Cara Merawat Anak Kucing di Umur 1-6 Minggu Pertama

Burungnya.com – Tahukah Anda kehidupan anak kucing kelak bisa dilihat dari perawatannya di umur 6 minggu pertama. Mulai dari kepribadian dan karakter kucing bisa dibentuk dari usia belia tersebut.

Tak heran periode ini begitu penting untuk anak kucing yang mulai berkembang. Anak kucing sangat rentan terhadap beberapa penyakit seperti serangan kutu, gangguan pernapasan atas, hingga virus yang disebarkan melalui kotoran kucing liar.

Oleh karena itu, di masa-masa emas ini Anda harus selalu menjaga kucing sebaik mungkin. Jangan sampai masa yang bagus untuk perkembangannya justru dilewatkan begitu saja.

Penyesalan selalu terjadi belakangan. Anda harus berjuang dulu dalam merawat anak kucing di awal kehidupannya.

Nanti setelah dewasa baru Anda bisa merasakan bagaimana enaknya mempunyai hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan.

Cara Merawat Anak Kucing

Perawatan Minggu 1

Sudah pasti di awal minggu ini yang terpenting adalah makanan. Kucing bisa sehat salah satunya diberi makanan yang bergizi dan bernutrisi.

Jangan pernah memberikan makanan secara asal-asalan untuk mengejar harga murah. Lebih baik keluar uang lebih banyak sedikit, yang penting kucing bisa sehat. Daripada kucing diberi makanan biasa-biasa saja tapi perkembangannya tidak optimal.

Kami sudah membuat artikel makanan kucing terbaik mulai dari yang mahal sampai yang paling murah. Anda bisa menyesuaikan makanan merek apa sesuai dengan budget kalian.

Perawatan Minggu 2

Nah, karena tadi Anda memberikan makanan terbaik untuk anak kucing, di minggu kedua ini berat tubuhnya akan naik. Normalnya tubuh kucing akan naik 10 gram per hari.

Sedikit demi sedikit mata kucing akan terbuka di usia 9-14 hari. Saat itu mata anak kucing masih berwarna biru. Kemudian nanti matanya akan berubah sesuai jenisnya.

Mata anak kucing masih belum berfungsi normal. Matanya masih agak buram karena pupil mata belum bisa membesar dan berkontraksi.

Kalau hidung atau indera penciuman sudah mulai berfungsi. Anak kucing akan mendesis karena mencium sesuatu yang baru.

Perawatan Minggu 3

Perkembangan anak kucing sudah semakin terlihat terutama di saluran pendengaran atau telinga. Bahkan dia juga sudah bisa buang air kecil sendiri.

Kalau umur anak kucing sudah 3 minggu, dia ingin bersosialisasi dengan lingkungan, termasuk kucing lain, pemilik, anggota keluarga, dan benda-benda di rumah.

Tips Merawat Anak Kucing Umur 1-6 Minggu (thesprucepets.com)
Tips Merawat Anak Kucing Umur 1-6 Minggu (thesprucepets.com)

Perawatan Minggu 4

Indera penciuman sudah berfungsi normal. Anak kucing akan belajar berjalan tanpa tersandung. Kemudian gigi kucing akan tumbuh satu persatu.

Loading...

Hebatnya lagi, kalau anak kucing berjumlah lebih dari satu, dia akan membentuk grup-grup kecil sesuai dengan kelamin atau kesukaan mereka.

Baca juga:

Perawatan Minggu 5

Memasuki usia 5 minggu, anak kucing sudah bisa diberi makanan kalengan khusus kitten. Pilih beberapa makanan dari yang murah dulu, bila mereka menyukainya biarkan dia makan itu dulu.

Nanti kalau anak kucing sudah bosan, maka Anda bisa membelikan merek makanan kucing yang agak mahal dan bergizi. Di awal-awal kucing boleh diperkenalkan pada makanan yang standar.

Biar nanti kucing tidak terbiasa makan makanan yang mahal. Oh iya kucing umur 5 minggu juga sudah bisa dilatih buang kotoran di kotak.

Namun sesuaikan ukuran kotak dengan tubuh kucing. Paling tidak tinggi box sekitar 3-5 cm agar anak kucing bisa keluar masuk kotak lebih mudah. Anak kucing akan lebih penasaran terhadap rasa.

Dia akan mencicipi semua makanan bahkan benda di sekitar. Oleh karena itu, tetap jaga anak kucing jangan sampai makan zat-zat berbahaya.

Perawatan Minggu 6

Pertumbuhan anak kucing sudah berkembang pesat. Dia menjadi lebih aktif dan selalu mengikuti jejak induknya. Tingkat rasa penasaran meningkat dan kucing seperti ini akan selalu ingin mencoba hal baru.

Jaga terus kucing Anda jangan sampai melakukan tindakan yang berbahaya. Soalnya kucing tidak mengetahui bahaya apa yang sedang dihadapinya.

Tips Menjaga Anak Kucing

  • Selalu berikan kehangatan dengan memberikan alas handuk.
  • Jauhkan anak kucing dari bahan-bahan kimia berbahaya.
  • Tempat kucing di lokasi yang aman.
  • Jaga pola makan agar terus berkembang.
  • Dekatkan dengan indukan kalau anak kucing masih minum susu.
  • Jaga kucing di tempat-tempat tinggi.

Kesimpulan

Demikian cara merawat anak kucing umur 1-6 minggu atau sekitar 1 bulan. Kucing-kucing muda seperti itu masih butuh perhatian lebih. Jaga anak kucing sebaik mungkin.

Hindari memberikan makanan kucing dewasa karena pencernaan kucing masih lemah. Takutnya dia nanti malah tersiksa karena kita terlalu cepat memberikan makanan untuk kucing dewasa.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • merawat kucing umur 2 minggu

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!