18 Cara Menjinakkan Kucing Biar Dipanggil Datang

Burungnya.com – (Topik: Cara Menjinakkan Kucing) Saat memelihara kucing, ada kalanya kita ingin kucing tersebut jinak, tidak agresif, tidak liar, dan tidak galak. Dengan begitu, kucing bisa diajak bermain seperti teman sendiri atau adik sendiri.

Namun, karena kucing merupakan hewan yang memiliki kemauannya sendiri, terkadang membuat kucing nurut dengan kemauan kita sangatlah sulit. Anda harus menjinakkan kucing dulu dengan cara yang benar dan lembut.

Di sini yang dibutuhkan kucing hanyalah ketenangan dan kepercayaan. Bila kucing sudah mempercayai kita sebagai keluarga atau teman, maka dia akan jinak dan nurut dengan sendirinya.

Untuk mendapatkan kepercayaan tersebut, kita seharusnya merawat kucing sejak masih anakan atau kitten. Alasannya sudah pasti karena perawatan sejak kecil membuat hubungan pemilik dan kucing peliharaan menjadi sangat dekat.

Baca juga: 7 Cara Melatih Kucing Rumahan Jadi Penurut

Anda juga harus menyadari bahwa kucing merupakan hewan yang tadinya liar kemudian dirawat di dalam rumah dengan tujuan agar jinak. Jadi, jangan memaksa kucing untuk cepat jinak.

Cara Menjinakkan Kucing Biar Nurut dan Dipanggil Datang

Cara Menjinakkan Anak Kucing (indiatimes.com)
Cara Menjinakkan Anak Kucing (indiatimes.com)

1. Anakan Kucing

Dalam merawat kucing yang paling ideal sejak dia masih anakan. Sebab, kucing menjadi tahu pemiliknya seperti apa. Kita sebagai pemilik juga bisa membangun karakter kucing.

Misalnya, kucing harus jadi kucing yang penurut atau jinak. Sehingga, kalau dia nakal harus ditegur sejak dini, bukan dibiarkan saja. Dengan begitu, kucing akan patuh dan menuruti keinginan kita.

Anakan kucing akan menganggap orang yang merawatnya sebagai keluarga sendiri. Sehingga dia akan nurut dan mematuhi perintah kita.

2. Berikan Tempat Nyaman

Untuk menjinakkan kucing, sebaiknya Anda tidak membiarkan kucing berkeliaran di dalam rumah. Setidaknya berikan kotak untuk tidur dan istirahat.

Kalau ada rezeki, belikan kucing kandang yang nyaman dan cukup untuk tempat istirahat. Kucing akan merasa disayang karena sudah diberikan rumah sendiri.

3. Makanan Kucing

Nah, karena dirawat sejak masih anakan, Anda bisa menentukan makanan apa yang cocok untuknya. Sebisa mungkin berikan kucing makanan yang murah dulu.

Biarkan kucing terbiasa dengan makanan murah. Tujuannya adalah agar saat nanti kucing rewel dan sakit, dia bisa cepat sembut saat diberikan makanan yang mahal.

Kalau Anda memberikan makanan kucing mahal sejak anakan, nanti Anda akan kebingungan bila dia sedang sakit.

Secara logika, sejak anakan dikasih makanan sederhana tapi bergizi. Kemudian saat kucing sakit, tentunya dia butuh nutrisi yang lebih baik. Jadi, berikan kucing makanan yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga: 10 Cara Merawat Kucing Kampung agar Nurut dan Sehat

4. Berikan Nama Panggilan

Nama kucing sangat penting dalam hal penjinakkan. Kucing pasti bingung kalau semuanya dipanggil pus atau meong. Kalau kucing mempunyai nama, pasti dia tahu pemiliknya sedang peduli dengan siapa.

Nama panggilan kucing bisa diberikan layaknya nama bayi. Misalnya, kucing Anda dipanggil Cimut karena lucu dan imut. Setiap bertemu dengannya, panggil saja Cimut.

Kalau sedang memberikan makan panggil juga Cimut. Ketika mengajak bermain panggil juga nama Cimut. Terus menerus ajak kucing ngobrol dengan mendahulukan kata Cimut.

Dengan begitu kucing akan tahu bahwa namanya Cimut. Sebab, kalau kita memberi tahu bahwa namanya Cimut, dia tidak akan mengetahuinya.

