabil birahinya.

5. Makanan Lovebird Konslet

Untuk Lovebird konslet, Anda bisa memberikan pakan EF berupa sayur kangkung, bayam, kecambah, dan timun.

Kalau biji-bijian, cukup milet putih yang bersih saja. Bahkan milet putih kiloan yang bersih, Lovebird juga suka.

Namun, ada baiknya milet putih dicampur rempah-rempah seperti kunyit, gingseng, madu, minyak, hingga telur.

Bahan-bahan tadi alam dan tradisional. Namun, bagus sekali untuk meningkatkan performa burung Lovebird.

Resep Pakan Lovebird Konslet

Bahan-bahan:

  • Kunyit
  • Temu ireng
  • Ginseng
  • Kayu manis
  • Madu
  • Telur puyuh
  • Minyak ikan
  • Milet putih

Cara membuat:

Takaran semua bahan secukupnya saja, tergantung dari milet putih yang dibutuhkan. Yang terpenting aroma racikan tradisional tidak terlalu menyengat.

Kalau menyengat sekali, biasanya Lovebird tidak mau makan. Jadi, sebisa mungkin rempah tetap masuk, tapi aroma biasa saja.

  1. Semua bahan dicampur menggunakan blender, tapi bisa dipotong kecil-kecil dulu.
  2. Tambahkan air sedikit, biar blender bisa berputar maksimal.
  3. Bila racikan sudah menjadi bubur, campurkan pada milet putih untuk merendam milet.
  4. Rendam milet putih selama 24 jam. Besoknya pasti aroma rempah akan keluar. Warna air menjadi kuning kecokelatan.
  5. Berarti milet putih sudah siap disaring. Penyaringan cukup menggunakan saringan biasa saja.
  6. Kemudian milet putih dikeringkan di bawah sinar matahari atau dimasukkan dalam oven. Bila Anda tidak ada oven, milet putih bisa disangrai di wajan tanpa minyak.
  7. Setelah itu, diamkan milet putih selama beberapa jam, sampai dingin.
  8. Baru milet putih bisa diberikan ke burung Lovebird betina konslet.

Kesimpulan

Demikian beberapa setingan Lovebird betina konslet dengan untulan Lovebird jantan. Kami memberikan bonus resep makanan Lovebird konslet.

Namun, takarannya bisa Anda sesuaikan sendiri. Takaran untuk resep tersebut tidak pasti tergantung dari jumlah milet putih.

Racikan tadi memang rahasia, sehingga takaran pastinya tidak disebarkan ke publik. Hal ini untuk menjaga rahasia dapur para penjual makanan Lovebird kemasan di pasaran.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • Setingan lb beti untul
  • cara merawat lb untulan jantan betina
  • Lb beti untul

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.