5 Cara Mengobati Kucing Diare Tanpa ke Dokter Hewan

Burungnya.com – Sebagian dari Anda mungkin akan panik saat mendapati kucing kesayangan sedang diare. Sebenarnya Anda bisa mengobatinya sendiri tanpa harus pergi dokter.

Pengobatan kucing diare dapat dilakukan mandi oleh siapapun asal mengetahui ilmunya. Meski tidak menutup kemungkinan Anda juga harus tetap pergi ke dokter bila kondisi kucing sudah sangat serius.

Syarat Kucing Diare Pengobatan Mandiri di Rumah

  • Diare kucing masih relatif ringan.
  • Kucing tidak muntah.
  • Selama sakit kucing masih mau makan.
  • Kucing masih dalam keadaan baik.
  • Kondisi kucing tidak lemas.

Apabila keadaan kucing masih cukup sehat dan baik-baik saja, Anda boleh merawatnya di rumah. Namun, bila kondisi kucing sudah sangat parah, lebih baik segera bawa dia ke dokter.

Cara Mengobati Kucing Diare Tanpa ke Dokter (thesprucepets.com)
Cara Mengobati Kucing Diare Tanpa ke Dokter (thesprucepets.com)

Cara Mengobati Kucing Diare

1. Ganti Makanan Kucing

Salah satu penyebab kucing diare adalah makanan. Coba ganti makanan kucing yang selama ini Anda berikan. Mungkin Anda baru saja mengganti makanan kucing. Kalau memang begitu, coba kembalikan pada makanan yang lama.

Biasanya pergantian makanan kucing secara mendadak membuat kucing stres dan akhirnya diare. Atau kucing tidak cocok dengan makanan baru, walau kandungan gizinya lebih tinggi.

Kucing itu cocok-cocokkan kalau urusan makanan. Jadi, Anda jangan memaksakan dia untuk mengonsumsi makanan yang menurut Anda bagus.

Sebab, beberapa jenis kucing suka alergi terhadap makanan tertentu. Kalau kucing sudah memiliki makanan kesukaan, lebih baik jangan diganti lagi.

2. Diet Makanan Rendah Serat

Beberapa kategori diare kucing sembuh dengan cara diet rendah serat atau makanan mudah dicerna. Jika kucing tidak sering mengalami diare tapi saat dia mengeluarkan kotoran banyak, diet rendah serat solusinya.

Beli makanan yang mudah dicerna kucing dengan “perut sensitif”. Produk-produk ini harus memiliki kadar serat kasar sekitar 3 persen.

Loading...

3. Memberikan Minum

Kucing yang diare pasti kadar air di dalam tubuhnya berkurang drastis. Berikan kucing air minum secukupnya yang penting kucing tidak dehidrasi.

Selalu sediakan air minum di mangkuknya. Ganti air dengan rutin supaya tetap segar. Tambahkan pula mangkuk berisi kaldu ayam atau sapi yang telah diencerkan.

Coba ganti juga dari makanan kering ke makanan kucing kalengan. Agar cepat sembuh, tambahkan 1-2 sendok makan air hangat pada makanan kaleng tersebut.

4. Suplemen Probiotik Kucing

Tahukah Anda, kucing membutuhkan suplemen probiotik saat sedang diare. Tujuannya untuk mengembalikan populasi bakteri di usus kucing.

Jangan lupa suplemen probiotik sebaiknya dipilih dari perusahaan terkemuka atau terkenal biar kualitasnya terjamin.

5. Obat Diare

Sekarang sudah ada beberapa obat antidiare untuk kucing. Namun, beberapa obat tersebut tidak boleh diberikan ke kucing tanpa pengawasan dari dokter hewan.

Meski begitu, Anda dapat memberikan obat kaolin-pektin yang aman untuk kucing. Pemberian obat diare ini cukup 1 sendok teh per 5 pon berat kucing. Waktu pemberian obat setiap 4-6 jam sekali.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara mengobati kucing diare tanpa harus ke dokter hewan. Ingat, dokter adalah jalan terakhir setelah berusaha mengobatinya.

Pasalnya, pengobatan ke dokter hewan juga membutuhkan biaya yang banyak. Jadi, kalau bisa diobati sendiri mengapa harus meminta bantu dokter.

Kendati demikian, bila Anda merasa tidak percaya diri dengan kemampuan pengobatan yang Anda lakukan, sebaiknya tetap pergi ke dokter hewan untuk penanganan lebih cepat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!