5. Hindari Memelihara Kucing Lain

Agar kucing cepat jinak, coba untuk tidak membuatnya cemburu. Berikan kucing kasih sayang, seolah-olah hanya dia yang paling disayang.

Kalau Anda memelihara kucing lain, anak kucing tadi akan berpikir bahwa dia tidak disayang. Terlebih bila Anda lebih dekat dengan kucing lain, pasti anak kucing tadi sulit sekali jinak.

Berarti pada intinya Anda harus memelihara satu ekor anak kucing dulu. Biarkan dia jinak dulu, baru pelihara kucing yang lain.

Cara Menjinakkan Kucing Biar Nurut dan Dipanggil Datang (aspca.org)
Cara Menjinakkan Kucing Biar Nurut dan Dipanggil Datang (aspca.org)

6. Jangan Didekatkan Anak Kecil

Saat memelihara anak kucing, sebaiknya dia tidak didekatkan anak kecil. Anda tahu bahwa anak kecil tersebut suka dengan kucing, tetapi dia bisa terlalu gemas dengan anak kucing Anda.

Sehingga kucing bisa ketakutan dan merasa terancam. Kucing yang dipeluk terlalu keras, pasti akan berontak. Apalagi bila anak kecil tadi suka gendong kucing dan mengayunnya keras. Nanti kucing bisa stres dan takut.

7. Makanan dan Minuman

Oh iya, di dalam kandang harus tetap disediakan makanan dan minuman biar kucing merasa disayang. Artinya, makanan minuman tersebut tidak boleh kosong dan harus selalu diganti terus setiap hari.

Kalau Anda merasa sibuk, belikan alat pemberi makan kucing otomatis. Itu seperti alat yang bisa memberikan makan kucing dengan porsi dan waktu yang bisa ditentukan.

Baca juga: 10 Tanda Kucing Minta Makan dan Perhatian

Loading...

8. Selalu Elus Lembut Bulunya

Kucing suka dielus-elus, tapi tidak berlebihan. Kalau Anda gemas, sebaiknya jangan dielus terlalu kencang. Elus lembut bagian tubuh yang disukai kucing, seperti tengkung, punggung, leher, dan kepala.

Pertama biarkan kucing di bawah saja dan mengelusnya pelan. Kalau kucing sudah terbiasa, beberapa minggu kemudian mulai gendong kucing atau diletakkan di pangkuan sambil dielus.

9. Hindari Menatap Mata Kucing

Kucing seperti diajak berkelahi bila Anda menatap matanya terlalu lama. Ini seperti Anda terlalu lama memperhatikan mata orang yang tidak dikenal atau orang yang sedang emosi, pasti dia marah.

Jadi, hindari menatap mata kucing terlalu intens agar dia tidak marah dan mengajak Anda berkelahi. Lebih baik, ajak ngobrol dan panggil namanya itu lebih membuatnya nyaman.

10. Ajak Main Kucing

Kucing suka sekali bermain. Anda setidaknya harus mempunyai beberapa mainan kucing. Kami tidak meminta Anda membeli mainan kucing. Sebab, Anda bisa membuatnya sendiri.

Coba cari di YouTube video DIY mainan kucing, pasti banyak sekali. Buatkan mainan kucing dari barang bekas agar dia bahagia. Bila dia bosan, buatkan mainan yang lain.

Sambil bermain, tetap ajak ngobrol kucing dan panggil namanya. Semakin sering Anda mengajak bicara, kucing akan semakin dekat dengan Anda.

11. Jangan Dimandikan Dulu

Kalau kucing belum nurut dan terlihat jinak, sebaiknya kucing tidak dimandikan dulu. Bulunya cukup disisir saja, dan pastikan tubuhnya bersih. Kalau kucing dirawat di dalam rumah, tentu bulunya tidak terlalu kotor.

Mengapa kucing tidak dimandikan dulu? Sebenarnya kucing merupakan salah satu hewan yang kurang suka mandi. Air dingin membuat kucing ketakutan.

Berbeda ceritanya bila airnya cukup hangat seperti air untuk memandikan bayi, pasti kucing masih terima. Jadi, apabila tubuh kucing sangat kotor, Anda harus memandikan kucing tapi dengan air hangat.

Kalau bisa mandikan dengan dua orang dan cepat. Cepat di sini maksudnya kucing tetap diperlakukan lembut tapi tidak kelamaan.

Satu orang memegangi kucing, satunya lagi membersihkan tubuh kucing. Dengan begitu, memandikan kucing akan lebih cepat dan efisien.

