7 Makanan Burung Hantu Liar yang Paling Disukai

Burungnya.com – Di Indonesia, sebagian burung Hantu masih hidup liar di alam dan persawahan. Bahkan, ada juga burung Hantu yang sengaja dipelihara di area perkebunan untuk menjaga tanaman dari tikus atau ular.

Artinya tikus dan ular akan dijadikan makanan burung Hantu. Ini nanti seperti hubungan simbiosis mutualisme.

Bagaimana tidak, burung Hantu mendapatkan makanan dari hewan-hewan hama tadi, sementara petani mendapat untung karena hama telah hilang dimakan burung Hantu.

Jadi, mengapa kita memelihara burung Hantu di rumah, kalau dia dapat dipelihara di sawah dan bisa membantu kita?

Soalnya, banyak sekali makanan burung Hantu liar yang bisa membuat mereka kenyang, sekaligus membantu kita dari serangan hewan-hewan tersebut.

Makanan Burung Hantu di Alam Liar (dailyherald.com)
Makanan Burung Hantu di Alam Liar (dailyherald.com)

Makanan Burung Hantu Liar

1. Tikus

Burung Hantu termasuk hewan karnivora pemakan daging. Tikus menjadi sasaran yang paling ideal, apalagi bila burung Hantu tersebut sudah terlatih.

Sebagian burung Hantu sengaja dilatih untuk memangsa tikus dan ular di sawah. Tujuannya memang untuk penjaga sawah tersebut.

2. Ular

Selain tikus, burung Hantu juga suka makan ular kecil. Ya, ukurannya kecil karena sebagian burung pemangsa di perkebunan dan persawahan merupakan burung Hantu Celepuk.

3. Burung Kecil

Selanjutnya, burung-burung kecil seperti burung pipit, emprit, dan sebagainya. Terkadang burung ini sering mengganggu petani saat mau panen padi.

Burung Hantu dilepas atau dipelihara di area persawahan padi untuk dijadikan security. Sehingga begitu dia melihat segerombolan burung pipit yang sedang asyik pesta padi, burung Hantu langsung menyergapnya.

4. Ikan Kecil

Untuk area sungai, beberapa jenis burung Hantu juga gemar mencari makan ikan di sana. Jadi, tidak hanya hewan di darat saja, burung Hantu juga gemar mencari makan di sungai untuk menangkap ikan-ikan kecil.

Loading...

5. Serangga

Jika sedang tidak ada tikus, ular, atau ikan, burung Hantu akan memangsa serangga. Daripada perut keroncongan, serangga yang hidup di pohon bisa dijadikan cemilan.

Serangga yang dimaksud berupa jangkrik, belalang, kumbang, dan lain sebagainya.

6. Cacing

Untuk jenis burung Hantu darat, biasanya dia lebih suka makan makanan yang ada di permukaan tanah, seperti cacing dan hewan pengerat lainnya.

7. Kelinci

Tahukah Anda, kelinci bisa membuat sarang dengan cara melubangi tanah. Dia akan keluar untuk mencari makan. Nah, saat kelinci keluar dari sarangnya, burung Hantu akan memangsanya.

Baca juga:

Cara Makan Burung Hantu Liar

Rata-rata burung Hantu berburu di malam hari. Ini karena burung Hantu termasuk hewan nokturnal. Matanya bisa berfungsi normal di malam hari.

Terlebih burung Hantu tidak mengeluarkan suara sedikitpun saat menyergap mangsa. Ini kelebihan burung Hantu yang memiliki bulu-bulu lembut, sehingga saat terbang tidak mengeluarkan suara.

Burung Hantu akan berdiam diri di atas pohon sambil mengamati hewan-hewan yang keluar di malam hari. Begitu dia mengetahui sasarannya, burung Hantu akan menyergap mangsa secara diam-diam.

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Hantu liar yang paling disukai. Apakah ada makanan lainnya? Tentu saja masih ada dan banyak sekali macamnya.

Namun, kami lebih menekankan pada makanan burung Hantu yang biasa kita temui di sekitar. Untuk di hutan yang masih asri, tentunya lebih banyak lagi variasi makanannya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • jenis makanan burung hantu makan ular

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!