5 Fakta Kucing Maine Coon, Kucing Rumahan Raksasa

Burungnya.com – Pernahkah Anda mendengar atau melihat kucing Maine Coon atau MC? Bagi yang belum tahu, Maine Coon merupakan kucing rumahan yang mempunyai tubuh besar raksasa bila dibandingkan jenis kucing lainnya.

Seperti namanya, ras ini asalnya dari negara bagian Maine di Amerika Serikat. Ada beberapa mitos dan legenda yang berhubungan dengan asal ras kucing Maine Coon.

Sampai sekarang, banyak orang percaya kucing Maine Coon dihasilkan dari persilangan antara kucing setengah liar dengan rakun.

Mitos aneh ini muncul karena bentuk dan warna ekor kucing Maine Coon yang mirip dengan ekor rakun. Menurut kalian gimana?

Namun terdapat cerita lain yang menyatakan bahwa seorang pelaut Inggris yaitu Kapten Charles Coon memelihara kucing berbulu panjang di atas kapalnya. Setiap kali kapalnya merapat, kucing-kucingnya dikawinkan dengan kucing-kucing liar di daerah tersebut.

Jadi, wajar saja bila di kawasan tersebut jadi banyak kucing Maine Coon. Ini karena kawin silang yang dilakukan oleh Kapten Charles Coon. Namun, ini hanya cerita yang belum diketahui kebenarannya.

Oh iya Kucing Maine Coon sendiri mempunyai sisi unik dan fakta yang berbeda dari kucing lainnya. Kalau dari fisik sudah kelihatan jelas, bahwa kucing Maine Coon lebih besar, tapi fakta lainnya lebih mengesankan lagi.

Fakta Kucing Maine Coon Kucing Raksasa (haspikdokum.com)
Fakta Kucing Maine Coon Kucing Raksasa (haspikdokum.com)

Fakta Kucing Maine Coon

1. Tubuh Raksasa

Kucing Maine Coon dewasa tingginya 40 cm dan panjangnya hingga 1,2 m. Kucing MC jantan memiliki bobot 6-9 kg sedangkan kucing betina biasanya mempunyai bobot lebih kecil yaitu sekitar 4-6 kg.

2. Kelebihan Jari atau Polidaktili

Kucing ini mempunyai kelainan pewarisan sifat polidaktili. Apa itu Polidaktili?

Penjelasan Polidaktili merupakan kelainan jumlah jari-jari kaki yang lebih banyak dibandingkan kucing lainnya. Kucing jenis ini terlahir dengan 6 jari kaki.

Loading...

Hal tersebut dianggap tidak lazim dan aneh oleh sebagian orang. Namun sebagian besar lainnya menganggap polidaktili sebenarnya dapat membuat kucing Maine Coon terlihat unik.

3. Takut Air dan Tidak Suka Mandi

Banyak yang bilang Kucing Maine Coon tidak takut air. Tapi faktanya saat dipelihara di rumah, kucing ini tidak mau mandi atau takut air.

Mengapa bisa demikian? Mungkin di negara barat, kucing Maine Coon sudah terbiasa hidup di udara dingin, sehingga dia suka mandi.

Kalau di Indonesia, kucing Maine Coon jadi nyaman di iklim tropis, sehingga malas-malasan kalau disuruh mandi.

4. Cari Perhatian

Kucing ini suka sekali mencari perhatian untuk memberi tahu bahwa mereka lebih penting daripada acara televisi yang Anda tonton atau buku yang Anda baca.

Jadi Maine Coon akan duduk di depan TV atau dengan sengaja berbaring di atas buku yang sedang Anda baca untuk menarik perhatian.

5. Suka Ketinggian

Sebagian orang mengatakan kucing Maine Coon tidak suka ketinggian. Namun, kalau di rumah, fakta yang terlihat justru sebalinya. Kucing ini suka naik-naik ke tempat tinggi dan tidak takut jatuh.

Bahkan, kucing Maine Coon berani naik ke atap rumah untuk sekadar jalan-jalan dan mencari udara segar.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian fakta kucing Maine Coon atau kucing raksasa yang pernah ada di bumi. Anda mungkin ingin memelihara kucing tersebut di rumah.

Bagi yang penasaran, kucing ini yang masih anakan dijual sekitar Rp 10 juta – Rp 15 juta per ekor. Biasanya harga segitu sudah lengkap dengan sertifikatnya.

Anda bisa mencarinya di komunitas pecinta kucing atau grup-grup pecinta kucing di Facebook. Oh iya, pastinya jangan pernah tergiur harga murah, lebih baik datang langsung ke rumah penjual atau ketemuan biar Anda tidak tertipu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!