Cara Membuat Kucing Jinak (vecteezy.com)
Cara Membuat Kucing Jinak (vecteezy.com)

12. Tetap Buat Kucing Merasa Tenang dan Nyaman

Saat bersama Anda, buatlah kucing merasa tenang, nyaman, dan tidak terancam. Jadi, hindari membuat kucing kaget atau ketakutan.

Sebaiknya tetap pelihara kucing di dalam rumah. Kalau ingin keluar untuk mendapatkan sinar matahari, cukup biarkan dia bermain di teras rumah saja.

Baca juga: 8 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan

13. Jangan Melepas Kucing ke Rumah Tetangga

Kucing rumahan yang belum jinak jangan dilepas ke rumah tetangga. Nanti dia bisa mengotori rumah tetangga dan membahayakan mental kucing itu sendiri.

Misalnya, tetangga marah dan memperlakukan kucing Anda kurang baik, nanti dia jadi stres dan takut. Apalagi bila kucing bertemu kucing kampung liar, takutnya kucing Anda malah diserang.

14. Luangkan Waktu Bersamanya

Saat di rumah, panggil namanya dari ruang sebelah dan berikan dia makanan. Setelah itu langsung ajak main. Biarkan kucing datang dulu dan mendekati tangan Anda baru berikan hadiah.

Lakukan pemanggilan nama dari jarak jauh sehari 3 kali atau lebih sering. Lama-lama kucing akan terbiasa dan langsung datang saat dipanggil.

Hadiah bisa berupa makanan kesukaannya atau mainan. Kami menganjurkan makanan saja dengan porsi yang sedikit. Kalau bisa makanan yang lebih enak dari makanan di kandang.

15. Ajak Beraktivitas Bersama

Bila Anda sedang melakukan sesuatu, cobalah untuk mengajak kucing. Jika aktivitas Anda begitu penting, maka masukkan dia dalam kandang dan Anda bisa beraktivitas di dekatnya.

Yang penting sanding kucing selalu di dekat Anda. Nanti hubungan Anda akan menjadi sangat dekat dan erat. Kucing menyukai kebersamaan seperti itu. Bila Anda terlalu sibuk sendiri, kucing akan merasa tidak disayang dan mulai berulah di rumah.

16. Bawa Makanan Saat Pergi

Anda harus membawa makanan saat pergi atau sediakan wadah makanan di luar rumah. Nanti saat pulang, panggil nama kucing saat dia datang berikan hadiah berupa makanan enak.

Hal simpel seperti ini sudah bisa membuat kucing jinak dan nurut. Letakkan saja makanan di teras, setiap Anda masuk rumah berikan dia makanan sambil dipanggil namanya.

17. Sering Disapa dan Berpamitan

Kalau Anda mau keluar atau mau tidur, sapa dulu kucing Anda. Setidaknya berikan salam dan berpamitan kalau Anda mau pergi kerja atau main sama teman.

Ini membuat kucing semakin diperhatikan dan dihargai. Mungkin kucing tidak mengetahui bahasa Anda, tetapi dari seringnya ngobrol, kucing pasti tahu dari raut muka Anda.

18. Sesekali Ajak Jalan ke Taman

Kalau Anda memiliki tas punggung yang khusus kucing, ajaklah dia jalan-jalan. Yang penting kucing tetap nyaman saat diajak pergi. Selain tas, bisa juga dengan kandang travel.

Kucing jangan dibiarkan jalan sendiri dulu, takutnya dia kaget saat bertemu hewan atau kucing lain. Biarkan dia merasa tetap aman di dalam kandang.

Nanti bila situasi taman kondusif dan cukup tenang, baru keluarkan dia dari kandang. Tapi ingat tetap berikan kalung dan tali agar dia tidak bermain terlalu jauh.

Baca juga: 10 Cara Memilih Kandang Kucing Terbaik Nyaman dan Aman

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menjinakkan kucing biar dipanggil langsung datang. Prosesnya memang tidak sebentar, tapi bisa awet untuk jangka panjang. Sehingga sampai dewasa sekalipun, kucing akan tetap menuruti perintah kita.

Jangan menjinakkan kucing untuk kepentingan sirkus dan semacamnya. Itu bisa membuat kucing tersiksa karena melakukan sesuatu karena bukan dari keinginannya sendiri.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • merawat kucing agar nurut

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!